Recent Post

Ciri-ciri Hewan Vertebrata Beserta Contohnya

 

Ciri-ciri Hewan Vertebrata Beserta Contohnya
Ciri-ciri Hewan Vertebrata Beserta Contohnya

Coldeja.com - Artikel berikut ini secara khusus akan mengulas materi edukatif seputar ciri-ciri hewan vertebrata beserta contohnya. Bagi kamu yang ingin memperdalam pengetahuan seputar topik ini, baca artikel ini hingga tuntas, ya!


Terdapat berbagai jenis hewan yang mendiami planet ini, tersebar di seluruh dunia. Hewan-hewan ini dapat dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu vertebrata dan invertebrata.


Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang dalam tubuhnya, sementara hewan invertebrata tidak memiliki struktur tulang belakang yang serupa.


Ciri-ciri Hewan Vertebrata


Walaupun punya tulang belakang, bukan berarti semua hewan vertebrata merupakan hewan yang punggungnya tegak. Tulang belakang pada hewan jenis ini berfungsi untuk menopang tubuhnya.


Tulang belakang ini juga tersusun dari ruas-ruas tulang yang membuat hewan vertebrata bisa bergerak dengan leluasa.


Ciri lainnya dari hewan jenis ini adalah punya tiga bagian tubuh, yaitu kepala, batang tubuh dan anggota badan, termasuk lengan dan kaki. Hewan vertebrata juga ada yang bisa berenang, berlari, terbang, melompat, memanjat, atau merayap. Kelompok hewan vertebrata hewan vertebrata dibagi menjadi lima kelompok.

Ciri-ciri Hewan Vertebrata Beserta Contohnya

Baca juga artikel mengenai perbedaan bunga sempurna dan bunga tidak sempurna dilengkapi dengan contohnya dan 4 contoh hewan amfibi atau hidup di dua alam.


5 Kelompok Utama Hewan Vertebrata


Berikut ini adalah lima kelompok utama dari hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang yang perlu kamu ketahui:


1.Reptil

Ciri-ciri Hewan Vertebrata Beserta Contohnya

Reptil adalah kelompok hewan vertebrata yang bernapas dengan paru-paru. Mereka memiliki sisik kering yang melapisi tubuhnya dan cangkang telur yang kasar.


Saat ini, ada sekitar 8300 spesies reptil yang ditemukan di seluruh dunia. Beberapa contoh hewan reptil termasuk kura-kura, buaya, kadal, dan ular.


2. Burung

Ciri-ciri Hewan Vertebrata Beserta Contohnya

Burung adalah kelompok hewan vertebrata yang dikenal dengan sayap, paruh, dan tubuhnya yang dilapisi bulu. Mereka bernafas menggunakan paru-paru dan memiliki pundi-pundi udara yang membantu mereka saat terbang.


Saat ini, ada sekitar 9.600 spesies burung yang tersebar di seluruh dunia. Beberapa contoh burung termasuk elang, merpati, kolibri, dan merak.


3. Amfibi

Ciri-ciri Hewan Vertebrata Beserta Contohnya

Hewan amfibi adalah kelompok yang dapat hidup di dua alam, baik di darat maupun di air. Mereka memiliki kulit yang lembab, pori-pori yang memungkinkan cairan masuk, dan telur yang lembut.


Diperkirakan ada sekitar 7.300 spesies hewan amfibi di seluruh dunia. Beberapa contoh hewan amfibi adalah katak dan salamander.


4. Ikan

Ciri-ciri Hewan Vertebrata Beserta Contohnya

Ikan juga termasuk dalam kelompok hewan vertebrata. Mereka hidup di berbagai habitat, seperti air tawar, air laut, dan air payau.


Ciri khas ikan termasuk bernafas dengan insang dan memiliki sisik yang basah. Ada ikan yang bertulang rawan, seperti hiu dan ikan pari, serta ikan bertulang keras. Beberapa contoh ikan ini adalah ikan tuna dan ikan kembung.


5. Mamalia

Ciri-ciri Hewan Vertebrata Beserta Contohnya

Mamalia memiliki ciri tubuh yang berambut atau berbulu, memiliki kelenjar mammae, dan rahang bawah yang tersambung dengan tengkorak.


Mamalia berbeda dengan hewan vertebrata lainnya karena bayi mamalia mendapatkan nutrisi dari susu yang dihasilkan oleh induknya.


Saat ini, ada sekitar 5.000 spesies mamalia di seluruh dunia. Beberapa contoh mamalia termasuk kucing, beruang, gajah, paus, dan lumba-lumba.


Ternyata, keanekaragaman kelompok hewan vertebrata sangat mengagumkan, bukan?


Terima kasih sudah membaca artikel yang membahas seputar ciri-ciri hewan vertebrata beserta contohnya ini dan semoga bermanfaat dalam menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca. Sampai jumpa di artikel edukatif berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri Hewan Vertebrata Beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel