10 Peluang Bisnis Mudah dengan Penghasilan Tinggi untuk Mahasiswa Tahun 2019






gambar www.akun.biz

Sebagai mahasiswa seperti saya ini banyak sekali kebutuhan yang diperlukan apalagi jika sudah memasuki semeseter 4, 6, dan 8 hehehe pasti banyak sekali pengeluaran. Di masa-masa kuliah ini kita dituntut untuk berpikir kreatif agar bisa mendapatkan penghasilan sendiri dan tidak lagi mengandalkan kiriman orang tua.

Peluang usaha bagi mahasiswa sekarang ini banyak sekali mulai dari usaha tanpa modal, dengan modal kecil maupun modal yang besar. Bisnis bagi mahasiswa bukan hanya untuk menambah uang saku saja tetapi juga menambah pengalaman dalam memulai usaha untuk kedepannya.

Ada beberapa bisnis yang mudah dikembangkan oleh seorang mahasiswa sesuai dengan minat, bakat maupun keterampilan. Berikut ini contoh bisnis yang menjajikan bagi mahasiswa.

1. Online Shop


gambar enterpreneurcamp.id

Bisnis online shop ini mudah dilakukan, kenapa saya bilang mudah dilakukan?  Ya karna hampir semua mahasiswa sekarang pengguna aktif internet dan hp. Kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh bisnis olshop membuatnya menjadi pilihan tepat untuk mahasiswa memulai bisnis. Tidak usah khawatir jika anda tidak memiliki modal, karna anda bisa menjadi seorang dropshipper alias menjual barang dari penyedia dagangan atau menjadi reseller. 

Biasanya barang yang dijual oleh mahasiswa di olshop berupa produk kecantikan, aksesoris hp, tas, baju, dan berbagai produk kosmetik. Jangan remehkan usaha olshop ini meskipun modal yang dibutuhkan tidak banyak tetapi hasil yang didapatkan lumayan.

2. Influencer


gambar blog.influencerdb.com

Peluang usaha selanjutnya adalah menjadi influencer. Instagram sekarang bukan hanya media untuk berbagi foto tetapi juga sebagai media  endorsment. Berkolaborasi dengan teman-teman atau followers yang lebih banyak akan membantu anda untuk meningkatkan jumlah followers tentunya dengan konten-konten menarik pada halaman Anda.

3. Desain Grafis


gambar youthmanual.com

Untuk mahasiswa yang memiliki bakat dan keterampilan, kalian dapat memulai bisnis dengan membuat jasa desain grafis. Bisnis ini mengharuskan mahasiswa mempunyai jiwa kreatif serta minimal menguasai software desain seperti adobe photoshop, ilustrator dan sebagainya. Dengan keterampilan yang kalian miliki perbanyaklah portofolio kalian karna akan menjadi nilai jual terhadap desain kalian dan mendapatkan penghasilan yang tinggi.

4. Les Private


gambar tutordoors.com


Mengadakan les privat merupakan bisnis yang memungkinkan bagi kalian untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi. Biasanya bisnis ini laris ketika akan diadakan ujian sekolah maupun ujian nasional. Bagi mahasiswa ilmu seperti IPA dan Matematika dapat memberikan les privat bagi anak sd, smp maupun sma. Ataupun mahasiswa dengan jurusan lain seperti bahasa asing ataupun sosial kalian dapat memberikan pembelajaran sesuai dengan jurusan kalian.

5. Pengetikan dan Print


gambar 2.bp.blogspot.com


Kuliah identik dengan berbagai macam tugas mulai dari tugas yang dikerjakan kelompok maupun individu. Tidak sedikit mahasiswa yang memiliki tugas membuat makalah tetapi tidak mempunyai cukup waktu dalam membuatnya. Oleh karena itu, bisnis jasa pengetikan dan print ini merupakan bisnis yang menjanjikan untuk membuka bisnis ini kalian harus memiliki keterampilan dalam mengetik. Sebab jika pelanggan puas akan tugas kalian biasanya mereka akan kembali lagi.


6. Penerjemah


gambar penerjemahbahasaasing.com

Bisnis jasa penerjemah termasuk bisnis yang simple sehingga banyak mahasiswa yang telah memulai bisnis ini karena hanya membutuhkan keterampilan serta tidak membutuhkan modal yang besar. Meskipun tergolong simple, namun sebaiknya kalian membangun portofolio dahulu mulailah dari lingkungan teman, keluarga yang membutuhkan jasa penerjemah.

7. Pembuatan Website


gambar webhandal.com

Bisnis pembuatan website ini merupakan peluang bisnis berpenghasilan tinggi bagi mahasiswa jurusan teknologi informasi karena mereka sudah memiliki keterampilan terhadap beberapa bahasa pemrograman, bukan hanya untuk mahasiwa teknologi informasi saja namun pembuatan website ini dapat dipelajari oleh semua orang. Bayaran yang kalian terima untuk membuat sebuah website bervariasi tergantung tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya.

8. Fotografer dan Videografis


gambar labtekno.com



Bisnis kali ini berhubungan dengan hobi ya fotografer dan videografis. Kebutuhan akan fotografer dan videografis terus meningkat. Banyak perusahaan kecil yang ingin membuat company profile namun tidak ingin menghabiskan banyak uang disinilah peran kalian sebagai mahasiswa mendapatkan peluang bisnis. Bisnis ini mengharuskan kalian memahami dasar-dasar fotografi dan editing video.



9. Bisnis Kuliner




gambar bisniswisata.co.id


Bisnis kuliner merupakan pilihan yang tepat bagi kalian mahasiswa yang suka makan lalu iseng dengan membuat sebuah inovasi terhadap makanan. Berawal dari keisengan kalian munculah makanan-makanan yang menjadi tren dan mendapatkan penghasilan yang tinggi.

10. Blogger atau Content Writer 


gambar joshtalks.com



Bisnis blogger atau content writer ini biasanya dijalankan oleh mahasiswa TI, kalian dapat membuat situs, e-commerce, blog yang menghasilkan pemasukan. Dengan cara memonetize blog, seperti pay per clik (ppc), memasang iklan dan menjual produk. Jika situs/blog kalian mendapatkan hasil positif dari pembaca maka pembaca akan kembali lagi ke halaman kalian dan membuat views blog kalian meningkat. 

1 Komentar untuk "10 Peluang Bisnis Mudah dengan Penghasilan Tinggi untuk Mahasiswa Tahun 2019"

Back To Top