Recent Post

Pohon Tanjung, Karakteristik Serta Manfaatnya

Pohon Tanjung


Coldeja.com - Pohon Tanjung merupakan salah satu pohon rimbun yang sering dimanfaatkan sebagai peneduh pinggir jalan raya, taman, hutan kota, pekarangan, dan lingkungan umum lainnya. Pohon ini memiliki nama latin Mimusops Elengi dan berasal dari negara India, Sri Lanka, dan Burma. 

Meskipun keberadaannya sudah lama di Indonesia, banyak orang tidak tahu nama pohon Tanjung dan hanya mengenali bunga dan buahnya. Pohon Tanjung memiliki karakteristik morfologi yang dapat dikenali. Tumbuhan Tanjung dapat tumbuh hingga ketinggian 25 meter dengan daun tunggal, tersebar dan bertangkai panjang yang berbentuk bulat lonjong.

 Selain itu, pohon Tanjung juga mempunyai bunga yang berbau harum yang khas, sehingga sering digunakan sebagai pengharum ruangan. Kayu Tanjung bersifat padat, keras, dan berat, berwarna cokelat tua dengan teksturnya yang halus. Kayu Tanjung termasuk tahan jamur tetapi tidak tahan rayap.

Pohon Tanjung memiliki banyak manfaat dan fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Pertama, pohon Tanjung sering dimanfaatkan sebagai pohon peneduh dan hutan kota. Fungsi peneduh yang dimilikinya dapat membuat suasana menjadi lebih sejuk dan nyaman. Selain itu, pohon Tanjung juga dapat menyerap polusi dan debu di sekitarnya sehingga membuat udara menjadi lebih bersih.

Berbagai Manfaat dan Fungsi Pohon Tanjung


1. Pohon Peneduh dan Hutan Kota

Pohon tanjung sering ditanam di kawasan hutan kota karena memiliki kemampuan meneduhkan yang luas dan dapat menjaga keseimbangan ekosistem. Pohon tanjung juga dapat meredam suara dan debu, sehingga dijuluki sebagai pohon multi fungsi.


2. Manfaat Kayu Tanjung

Kayu tanjung memiliki kualitas yang cukup bagus dan mudah diolah menjadi berbagai produk, seperti mebel, tiang rumah, ukiran, dan bahan penutup lantai. Namun, kayu tanjung memiliki kelemahan yaitu sulit dikeringkan secara baik.


3. Bunga Tanjung Sebagai Pengharum

Bunga tanjung dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan, pakaian, badan, dan rambut. Caranya dengan meletakkan bunga di beberapa ruangan, dalam lemari, merebusnya, atau merendamnya pada minyak kelapa.


4. Pepagan Kulit Batang

Pepagan kulit batang tanjung dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti demam, sakit gigi, luka, dan murus. Caranya dengan merebus dan meminum air rebusannya.


5. Daun Tanjung

Daun tanjung dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala, seriawan mulut, dan pusing. Caranya dengan dihaluskan atau digerus, lalu digunakan sebagai tapal atau diisap.


6. Ekstrak Biji Buah Tanjung

Biji tanjung dapat digunakan untuk membantu dalam pengobatan herbal, dengan cara membuat ekstrak dan menghasilkan asam lemak serta minyak atsiri.


Tanjung atau Mimusops elengi adalah sejenis pohon yang termasuk dalam keluarga Sapotaceae. Pohon ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 25-40 meter. Tanjung memiliki ciri-ciri fisik sebagai berikut:


Morfologi dari Pohon Tanjung

Batang dan Cabang

Batang tanjung berbentuk lurus dan tegak dengan diameter mencapai 60-90 cm. Kulit batangnya berwarna abu-abu kecoklatan atau kehitaman, dengan permukaan yang halus dan berkayu. Cabang-cabangnya membentuk tajuk pohon yang lebar dan rimbun.


Daun

Daun tanjung berbentuk bulat telur dengan pangkal membulat dan ujung meruncing, memiliki ukuran 5-15 cm. Daunnya berwarna hijau mengkilap dengan permukaan yang halus dan urat daun yang menonjol.


Bunga

Bunga tanjung berbentuk bintang dengan diameter 2-3 cm. Bunga ini berwarna putih dengan lima kelopak, dan memiliki aroma yang harum dan menyengat.


Buah

Buah tanjung berbentuk bulat dan pipih, dengan diameter mencapai 2-3 cm. Buah ini berwarna hijau ketika masih muda dan berubah menjadi kuning atau jingga ketika matang.


Tanjung biasanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis, dan dapat ditemukan di berbagai negara seperti India, Sri Lanka, Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Papua Nugini.


Taksonomi Pohon Tanjung

Berikut adalah taksonomi lengkap dari pohon tanjung atau Mimusops elengi:


Kingdom: Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Superdivisi: Spermatophyta (Tumbuhan berbiji)

Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas: Magnoliopsida (Tumbuhan berkeping dua / dikotil)

Subkelas: Dilleniidae

Ordo: Ericales

Famili: Sapotaceae (Keluarga Sawo-sawoan)

Genus: Mimusops

Spesies: Mimusops elengi


Jadi, taksonomi lengkap dari pohon tanjung adalah Mimusops elengi. Tanaman ini termasuk dalam famili Sapotaceae yang sama dengan buah sawo.

Belum ada Komentar untuk " Pohon Tanjung, Karakteristik Serta Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel