Recent Post

    Perbedaan Vektor dan Raster Untuk Seorang Desain Grafis

    Perbedaan Vektor dan Raster - Dalam dunia desain grafis terdapat 2 macam grafik yang kita kenal yaitu vektor dan raster (bitmap). Bagi kamu yang belajar atau kuliah jurusan desain grafis pasti gak asing lagi dengan grafik tersebut.


    Bagi orang awam atau bukan orang desain grafis, antara vector dan raster mungkin terlihat sama. Tapi, nyatanya kedua grafik tersebut berbeda. Vector dan bitmap memiliki sifat, fungsi, dan kelebihannya masing-masing. Tahukah kamu apa itu grafik vector dan raster, serta perbedaan yang ada pada keduanya?

    perbedaan vektor dan raster

    Jika kamu belum tahu kali ini saya akan membagikan sedikit perbedaan vektor dan raster, berikut ini pengertian vektor dan raster serta perbedaan mendasar diantara keduanya:

    Pengertian Vektor

    Vektor adalah sebuah gambar yang terbentuk dari sejumlah garis atau kurva, garis ini gak bergantung oleh banyaknya piksel (pixel), sehingga apabila dilakukan pembesaran (zooming) gak akan kehilangan detailnya sekalipun, dan gambar gak terlihat pecah atau kabur berbentuk kotak-kotak (juggy). Vektor sendiri memiliki bentuk sederhana dimana saat dikombinasikan akan menghasilkan gambar.

    Terdapat 3 elemen utama vektor yaitu: Point, Polygon, Polyline. Point atau titik dimana suatu bentuk berawal, terhubung dan berakhir. Poligon adalah bidang dengan banyak sudut, dan Polyline adalah objek yang tersusun atas beberapa garis lurus dan garis lengkung yang bersambung dan diperlukan sebagai satu objek tunggal.

    Pengertian Raster

    Raster dikenal juga dengan Bitmap adalah sebuah gambar yang terbentuk dari banyaknya titik-titik atau piksel (pixel) yang masing–masing memiliki warna tersendiri, gambar jenis raster ini sangat bergantung pada banyaknya piksel (pixel), sehingga apabila dilakukan pembesaran (zooming) akan terlihat bentuk kotak-kotak penyusun gambar itu sendiri dan akan terlihat kabur.

    Perbedaan Vektor dan Raster


    Perbedaan Vektor Raster (Bitmap)
    Jenis Vektor terbentuk dari sejumlah garis yang melalui proses matematika dalam pembuatan gambar Raster (Bitmap) terbentuk dari banyaknya titik-titik atau piksel, yang masing–masing memiliki warna tersendiri dalam membentuk sebuah gambar
    Ukuran File Ukuran penyimpanan relatif kecil Ukuran penyimpanan relatif besar
    Ukuran Saat diperbesar, kualitas dan detail gak berkurang Saat diperbesar, gambar akan pecah
    Jenis File .svg .ai .cdr .ppt .eps .wmf .png .jpeg .tiff .gif .bmp .psd
    Software yang Dipakai Adobe Illustrator, CorelDraw, Inkscape, Fireworks, Freehand Adobe Photoshop, Paint, GIMP
    Penggantian Warna Lebih Mudah Lebih Sulit


    Kelebihan Vektor

    • Gambar dengan jenis objek vector dapat diubah dalam bentuk dan ukuran apapun tanpa menurunkan kualitas gambar atau grafis
    • Kapasitas penyimpatan vector lebih sedikit
    • Proses pembuatan dan edit gambar sangat mudah
    • Kamu bisa menggunakan Vektor untuk Logo Design, Illustration, Poster, Brochures, T-Shirt, Packaging

    Kelebihan Raster / Bitmap

    • Dapat memberikan hasil objek gambar bitmap ke objek gambar vector dengan sangat cepat dan mudah, sementara kualitas gambar bisa ditentukan sendiri
    • Objek gambar bitmap dapat menangkap warna dan bentuk secara alami
    • Kamu bisa menggunakan Raster untuk Photography, Digital illustration, Web Design, Mobile App Design, Photo Manipulation, Social Media Images

    Kesimpulan


    Demikian, apa itu vektor dan raster serta perbedaan dan kelebihan diantara keduanya. Dengan memahami penjelasan diatas semoga kamu dapat membedakan ya antara vektor dan raster meskipun kamu bukan seorang desain grafis. Share artikel ini ke temanmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya sob.

    0 Response to "Perbedaan Vektor dan Raster Untuk Seorang Desain Grafis"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close