Penjelasan Lengkap Perbedaan Vector Art dan WPAP Art

Dalam desain grafis ada banyak sekali teknik dalam membuat sebuah karya seni digital salah satunya adalah Vector Art dan WPAP Art. Bagi orang awam mungkin mengira membuat sebuah desain merupakan hal yang mudah, tetapi bagi kamu seorang desainer grafis mendengar perkataan seperti itu hanya bisa senyum-senyum tanpa bisa berkata banyak karena mereka banyak yang belum memahami tentang seni khususnya seni digital.

vector art vs wpap art


Tetapi, tidak sedikit juga yang mengatakan dalam membuat sebuah karya seni seseorang harus memiliki jiwa yang kreatif. Memang benar untuk membuat sebuah karya seni harus memiliki jiwa kreatif karena kamu membuat karya tersebut tidak hanya untuk diri sendiri tetapi untuk dapat dinikmati orang banyak jadi kamu harus memahami tentang makna dari desain yang kamu buat sendiri agar dapat diterima oleh orang banyak.

Vector Art dan WPAP Art merupakan dua teknik yang sekarang sedang mengalami peningkatan trend karena hasil karya ini dapat membuat kamu kagum, sebenarnya banyak sekali teknik yang ada dalam membuat sebuah karya seni desain grafis. Tetapi, nanti itu akan kita bahas di artikel selanjutnya untuk sekarang mari kita bahas perbedaan antara Vector Art dengan WPAP Art.

Perbedaan Vector Art dan WPAP Art


Vector Art

instagram/bale_vector


Sebelumnya apasih pengertian vector itu sendiri? vector merupakan gambar yang terbentuk dari garis dan kurva, ciri dari gambar vector adalah ukuran gambar tidak mempengaruhi kualitas gambar yang ditampilkan meskipun kita zoom out atau zoom in gambar tidak akan pecah dan untuk ukuran file relatif lebih kecil. Lalu apa itu Vector Art? Vector Art merupakan teknik membuat sebuah foto atau gambar menjadi karakter dua dimensi atau yang biasa kita sebut dengan kartun. 

Vector Art biasanya dibuat menggunakan beberapa aplikasi seperti Adobe Illustrator dan Corel Draw dengan teknik tertentu biasanya menggunakan Pen Tool dan memakai berbagai pallet warna untuk memberikan warna pada bagian-bagian tertentu seperti mata, wajah dan bibir. Menariknya dalam teknik ini terdapat dua jenis vector yang hampir mirip, diatas sudah dibahas tentang Vector Art dan yang satu lagi yaitu Vexel Art.
Apakah Vexel Art sama dengan Vector Art? sebenarnya sama hanya saja Vector Art dibuat menggunakan aplikasi berbasis vector seperti Adobe Illustrator, Corel Draw. Sedangkan Vexel Art merupakan seni raster berbasis pixel dibuat menggunakan aplikasi berbasis bitmap yaitu Adobe Photoshop.

Meskipun hasil akhirnya mirip dengan Vector Art tetapi image yang dihasilkan menjadi bitmap image. Proses finishing antara Vector Art dan Vexel Art juga berbeda Vexel Art menghasilkan sebuah karya terlihat lebih detail dan halus hampir mirip dengan gambar foto aslinya.

WPAP Art

instagram/s.wpap_


WPAP merupakan singkatan dari Wedha's Pop Art Portrait. WPAP Art ini merupakan seni mengubah foto atau gambar wajah dengan menambahkan komposisi warna yang mencolok tanpa mengubah struktur atau bentuk wajah WPAP dibuat menggunakan software Adobe Photoshop, Corel Draw. Gaya seni WPAP sendiri berasal dari Indonesia penciptanya sendiri yaitu Wedha Abdul Rasyid yang berasal dari Pekalongan.

WPAP mempunyai teknik dengan ciri khas tertentu dimana dalam penggambaran sebuah objek foto atau gambar, kamu akan melihat bidang kotak-kotak dan bentuk polygon tidak ada bidang lengkung dalam WPAP karena itu disebut memiliki ciri khas.

Unsur yang terdapat dalam seni WPAP ini diantaranya garis yang digunakan sebagai dasar membuat WPAP, titik yang dipakai sebagai elemen dari garis untuk menentukan sudut atau titik patahan, warna untuk pewarnaan biasa memakai warna pop, dan facet bentuk wujud dari suatu bidang yang terbagi sesuai gelap terang warna.
0 Komentar untuk "Penjelasan Lengkap Perbedaan Vector Art dan WPAP Art"

Back To Top