10 Macam Perangkat Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

Apa Itu Perangkat Jaringan Komputer? - Bagi kamu yang sudah berada lama di dunia teknologi tentu sudah paham macam-macam perangkat jaringan komputer. Tetapi, bagaimana untuk kamu yang masih awam yang baru saja mengenal perangkat jaringan komputer, hmm kamu harus terus mencari informasi ya sob. Tenang saja kali ini, saya akan mengulas tentang apa saja Perangkat Jaringan Komputer, simak artikel dibawah ini:

perangkat jaringan komputer beserta fungsinya


Pengertian Perangkat Jaringan Komputer


Perangkat Jaringan Komputer adalah sebuah komponen atau perangkat yang saling terhubung antara komputer satu dengan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi, bertukar data (mengirim dan menerima file).

Macam-Macam Perangkat Jaringan Komputer


Berikut adalah macam-macam perangkat jaringan komputer beserta fungsinya:



1. HUB

hub


Hub merupakan perangkat jaringan komputer yang mengubah sinyal transmisi jaringan, hal tersebut dimaksudkan agar dua komputer atau lebih saling terhubung asalkan masih dalam ruang lingkup yang sama. Hub tidak dapat mengatur alur jalannya suatu data, sehingga setiap paket data yang melewati hub akan dibroadcast ke semua port sampai paket data yang dimaksud sampai ke tujuan. Hal inilah membuat paket data yang dikirim mengalami collision atau tabrakan data.

Hub biasanya dipilih sebagai perangkat perantara dalam jaringan LAN yang sangat kecil dimana bandwidth pengguna tidak mengalami masalah. Namun, dalam perkembangan jaringan saat ini, hub telah digantikan oleh switch.

Fungsi Hub

Hub memiliki fungsi agar suatu perangkat dapat saling terhubung satu sama lain. Dengan demikian, komputer yang terhubung dengan hub bisa saling bertukar data.

  • Pasif Hub, hub yang memiliki kemampuan untuk menerima dan mengirimkan data dari suatu perangkat ke perangkat lain. Hub pasif ini memiliki fungsi untuk membagi jaringan, namum hub jenis ini tidak dapat melakukan penguatan jaringan.
  • Aktif Hub, hub yang memiliki fungsi sebagai penghubung dan penguatan sinyal dalam jaringan.

2. Router

router


Router merupakan perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda, sehingga dapat saling bertukar data dengan jaringan lainnya. Dengan menggunakan Router kita dapat dengan mudah dan efesien mengelola jaringan lokal ataupun jaringan WAN.

Cara kerja router bisa dibilang mirip dengan bridge, yakni sama-sama meneruskan paket data, membagi jaringan menjadi beberapa segmen atau menyatukan segmen-segmen jaringan tersebut, hanya saja router berada pada lapisan ketiga OSI.

Fungsi Router

Adapun fungsi Router diantaranya adalah:

  • Router berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan sehingga user bisa mengirim paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Proses koneksi tersebut yaitu dengan mendistribusikan kan IP address ke setiap komputer yang tergabung dalam jaringan, baik secara statis maupun DHCP.
  • Router juga berfungsi untuk mentransmisikan informasi atau data dari suatu jaringan menuju ke jaringan yang lainnya dimana sistem kerjanya mirip seperti bridge sebagai jembatan jaringan.

3. Switch

switch


Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer agar dapat melakukan pertukaran paket (menerima, memproses, dan meneruskan data ke perangkat yang dituju). Switch juga memiliki beberapa kelebihan di antaranya yaitu memiliki kecapatan transfer data yang cepat dan memiliki jangkauan yang lebih baik daripada Hub, perangkat jaringan ini juga dianggap lebih pintar karena dapat mengatasi masalah collision atau tabrakan data.

Fungsi Switch

Adapun fungsi Switch diantaranya adalah:

  • Switch berfungsi melakukan verifikasi terhadap setiap paket yang didapatkannya, sebelum mengarahkannya ke tempat yang dituju.
  • Switch juga berfungsi untuk mengatur paket data yang akan dikirimkan.
  • Switch mampu mencegah terjadinya looping (data hanya berputar-putar pada port-port switch) ketika data yang diterima tidak diketahui tujuannya.

4. Wirelles Card

wirelles card


Wirelles Card adalah perangkat jaringan komputer sebuah kartu jaringan yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem jaringan dengan menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya. Dengan kata lain, sebuah perangkat jaringan komputer yang dapat menghubungkan dua device secara wireless (tanpa kabel) maupun wire (menggunakan kabel).

Fungsi Wirelles Card

Adapun fungsi Wirelles Card diantaranya adalah:

  • Dengan menggunakan wireless card, memungkinkan dua atau lebih komputer dapat saling terhubung melalui jaringan wi-fi tanpa harus menggunakan kabel.

5. Access Point

access point


Access Point adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai pemancar signal radio yang nanti diterima oleh Wirelles Client. Untuk bisa memancarkan sinyal tersebut, biasanya access point akan disambungkan ke perangkat keras seperti router, hub, atau switch melalui kabel ethernet. Access point mempunyai kemampuan untuk menghubungkan dua jenis jaringan yang berbeda, yaitu jaringan wireless dan jaringan LAN.

