Recent Post

    Jenis-Jenis Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi

    Penerapan Teknologi Informasi - Teknologi informasi dan komunikasi zaman sekarang telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Teknologi Informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data.


    Sedangkan, Teknologi Komunikasi merupakan peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.

    penerapan teknologi informasi

    Unsur-unsur yang terdapat pada teknologi komunikasi adalah:
    • Informasi: Dapat berupa tulisan, suara, musik, gambar,dan data yang memiliki spektrum frekuensi
      dan bentuk-bentuk yang berbeda.
    • Alat yang dipergunakan untuk meneruskan informasi.
    • Dengan media transmisi dan sistem modulasi.
    Peranan teknologi informasi pada setiap kegiatan manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi kini telah menjadi fasilitas utama diberbagai sektor kehidupan dimana memberikan peran yang besar terhadap perubahan–perubahan pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan dan penelitian.

    Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktivitas yang dibutukan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Oleh karena itu, sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia sekarang ini.

    Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan. Berikut penjelasannya:

    A. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan

    Dalam perusahaan pentingnya penerapan teknologi informasi ini terutama penerapan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja karyawan agar penggunaan waktu lebih efisien.

    B. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis

    Dalam dunia bisnis penerapan teknologi informasi ini dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce.

    C. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan

    Dalam perbankan teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk diterapkan transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking.

    D. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

    Dalam dunia pendidikan penerapan teknologi informasi dipakai untuk sarana belajar-mengajar sehari-hari yang sering dijumpai kombinasi teknologi audio, video, audio/video, dan internet.

    E. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan

    Dalam dunia kesehatan Smart Card dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien yang telah melakukan pemeriksaan sebelumnya.


    Selain, penerapan di atas terdapat 3 macam penerapan teknologi informasi dan komunikasi yang perlu kamu ketahui. Jenis-jenis penerapan tersebut adalah sebagai berikut:

    Jenis-Jenis Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi


    1. Proses Penerapan teknologi Komunikasi


    Proses implementasi (penerapan) teknologi komunikasi merujuk pada model inovasi dalam buku "communication Tecnology", The New Media in Society diperkenalkan oleh Everett M.Rogers. Terdapat 2 tahapan dalam proses penerapan teknologi komunikasi, yaitu :

    A. Tahapan inisiasi, merupakan usaha untuk mengumpulkan informasi tentang teknologi komunikasi, memahami dengan seksama dan merencanakannya untuk mengadopsinya.

    Terdapat dua tingkatan yaitu:
    • Tingkatan Agenda-Setting, yaitu munculnya ide untuk mengadopsi teknologi komunikasi demi menyelesaikan permasalahan informasi yang muncul.
    • Tingkatan Matching, yaitu kecocokan teknologi komunikasi yang diperlukan dan kemampuan untuk mengadopsinya.

    Apabila nilai kedua tingkat inisiasi ini positif, timbullah keinginan untuk mengadopsi teknologi komunikasi yang diinginkan.

    Tahapan implementasi, seluruh kegiatan yang dilakukan untuk menggunakan teknologi komunikasi yang diinginkan.

    Terdapat tiga tingkatan yaitu:
    • Tingkatan redefining, mengatur, menyusun dan memodifikasi struktur organisasi (bagi sebuah lembaga) atau mental serta kebiasaan (bagi individu) untuk keperluan teknologi komunikasi yang diinginkan.
    • Tingkatan clarifying, meyakinkan pada semua anggota (bagi sebuah lembaga) atau diri sendiri (bagi individu) tentang sejarah teknologi komunikasi, sehingga tidak lagi menjadi sesuatu yang asing.
    • Tingkatan routinizing, teknologi komunikasi sudah dapat diketahui secara jelas dan menjadi bagian dari infrastruktur (pondasi/tata letak) sebuah organisasi (bagi lembaga) atau sebagai pelengkap bagi kehidupan individu.

    2. Perspektif tentang Penerapan Teknologi Komunikasi


    Suatu organisasi/lembaga pengguna teknologi komunikasi memandang penerapan teknologi komunikasi sebagai :

    • Manajemen system, merupakan upaya / usaha untuk mengoptimalkan hasil dari suatu sistem organisasi, perubahan yang dianggap sebagai suatu proses yang turun dari atas ke atas.
    • Proses birokrasi, merupakan usaha untuk mengubah kebijakan suatu lembaga, berdasarkan persepsi (opini/pendapat) manajemen puncak. Dan perubahan ditentukan pembuat dan pengambil keputusan.
    • Pengembangan organisasi, merupakan usaha untuk memenuhi keinginan / harapan individu dan komunitas yang muncul /timbul akibat adanya dorongan untuk meningkatkan partisipasinya.
    • Proses tawar menawar, merupakan hasil proses tawar menawar yang pada akhirnya akan menghasilkan jalan keluar yang kompromi.

    Perspektif tentang penerapan teknologi komunikasi adalah :

    • Teknosentrik, terciptanya suatu perubahan dan dianggap sebagai faktor yang dominan yang fokus terhadap kapasitas dan tersedianya teknologi.
    • Sosiosentrik, fokus pada situasi sosial yang terdapat pada sebuah lemabaga / organisasi.
    • Konflik, tertuju pada proses pengambilan keputusan. misalnya : untuk menyelesaikan suatu konflik dibutuhkan penyelesaian dengan cara politik.
    • Desain system, tertuju mulai dari teknologi, sosial, budaya dan politik, yang dikenal dengan sebutan "Siklus Kehidupan Sistem".

    3. Pelaku Teknologi Komunikasi


    Dalam rangkaian sumber, penyampaian dan penerimaan informasi ada beberapa pihak yang tersangkut dan saling tergantung satu dengan yang lainnya, yaitu :

    Catatan:
    • Pemakai : membutuhkan penyaluran dan penyampaian informasi yang membutuhkannya. Semakin lama semakin meningkat dalam jenis serta volumenya.
    • Perusahaan penyedia jasa telekomunikasi : pemberi jasa telekomunikasi dengan kualitas dan harga yang pantas dan bertanggung jawab dalam penyampaian yang efisien, cepat dan relatif murah.
      Contoh : Warung Telekomunikasi (Wartel)
    • Produsen Peralatan komunikasi : perusahaan yang menghasilkan peralatan komunikasi dengan kualitas yang baik serta dapat memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat dan bervariasi.
    • Badan yang mengatur : mengeluarkan peraturan dan persyaratan yang standar pelaksanaannya berdasarkan pengalaman, tingkat teknologi yang ada, perkiraan perkembangan teknologi yang dicapai oleh industri, sehingga kebutuhan dapat terpenuhi dengan ongkos yang murah.

    Kesimpulan


    Demikian, macam-macam penerapan teknologi informasi beserta tahapan proses penerapan teknologi informasi dan komunikasi. Share artikel ini ke temanmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya sob.

    Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel