5 Cara Menjadi Seorang Programmer Yang Hebat Secara Otodidak

Pada era digital ini pertumbuhan teknologi sangatlah pesat, salah satu profesi dibidang teknologi ini adalah menjadi seorang programmer. Menjadi seorang programmer tidaklah mudah, ia harus memiliki beberapa skill diantaranya adalah logika, algoritma, matematika, dan juga bahasa inggris.

unsplash/ricaros

Karena tidak mudah menjadi programmer biasanya gaji yang ditawarkan untuk profesi ini relatif tinggi, jika kamu mempunyai skill yang cukup baik tidak susah mencari pekerjaan di bidang ini karena kebutuhan di industri untuk profesi ini tergolong tinggi.

Untuk itu apa sih yang harus dimiliki atau bagaimana cara untuk menjadi seorang programmer? Berikut ini Tips menjadi seorang programmer yang hebat.

1. Pilih 1 Bahasa Pemrograman


unsplash/emilep

Untuk kamu yang ingin menjadi programmer, kamu perlu menguasai minimal 1 bahasa pemrograman. Pilihlah 1 bahasa pemrograman yang banyak dicari di dunia kerja atau yang sedang trend untuk saat ini pelajari dari awal sampai akhir. Jangan mencoba berganti-ganti bahasa pemrograman pada saat dipertengahan karna itu akan membuatmu menjadi tidak fokus.


Sesuaikan bahasa pemrograman yang kamu pilih dengan tipe pemrograman apa yang kamu inginkan, misalnya kamu ingin tipe pemrograman berbasis web maka pelajarilah bahasa pemrogaman yang berhubungan dengan tipe pemrograman berbasis web ini.

Lebih baik menguasai 1 bahasa pemrograman seutuhnya daripada menguasai beberapa bahasa tetapi hanya setengah bahkan hanya seperempatnya saja. Jika hanya sekedar ingin tahu, tidak masalah asal kamu tetap fokus terhadap bahasa pemrograman yang sekarang kamu pelajari.

2. Pelajari Bahasa Inggris


unsplash/brodychilds

Kenapa harus belajar bahasa Inggris? Kan disini saya belajar bahasa pemrograman?. Nah ini hal yang harus kamu perhatikan juga, sebagian besar bahasa pemrograman itu sendiri menggunakan bahasa inggris, seperti dalam membaca pesan error, membaca dokumentasi program, melakukan perbaikan error dan banyak lainnya.

Minimal kamu bisa berbahasa Inggris dengan pasif, asahlah kemampuan berbahasamu sampai kamu bisa menjadi aktif. Dengan bisa nya kamu berbahasa Inggris itu akan memudahkanmu dalam hal bertanya bila kesulitan dalam pembuatan program di forum atau komunitas yang sifatnya global.

3. Praktekkan Program Sederhana Berulang-ulang


unsplash/ricaros

Setelah kamu memilih bahasa pemrograman apa yang ingin kamu pelajari dan kuasai. Mulailah praktekkan dengan mencari studi kasus dengan membuat program-program sederhana dari bahasa tersebut lakukan secara berulang-ulang kali. Ingat programming bukanlah ilmu yang dihafal, maka pentingnya dipraktekan secara berulang-ulang ialah agar kemampuanmu terus berkembang.



4. Membuat Program Lebih Kompleks


unsplash/frantic

Bila program sederhana yang kamu kerjakan selesai, cobalah untuk mengembangkan program tersebut menjadi lebih kompleks lagi. Saat kamu sudah mulai mengembangkan ke arah yang kompleks disinilah mulai banyak muncul error dan kamu harus melakukan debugging.

Logika dalam menyelesaikan masalah yang paling utama untuk kamu miliki, kasus yang terjadi saat ini suatu saat akan terjadi kembali. Oleh karena itu, jika kamu sudah terbiasa dengan permasalahan yang kompleks kamu akan mudah dalam proses pembuatan program.

5. Jangan Cepat Menyerah


unsplash/hiteshchoudhary

Untuk menjadi seorang programmer kamu dituntut untuk tidak mudah menyerah. Yap! karna kamu akan terlibat dalam permasalahan pemecahan kode yang rumit dan panjang, oleh karena itu jangan cepat menyerah teruslah berusaha sampai kamu benar-benar paham dan mengerti.


Demikian Tips untuk kamu yang ingin menjadi seorang programmer yang hebat secara otodidak, ingat sob tidak ada programmer yang langsung berhasil. Mereka melewati berbagai rintangan dan perjuangan yang hebat, entah sudah berapa ratus jam yang telah dihabiskan untuk belajar dan mengasah skillnya demi menjadi seorang programmer. Intinya kamu harus terus belajar dan belajar!
Tag : programming
1 Komentar untuk "5 Cara Menjadi Seorang Programmer Yang Hebat Secara Otodidak"

Bermanfaat gan
Jangan lupa mampir ya
www.coolplato.com

Back To Top
close