Fungsi Access Point

Adapun fungsi Access Point diantaranya adalah:

  • Fungsi utama Access Point yaitu sebagai pemancar sinyal internet.
  • Bisa dipakai untuk mengatur akses yang ada di suatu perangkat berdasarkan MAC address, sebagai Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) server sehingga mampu memberikan IP address di setiap perangkat yang terhubung.
  • Menggantikan fungsi hub yang menghubungkan jaringan lokal nirkabel dengan jaringan kabel.

6. Repeater

repeater


Repeater adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menguatkan signal data dan memperluas jangkauan signal. Repeater menerima sinyal dan kemudian memancarkan kembali sinyal yang identik dengan sinyal asal, tetapi dengan cara yang berbeda. Umumnya repeater memancarkan kembali sinyal tersebut dalam frekuensi yang berbeda dari frekuensi sinyal asal.

Fungsi Repeater

Adapun fungsi Repeater diantaranya adalah:

  • Fungsi utamanya, yaitu untuk memperluas jangkauan jaringan wifi, maka repeater ini sering juga disebut sebagai wifi extender. Perangkat ini telah disetting untuk dapat menerima signal data dan kemudian memancarkan kembali signal data tersebut dengan kualitas yang lebih tinggi.

7. Modem

modem


Modem (Modulater deModulator) adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai alat untuk mengubah signal digital menjadi signal analog dan sebaliknya, sehingga kinerja komputer dapat berjalan.

Fungsi Modem

Secara garis besar fungsi modem adalah sebagai pengubah signal analog menjadi signal digital dan sebaliknya dan sebagai alat komunikasi dua arah. Adapun fungsi Modem lainnya adalah:

  • Sebagai alat penghubung jaringan komputer jarak jauh.
  • Alat yang digunakan untuk modulasi dan demodulasi.
  • Sebagai alat pengompres data yang akan dikirimkan dalam bentuk signal.
  • Sebagai alat pemeriksa komunikasi dan paket data.

8. Kabel

kabel


Kabel merupakan komponen yang berfungsi sebagai penghantar arus dan penghubung antara dua komputer atau lebih. Kabel jaringan berperan sebagai media transmisi yang terarah di dalam jaringan komputer. Ada banyak jenis kabel diantaranya kabel UTP, kabel STP, kabel Fiber Optik dan jenis kabel lainnya.

Fungsi Kabel

Adapun fungsi Kabel adalah:

  • Agar dapat mentransmisikan data-data yang di dapatkan dari server dan ditransmisikan ke komputer client atau user.
  • Kehadiran jaringan kabel dapat membangun sebuah jaringan hanya dengan mengkoneksikan kabel pada server, user, serta perangkat keras yang ada di dalam jaringan.

9. Konektor

konektor


Konektor merupakan alat yang menghubungkan kabel dengan Network Adaptor. Tanpa adanya konektor kabel-kabel jaringan tidak dapat terhubung dengan network adaptor atau NIC. Jadi, dapat dikatakan konektor menjadi salah satu alat yang vital bagi perangkat komputer.

Jenis Konektor

Ada beberapa jenis konektor yang biasa terpasang pada perangkat komputer, diantaranya adalah:

  • Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP
  • Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic
  • Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial

Fungsi Konektor

Adapun fungsi Konektor diantaranya adalah:

  • Untuk menjaga transmitter maupun receiver atau mengirim dan menerima sinyal informasi dengan baik tanpa ada gangguan dan masalah.
  • Sebagai penghubung antara perangkat satu dengan perangkat yang lainnya

10. Bridge

bridge


Bridge merupakan perangkat jaringan komputer berfungsi memperluas jaringan satu ke bentuk jaringan lain yang lebih luas sehingga dapat digunakan pada perangkat lainnya. Bridge dapat menghubungkan jaringan komputer dengan metode transmisi atau medium access control yang berbeda. Selain itu bridge juga dapat mempelajari alamat link yang ada pada setiap perangkat yang terhubung dengannya.

Fungsi Bridge

Adapun fungsi Bridge diantaranya adalah:

  • Menghubungkan 2 buah jaringan LAN yang sejenis.
  • Bridge juga dapat menghubungkan beberapa jaringan komputer yang terpisah, baik itu tipe jaringan yang sama maupun yang berbeda.
  • Bridge dapat berfungsi sebagai router pada jaringan komputer yang lebih luas (Bridge Router)

Kesimpulan

Nah, dari penjelasan diatas semoga kamu paham macam-macam perangkat jaringan komputer beserta fungsinya ya sob. Akhir kata komputer pastinya tidak dapat menjalankan tugasnya bila tidak didukung dengan adanya perangkat jaringan lainnya yang mengalirkan data signal maupun arus listrik.



Tag : IT
0 Komentar untuk "10 Macam Perangkat Jaringan Komputer Beserta Fungsinya"

Back To Top