Recent Post

Tanaman Suplir: Habitat, Jenis, Keunikan, Media Tanam, dan Cara Merawat

 

Tanaman Suplir: Habitat, Jenis, Keunikan, Media Tanam, dan Cara Merawat
Tanaman Suplir: Habitat, Jenis, Keunikan, Media Tanam, dan Cara Merawat

Coldeja.com - Apakah kamu sedang mencari tanaman hias yang menambah keindahan dan kesegaran di rumah? tanaman suplir bisa menjadi pilihan yang cocok. Tanaman suplir, yang termasuk dalam kelompok tumbuhan paku dengan nama ilmiah Adiantum, memiliki ciri khas yang membedakannya dari jenis tumbuhan paku lainnya.


Tangkai hitamnya yang tipis menjadi tempat tumbuhnya daun-daun kecil yang saling menumpuk. Pembeda dari tanaman suplir adalah bentuk daunnya yang membulat dan bergelombang seperti kipas, berbeda dengan daun tumbuhan paku lainnya yang biasanya memanjang atau runcing.


Habitat, Jenis, dan Keunikan Tanaman Suplir


Di alam liar, tanaman suplir sering ditemukan di wilayah dengan tingkat kelembapan yang tinggi, seperti hutan tropis, sungai, dan air terjun. Keindahan dari tanaman satu ini membuat banyak jenis tanaman suplir digunakan sebagai tanaman hias di rumah.


Beberapa jenis tanaman suplir yang populer untuk tujuan ini antara lain Adiantum cudatum, Adiantum raddianum, Adiantum tenerum, Adiantum hispidum, dan Adiantum diaphanum.


Keunikan daunnya yang rimbun membuat mata menjadi segar saat melihatnya. Selain itu, kelima jenis tanaman suplir ini juga aman untuk binatang peliharaan karena tidak mengandung racun yang berbahaya.


Media Tanam Tanaman Suplir


Media tanam juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan kelangsungan hidup tanaman suplir. Akar serabut tanaman suplir membutuhkan media tanam yang poros atau mudah dialiri air, memiliki pH ideal antara 5 hingga 6, serta kaya akan unsur hara dan nutrisi.


Campuran tanah, sekam padi, kapur dolomit, dan pupuk kandang dapat digunakan sebagai media tanam yang baik. Pastikan pupuk kandang yang digunakan telah matang atau mengalami fermentasi yang sempurna.


Selain itu, pastikan juga pot atau wadah tempat tanaman suplir ditanam memiliki lubang udara di bagian bawahnya untuk memastikan drainase yang baik.


Perawatan Tanaman Suplir


Perhatikan saat merawat tanaman suplir agar komposisi bahan organik dalam media tanam tetap terjaga. Tambahkan pupuk organik sebulan sekali untuk meningkatkan kadar nitrogen, fosfor, dan kalium yang penting untuk pembentukan spora tanaman suplir.


Penyiraman tanaman suplir bergantung pada tingkat kelembapan tanahnya. Gunakan air hujan atau air keran untuk menyiram tanaman, tetapi pastikan untuk tidak memberikan air secara berlebihan, karena akar tanaman suplir peka terhadap kelembapan yang berlebihan.


Perlu diperhatikan juga bahwa tanaman suplir sangat sensitif terhadap perubahan suhu di lingkungan tempat ia tumbuh. Beberapa jenis tanaman suplir cukup toleran terhadap perubahan tingkat kelembapan, sehingga bisa dipelihara di dalam rumah.


Jadi, jika kamu ingin menjadikan tanaman suplir sebagai tanaman hias indoor, pastikan untuk meletakkannya di tempat yang cukup lembab.


Tanaman suplir juga memiliki persyaratan cahaya yang perlu diperhatikan. Mereka menyukai sinar matahari di pagi dan sore hari, namun terlalu terpapar sinar matahari di siang hari dapat membuat daunnya berubah menjadi kecoklatan.


Idealnya, letakkan tanaman suplir di dalam rumah menghadap ke arah barat atau selatan. Apabila ingin membudidayakannya di luar rumah, pastikan tanaman suplir dilindungi oleh pohon atau tanaman yang lebih besar untuk melindunginya dari sinar matahari langsung.


Pemilik juga dapat mempercantik tampilan tanaman suplir dengan wadah tanaman yang unik, seperti terarium atau bola lumut kokedama.


Selain itu, pertumbuhannya yang pesat kadang-kadang membuat pemilik perlu melakukan repotting atau mengganti pot tanaman suplir secara berkala.


Baca juga artikel mengenai kandungan, keunggulan, manfaat, dan potensi sorgum dan cara mengetahui waktu panen jagung yang tepat untuk hasil optimal.


Meskipun memelihara tanaman suplir memerlukan kecermatan dan perhatian yang lebih, keindahan daunnya yang rimbun akan membuat rumah terlihat lebih asri dan sejuk. Tanaman suplir tidak hanya menyegarkan mata, tetapi juga memberikan nuansa alami yang menenangkan di lingkungan rumah.

Belum ada Komentar untuk "Tanaman Suplir: Habitat, Jenis, Keunikan, Media Tanam, dan Cara Merawat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel