Recent Post

    5 Perbedaan SSD dan HDD Mana Yang Lebih Baik?

    Perbedaan SSD dan HDD - SSD (Solid State Drive) dan HDD (harddisk) merupakan media penyimpanan pada komputer atau laptop. Sebenarnya banyak media penyimpanan lain, tetapi media penyimpanan terbaik dan masih banyak digunakan yaitu diantaranya SSD, HDD, dan Flashdisk. SSD dan HDD memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai media penyimpanan file digital, baik berupa foto, video, document maupun yang lainnya. Namun, ada sisi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing media penyimpanan tersebut.

    perbedaan ssd dan hdd


    Sebagaimana kita ketahui bahwa perkembangan teknologi sekarang ini sangat pesat, salah satunya adalah berkembangnya media penyimpanan. Mungkin kamu telah mengetahui apa itu HDD, tetapi SSD sendiri hadir karena pengembangan dari teknologi HDD. Terdapat perbedaan SSD dan HDD yang menimbulkan pertanyaan manakah yang lebih baik antara SSD dan HDD. Lalu, apa saja perbedaan SSD dan HDD serta apakah kehadiran SSD lebih baik dari HDD?

    Perbedaan SSD dan HDD Mana Yang Lebih Baik?

    Sebelumnya kamu harus tahu SSD dan HDD itu sendiri, dan nanti kamu dapat menilai sendiri setelah membaca ulasan berikut ini:

    Apa Itu SSD?

    perbedaan ssd dan hdd


    Solid State Drive (SSD) merupakan perangkat penyimpanan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. SSD menyimpan semua data-data pada chip memory flash yang saling terhubung satu sama lain, SSD bergerak secara elektrik untuk menyimpan dan mengambil data atau informasi.

    Apa Itu HDD?

    perbedaan ssd dan hdd


    Harddisk (HDD) adalah media penyimpanan yang sering kita jumpai karena HDD telah menjadi standar media penyimpanan untuk PC dekstop maupun laptop. Hardisk (HDD) bergerak secara mekanik untuk mangambil dan menyimpan data atau Informasi, Tentu SSD bekerja lebih cepat dibandingkan dengan HDD setelah kita melihat dari cara kerja nya.


    Perbedaan SSD dan HDD


    1. Perbedaan SSD dan HHD dari Komponen dan Cara kerja


    Proses pengolahan data HDD dilakukan atau terjadi karena sinergi antara aktivitas mekanik dan elektrik, karna pada HDD terdapat komponen mekanis seperti motor dan lengan serta piringan yang berputar. Pada SSD hanya terdapat komponen elektronik seperti Intergrated Circuit atau IC, micro chip dan komponen elektronik pendukung lainnya seperti kapasitor seperti kita ketahui di SSD tidak ada perangkat yang bergerak. Semua proses pembacaan dan penulisan data dilakukan secara elektrik sama seperti pada Flashdisk dan RAM.

    2. Perbedaan SSD dan HHD dari Ukuran dan Berat


    HDD memiliki bentuk yang lebih besar daripada SSD. Dengan bentuk HDD yang tebal dan berat, biasanya HDD dipakai untuk laptop atau komputer yang tergolong keluaran lama. Sedangkan SSD, memiliki bentuk yang tipis dan sering digunakan untuk seri laptop yang tipis.

    3. Perbedaan SSD dan HHD dari Harga


    Dari segi harga SSD lebih mahal dibandingkan dengan HDD, karena SSD memiliki keunggulan yang lebih dari HDD. Dengan segala keunggulannya wajar saja jika SSD lebih mahal dari HDD.

    4. Perbedaan SSD dan HHD dari Kecepatan baca dan Efek yang ditimbulkan


    Kecepatan baca pada SSD umumnya 200 MB/s, bahkan 550 MB/s untuk SSD yang tercanggih. Sedangkan pada HDD antara 50 – 120 MB/s.

    Efek yang ditimbulkan pada HDD yaitu menghasilkan panas yang berlebih, Konsumsi daya listrik yang tinggi, Putaran motor dan piringan menimbulkan suara noise yang tinggi. Sedangkan pada SSD yaitu panas yang timbul tidak setinggi HDD, Konsumsi daya listrik sangat kecil, SDD cukup butuh daya 2 - 3 watt sedangkan HDD membutuhkan daya yang mencapai lebih dari 10 watt, Tidak ada putaran motor dan piringan membuat SDD sama sekali tidak berisik.

    5. Perbedaan SSD dan HHD dari Fragmentasi


    Jika kamu menggunakan HDD, kamu harus rajin men-defrag karna jika tidak di defrag menyebabkan turunnya kinerja dari HDD itu sendiri. Sedangkan pada SSD tidak perlu pusing memikirkan persoalan tenang fragmentasi karena data tersimpan pada chip flash.

    Kesimpulan


    Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa SSD lebih baik dari HDD dari segi cara kerjanya, kecepatan baca dan lainnya. Jika kamu ingin menggunakan SSD siap-siap saja untuk mengeluarkan biaya yang cukup banyak, dijamin setelah kamu menggunakan SSD kamu tidak akan menggunakan kembali HDD karena kinerja SSD yang lebih cepat. Semoga artikel ini bermanfaat ya sob.


    4 Komentar untuk "5 Perbedaan SSD dan HDD Mana Yang Lebih Baik?"

    1. ada kualitas ada harga.. pastilah! ulasannya menarik. di rumah masih pake hdd, berarti harus rajin deflag, ya?

      BalasHapus
    2. jejak gan ...mantap blognya mampir juga blog saya www.mazkin.net

      BalasHapus
    3. Siap, Terima kasih gan sudah mampir..

      BalasHapus

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel