Recent Post

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word Dengan Mudah dan Cepat

Halo Pembaca Setia Coldeja! Kali ini saya akan membahas bagaimana membuat daftar isi secara otomatis dengan mudah dan cepat di microsoft word! Bayangkan Saat kalian sedang membuat makalah, skripsi, proposal ataupun lainnya dengan panjang halaman puluhan bahkan ratusan terkadang sulit untuk mengingat halaman dengan informasi yang kalian cari dan sudah pasti kalian memerlukan sebuah daftar isi.


cara membuat daftar isi otomatis


Pentingnya membuat daftar isi adalah untuk membantu pembaca mencari bagian yang ingin mereka cari dengan cepat, jika tidak ada daftar isi sudah kebayang ya sob ribetnya mencari bagian yang dicari satu per satu dari sekian banyaknya halaman.
Pada artikel ini saya akan memberi tutorial membuat daftar isi secara otomatis dengan Microsoft 2013. Cara ini bisa digunakan juga pada microsoft word 2007 maupun 2010.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis


1. Buka Microsoft word, lalu Klik dimana kalian ingin memasukkan daftar isi kalian
2. Pilih menu References -> Table of Contents, pilih salah satu style Automatic Table yang tersedia. Kali ini saya memilih yang pertama.
cara membuat daftar isi
Setelah kalian memilih maka akan muncul seperti ini


Klik Ok saja, karena pada situ terdapat keterangan kalo daftar isi belum ditemukan.

3. Langkah berikutnya, kalian buat dahulu bab dan atur style nya dengan heading 1. Disini saya akan membuat bab apa saja yang akan tertera pada daftar isi yaitu:
- Cover
- Kata pengantar
- Daftar isi
- Bab 1 pendahuluan
- Bab 2 pembahasan
- Bab 3 kesimpulan
Sesuaikan dengan bab-bab yang akan kalian pakai ini sebagai contoh saja, setiap bab ditulis di halaman yang berbeda seperti gambar dibawah ini.






4. Jika sudah silahkan kalian memberi nomor halaman atau page number. Caranya pilih menu Insert -> Header / Footer -> pilih Page Number. Kalian bisa memilih letak nomor halaman mau ditempatkan dimana.

5. Selanjutnya kalian kembali pada halaman dimana daftar isi kalian diletakkan. Lalu klik update table.

cara membuat daftar isi otomatis

Setelah klik update table. Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

cara membuat daftar isi otomatis

6. Jika nanti kalian ada perubahan pada setiap halaman maka kalian tinggal klik saja update table dan akan muncul gambar dengan pilihan berikut.

cara membuat daftar isi otomatis

Pilih Update Page Number Only jika tidak ada perubahan nama atau judul. Pilih Update Entire Table jika ada perubahan nama atau judul.


Membuat Daftar Isi dengan Sub Bab


1. Kita ambil contoh dari dari daftar isi yang tadi yaitu pada bab 1 pendahuluan

cara membuat daftar isi dengan sub bab

2. Pada gambar diatas saya menggunakan heading 1 untuk membuat judul BAB, dan saya akan menambahkan subjudul 1 dan subjudul 2 menggunakan heading yang berbeda yaitu heading 2 dan heading 3. Lihat gambar dibawah

cara membuat daftar isi dengan sub bab

3. Setelah menambahkan subjudul kalian, Pilih Menu References -> Table of Contents, pilih salah satu style Automatic Table.


4. Setelah kalian memilih, maka hasilnya akan seperti ini. Jika nanti kalian ada perubahan pada setiap halaman maka kalian tinggal klik saja update table.


Selesai sudah membuat daftar isi otomatis dari nol dan dengan sub bab. Dengan cara ini kalian tidak lagi membuat daftar isi secara manual.

Semoga artikel ini membantu kalian dalam membuat makalah, proposal, skripsi ataupun karya ilmiah ya sob.

2 Komentar untuk "Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word Dengan Mudah dan Cepat "

  1. Wah ini sangat membantuuu bngt mas utk mahasiswa. Nice mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas semoga artikel nya membantu..

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel