Recent Post

Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini Saat Kalian Ingin Mudik Lebaran!

gambar/ayosemarang.com

Pulang kampung atau biasa kita kenal dengan mudik ini merupakan sebuah tradisi bagi masyarakat Indonesia. Terutama pada saat lebaran, keinginan untuk berkumpul dan bersenang-senang dengan keluarga besar menjadi faktor mudik ini terjadi. Biasanya para perantau yang ingin pulang ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi namun tidak sedikit juga yang menggunakan kendaraan umum. Di mudik lebaran 2019 ini saja banyak sekali yang menyediakan mudik gratis dimulai dari pemerintah maupun perusahaan-perusahaan dengan menyedikan bus. 

Pada saat seperti ini kota-kota besar layaknya kota ‘mati’ karena ditinggal para penghuninya,  terkadang karena waktu yang singkat beberapa orang terburu-buru saat menyiapkan barang yang ingin dibawa dan juga mengecek keadaan rumah maupun kendaraan dan saat pergi banyak kejadian yang tidak terduga disaat rumah ditinggal pergi mudik seperti kebakaran, kemalingan, dan lain-lain. Oleh karena itu pentingnya memperhatikan hal-hal berikut ini saat kalian hendak mudik agar mudik kalian nyaman dan dapat berkumpul dengan keluarga.

Baca juga : Menarik! Inilah 5 Hal Yang Hanya Ada Selama Bulan Puasa

1. Menyiapkan daftar barang bawaan


gambar/seva.id
Siapkan daftar barang yang kalian butuhkan saja selama kalian mudik, jangan membawa barang terlalu banyak juga terlalu sedikit. Buatlah daftar dimulai dari barang yang penting seperti obat-obatan pribadi dilanjutkan dengan pakaian, makanan, peralatan mandi dan sebagainya dengan tujuan mempermudah kalian dalam mengepak barang bawaan. Jika kalian rasa barang yang dibutuhkan sudah terdaftar semua dan ada sedikit ruang yang memungkinkan untuk membawa barang lain silahkan tambahkan ke daftar bawaan.

2. Mengecek keadaan rumah


gambar/src.ipapa.co.id
Pentingnya mengecek kondisi rumah sebelum pergi ialah untuk menjaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk menghindari resiko kebakaran matikan kontak listrik yang terpasang pada perangkat elektronik, cabut regulator dan selang pada kompor gas setelah selang dan regulator dilepas simpan tabung gas ditempat yang terhindar dari panas, jauh dari sumber listrik dan tidak pada ruang tertutup. Bila kalian sangat mengkhawatirkan dengan keadaan rumah titipkan rumah kalian dengan orang yang kalian percaya disekitar rumah untuk mengecek rumah setiap harinya.

3. Menjaga kondisi tubuh


gambar/cdn.klimg.com
Bagi kalian yang mudik menggunakan kendaraan pribadi wajib menjaga kondisi tubuh anda karena selama perjalanan kita gak tahu hal-hal apa yang nantinya terjadi entah macet atau lainnya. Istirahatlah kurang lebih 3 jam sekali selama perjalanan untuk membuat kondisi anda tidak terlalu capek.

4. Periksa kondisi kendaraan


gambar/risetcdn.jatimtimes.com
Periksalah kendaraan kalian sebelum pergi, servislah agar selama perjalanan nyaman dan tidak ada kendala terutama pada bagian mesin. Bawalah minimal 1 ban serep untuk jaga-jaga jika diperjalanan ban kalian bocor atau pecah.

5. Menyimpan nomor penting


gambar/bobotoh.id
Simpan nomor-nomor penting yang bisa dihubungi apabila menghadapi situasi darurat seperti nomor ambulans 119, NTMC Call Center 1500 669, kepolosian 110.

6. Titip hewan peliharaan


unsplash/mikhail vasilyev

Titipkan hewan peliharaan kalian di petshop atau pada tetangga. Pastinya kalian gak mau kan hewan yang kalian sayangi ada apa-apa, meskipun biaya titip pada petshop terbilang cukup mahal tetapi keamanan dan kenyamanan terhadap hewan anda terjamin sob.

Akhir kata


Itulah hal-hal penting yang harus kalian perhatikan sebelum kalian pergi mudik lebaran, semoga selama perjalanan mudik kalian diberi keselamatan dan kesehatan ya sob agar dapat berkumpul dan merayakan hari raya bersama orang yang kalian sayangi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia coldeja, share artikel kami terus ya sob~  



Belum ada Komentar untuk "Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini Saat Kalian Ingin Mudik Lebaran! "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel