Recent Post

    Macam-Macam Klasifikasi Komputer dan Aspek Komputerisasi

    Klasifikasi Komputer - Perkembangan teknologi kini memasuki era komputerisasi. Hampir sebagian besar pekerjaan diselesaikan dengan cepat dan efektif dengan menggunakan komputer bukan hanya pada bidang teknologi namun disegala bidang pekerjaan.


    Komputer dan komputerisasi adalah dua hal yang berbeda. Komputer merupakan peralatan (device) yang bekerja dibawah kontrol program yang tersimpan yang secara otomatis menerima, menyimpan dan memproses data untuk menghasilkan informasi yang merupakan hasil dari pemrosesan tersebut.

    klasifikasi komputer

    Sedangkan, Komputerisasi adalah perubahan mekanisme pengolahan data yang sebelumnya bersifat manual menjadi otomatis karena menggunakan media komputer. Jadi, komputer itu adalah alatnya dan komputerisasi adalah proses perubahan pengolahan data menggunakan media komputer.

    Aspek Komputerisasi


    Terdapat dua Aspek Komputerisasi, diantaranya yaitu:
    • Aspek Teknis meliputi : Hardware, Software, Brainware
    • Aspek Non Teknis meliputi : Dukungan Manajemen dan Disiplin Baru
    Sebaiknya, jika ingin melakukan komputerisasi sebaiknya mementingkan aspek non teknis terlebih dahulu. Karna kebanyakan kegagalan komputerisasi disebabkan oleh aspek non teknis.

    Klasifikasi Komputer


    Terdapat 4 klasifikasi komputer yang harus kamu ketahui yaitu:

    1. Berdasarkan Jenis Data Yang Diolah

    • Komputer Analog (Analog Computer), Keluaran dari komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik, contohnya besaran arus listrik. Keuntungan dari komputer analog adalah dapat langsung memproses data dalam besaran fisik tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu. Dan kerugiannya adalah komputer jenis ini kecepatannya sangat lambat.
    • Komputer Digital (Digital Computer), Komputer digital digunakan untuk memproses diskrit data (bilangan/angka yang terputus-putus) dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik. Keluaran dari komputer jenis ini bisa dalam bentuk angka,huruf dan grafik atau gambar. Komputer jenis ini sangat cocok untuk aplikasi bisnis. karena dapat menyimpan data, proses data lebih cepat, dan dapat melakukan perhitungan dengan logika.
    • Komputer Hibrid (Hybrid Computer), Komputer hybrid adalah kombinasi antara komputer analog dengan komputer digital, sehingga komputer jenis ini dapat melakukan pengolahan data kualitatif dan kuantitatif. Komputer hybrid lebih cepat lagi di bandingkan
      komputer jenis digital.

    2. Berdasarkan Bidang Masalah (Kegunaan)

    • Special Purpose Computer, Komputer jenis ini hanya dapat menyelesaikan satu masalah saja, sehingga hanya program tertentu saja yang dimasukkan dalam komputer ini, misalnya komputer perbankan dan komputer yang digunakan pada kilang minyak.
    • General Purpose Computer, Komputer jenis ini dapat menyelesaikan bermacammacam masalah. Komputer yang termasuk dalam jenis ini adalah komputer digital dan analog, namun yang umum adalah komputer digital misalnya komputer untuk pendidikan dan komputer untuk bisnis.

    3. Berdasarkan Kemampuan Komputer

    • Small Scalle Computer, disebut small scale mainframe computer, Kapasitas memori antara 64 KB s/d 8 MB, dapat menangani puluhan terminal computer yang terpisah dari pusat komputer.
    • Medium Scalle Computer, disebut medium scale mainframe computer, Kapasitas memori antara 512KB s/d 8 Mb, dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah dari pusat komputer.
    • Large Scalle Computer, disebut large scale mainframe computer atau mainframe computer, Bentuknya besar, Kapasitas memori antara 512 KB s/d 8 MB, Kecepatan tinggi dan dapat menggunakan time sharing, yaitu pengguna komputer dapat menggunakan komputer secara serentak dalam waktu bersamaan.

    4. Berdasarkan Ukuran Fisik Komputer

    • Komputer Mini (Mini Computer), Kapasitas memori antara 8 MB s/d 128 MB, Menggunakan register 8 bit, 16 bit, 32 bit, dan 64 bit, Bersifat multi user, yaitu sebuah komputer mini dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai.
    • Komputer Mikro (Micro Computer), disebut personal computer (PC), Kapasitas memori 16 KB s/d 1 MB, Menggunakan register 8 bit, 16 bit, dan 32 bit, Umumnya di gunakan untuk single user

    Kesimpulan


    Nah, itu dia macam-macam klasifikasi komputer beserta dengan aspek komputerisasi. Share artikel ini ketemanmu. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat ya sob.

    0 Response to "Macam-Macam Klasifikasi Komputer dan Aspek Komputerisasi"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel