Perhatikan 5 Hal Penting Saat Desain di Photoshop, Jangan Diulangi Lagi!

Bidang desain grafis saat ini banyak sekali peminatnya, berawal dari ketertarikan terhadap sebuah gambar, foto, atau video. Kini seorang desainer grafis mulai bermunculan entah untuk sekedar hobi atau menjadi sebuah profesi. Banyak orang yang menganggap menjadi seorang desainer grafis adalah pekerjaan yang mudah, eittss tapi apakah benar semudah itu? Tentu tidak sob!.

unsplash/mimithian

Sebelum menjadi desainer grafis yang hebat ada hal-hal dasar yang perlu diketahui penting dan wajib diperhatikan apalagi bila kamu baru saja terjun didunia desain grafis khususnya di Photoshop ini, mungkin terlihat sepele tapi hal sepele inilah yang berperan penting dalam desain kamu. Kira-kira apa aja sih hal penting yang harus diperhatikan saat desain terutama di photoshop?
Berikut ini beberapa hal yang wajib kamu perhatikan saat desain di photoshop:

Memperbesar dan memperkecil ukuran gambar


www.coldeja.com

Saat kamu ingin memperbesar dan memperkecil ukuran gambar jangan asal dalam melakukannya karna akan berdampak terhadap hasil dari gambar kamu. Meskipun ukuran yang dibesar/kecilkan sangat sedikit jangan lakukan dengan asal menarik gambar tersebut.

Gunakanlah tombol 'shift' tahan dan tarik gambar sesuai dengan kebutuhan kamu, 'shift' berguna agar gambar akan tetap seperti aslinya tetapi jika kamu asal tarik maka gambar akan terlihat kurang bagus bisa saja gambarnya terlalu tinggi, lebar, atau pendek.

Tidak memberi nama pada tiap layer


www.coldeja.com

Biasakan untuk memberi nama pada setiap layer yang kamu kerjakan, kenapa? karena desain tidak hanya menggunakan 1 atau 2 gambar saja tetapi sangat banyak, nah kalo layernya banyak dan tidak diberi nama, kamu sendiri yang akan pusing untuk mencari gambar apa dan layer ke berapa yang kamu mau edit. Jadi sebaiknya mulai sekarang mau sedikit atau banyak layer yang dipakai berikan penamaan ya sob pada tiap layernya.

Kombinasi warna


unsplash/yogidan2012

Warna merupakan hal yang paling utama dalam desain karna dari warna saja sudah dapat memikat orang lain untuk melihat gambar tersebut. Gunakan kombinasi warna yang cocok untuk gambar kamu, dan juga pastikan warna yang kamu gabungkan tidak membuat yang melihat merasa sakit dimata.

Pentingnya memakai ruler


www.coldeja.com

Ketika kamu mendesain dengan beberapa sekat atau bagian gunakanlah ruler yang berfungsi untuk mengatur layout gambar agar lurus setiap bagiannya. Kadang hal kecil seperti ini sering diabaikan tetapi perannya penting untuk menjaga keseimbangan dalam sebuah gambar.

Kombinasi penggunaan font


iamge/fastwork.id

Biasanya kombinasi penggunaan font ini dilakukan saat kamu ingin membuat desain Typhography. Tidak melulu Typhography memakai banyak font bahkan 2 jenis font untuk dikombinasikan dapat membuat Typhography yang indah, tergantung dari kombinasi font yang kamu pakai. Jadi, carilah font yang sesuai dengan desain kamu untuk dikombinasikan.
0 Komentar untuk "Perhatikan 5 Hal Penting Saat Desain di Photoshop, Jangan Diulangi Lagi!"

Back To Top