Cara Ampuh Meningkatkan Performa Hp Android Agar Main Game Jadi Lancar dan Tidak Lag!



Bagi kalian yang gemar bermain game offline maupun online di hp kadang kala kesel dengan performa yang lambat. Performa hp yang lambat ini bukannya tidak ada sebab, hal ini sangat wajar sob karena semakin lama dan seringnya kita memainkan hp atau game, maka akan banyak meninggalkan cache file sehingga membuat performa nya menurun dan juga banyaknya aplikasi yang ter install di hp kalian yang membuat penyimpanan RAM semakin kecil.

nordwood/unsplash
Nah, kali ini coldeja akan membahas Tips Meningkatkan Performa Smartphone Agar Main Game Jadi Lancar. Kalian tidak perlu rooting dahulu karna cara ini sangat mudah dan cepat dipahami. Simak selengkapnya artikel di bawah ini!

1. Bersihkan Cache File


bersihkan cache file

Cara pertama yaitu dengan menghapus cache file. Cache file dapat dibersihkan dengan cara buka menu setting > pilih penyimpanan > cache file > clear cache. Dengan cara tersebut kalian sudah menghapus seluruh cache dari berbagai aplikasi yang kalian jalankan. Setelah kalian menghapus cache file nya akan terasa sedikit lambat pada hp kalian, oleh karena itu tunggu beberapa saat untuk membuka aplikasi kembali. 


2. Copot Pemasangan Aplikasi yang Jarang Dipakai


uninstall aplikasi
Copotlah aplikasi yang jarang atau tidak kalian pakai karna akan memakan ruang penyimpanan di smartphone kalian. sebelum kalian menghapus aplikasi tersebut pastikan tidak ada file atau data penting yang tersimpan didalamnya ya sob.


3. Ubah Kualitas Grafis



ubah kualitas grafis

Bagi kalian yang deman bermain game online kualitas grafis pastilah menjadi pilihan nomor satu agar permainan kalian terlihat nyata dan menarik. Tapi inget sob, pilihlah kualitas grafis game kalian sesuai dengan kemampuan hp kalian masing-masing. Jangan memaksakan menggunakan grafis yang HD atau High jika tidak kuat karna akan menyebabkan performa hp kalian akan menurun dan terasa berat.


4. Hentikan Aplikasi yang Sedang Berjalan


hentikan aplikasi berjalan
Cara berikut ini bisa kalian ikuti ataupun tidak. Hentikan aplikasi yang sedang berjalan, misalkan kalian sedang membuka instagram, whatsapp, facebook, dan lain-lain. Lalu kalian ingin bermain game, ini akan membuat performa dalam main game akan kurang lancar karna aplikasi yang berjalan saat ini sangat banyak. Kalian harus menghentikan aplikasi yang sedang berjalan saat ini dahulu namun terdapat kekurangan dengan menghentikan aplikasi ini, yaitu kalian tidak mendapat notifikasi yang masuk dari aplikasi yang kalian hentikan tadi. Tapi dengan cara ini, performa hp kalian untuk bermain game akan lebih baik dari sebelumnya sob.


5. Gunakan Jaringan 4G atau Wi-Fi


gunakan jaringan 4g/wifi
Dalam bermain game terutama game online biasanya permasalahan yang dihadapi yaitu masalah lagging akibat jaringan internet kalian. Kalian harus memastikan jaringan yang kalian pakai baik dan kuat, ubahlah jaringan kalian ke 4G atau bisa menggunakan Wi-Fi. 


6. Restart Hp


restart hp

Biasakan restart hp kalian setidaknya 1 kali dalam sehari, untuk menjaga performa hp kalian. cara ini dilakukan untuk mengatur ulang penggunaan aplikasi yang kalian pakai sebelum direstart. Bandingkan saat kalian belum restart hp dan sesudahnya sedikit lebih lancar dan tidak lemot kan sob.


7. Ganti Hp


ganti hp
Jika dari semua tips diatas sudah dilakukan dan performa smartphone kalian masih terkendala dan belum lancar. Cara terakhir yaitu dengan mengganti hp kalian sob hihihihi, ini cara paling ampuh untuk meningkatkan performa dan juga hp kalian sob.


Nah itulah tips dari saya Tips meningkatkan performa smartphone agar main game jadi lancar. Gimana menurut kalian sob? setuju tidak sama cara ini?
0 Komentar untuk "Cara Ampuh Meningkatkan Performa Hp Android Agar Main Game Jadi Lancar dan Tidak Lag!"

Back To Top