Recent Post


    Teknik Pembuatan Seni Kolase Menggunakan Kertas

    Teknik Pembuatan Seni Kolase - Kreatif adalah hal yang wajib dimiliki oleh seorang seniman dengan melihat dari sudut pandang yang berbeda dengan orang lain. Seorang seniman dapat menghasilkan sebuah karya seni dari ide-ide kreatif dan keterampilan yang dimilikinya.


    Salah satu karya seni yang dapat dibuat oleh seniman yaitu seni Kolase. Mungkin kamu pernah mendengar istilah kolase ini sewaktu kamu kecil bahkan kamu pernah membuat karya seni ini meskipun kamu bukanlah seorang seniman.

    teknik pembuatan seni kolase

    Yaitu dengan merubah barang-barang yang bisa dikatakan gak terpakai lagi di sekeliling kamu menjadi sebuah karya yang sangat indah dan berharga kembali.


    Teknik Pembuatan Seni Kolase Serta Unsur di Dalamnya


    Pengertian Kolase

    cara membuat seni kolase


    Kolase merupakan karya seni rupa 2 dimensi yang dibuat dari berbagai macam bahan seperti kaca, kertas, kain, kayu, lalu menempelnya pada suatu permukaan untuk menghasilkan sebuah gambar. Selama bahan-bahan itu dapat dipadukan dengan bahan dasar, maka akan menjadi karya seni kolase yang bisa mewakili perasaan estetis orang yang membuatnya.

    Seni kolase sifatnya berbeda dengan seni pahat, seni lukis ataupun seni lainnya dimana karya yang dihasilkan sudah gak lagi memperlihatkan bentuk asal dari material yang dipakai. Dalam seni kolase bentuk asli dari material yang digunakan harus tetap terlihat, seperti potongan kertas, pecahan kaca material tersebut masih bisa dikenali bentuk aslinya walaupun sudah dirakit menjadi satu kesatuan.

    Unsur-Unsur Kolase

    Kolase sendiri terdiri dibedakan menjadi 2 yaitu: kolase 2 dimensi dan 3 dimensi tentunya dari jenis-jenis ini terdapat unsur-unsur yang ada didalamnya, diantaranya:
    • Titik dan Bintik : Titik adalah unit unsur rupa paling terkecil yang gak mempunyai ukuran panjang dan lebar. Sedangkan, bintik adalah titik yang sedikit lebih besar. Titik pada kolase dapat dihasilkan melalui material pasir laut. Dan bintik dapat dihasilkan melalui lada atau biji-bijian.
    • Garis : merupakan kumpulan titik-titik yang memiliki ukuran panjang sehingga membentuk suatu garis. Garis sendiri terdiri dari garis putus-putus, garis lengkung, garis lurus, dan garis spiral. Biasanya untuk menghasilkan unsur garis pada kolase dapat menggunakan benang, lidi, batang korek, atau kawat, dan lain sebagainya
    • Bidang : merupakan unsur rupa yang berasal dari pertemuan beberapa garis, bidang dibedakan menjadi bidang vertikal, horizontal, dan melintang. Bidang dalam kolase berupa bidang 2 dimensi dan 3 dimensi.
    • Warna : merupakan unsur seni rupa paling utama untuk mewujudkan keindahan. Warna secara nyata dapat dibedakan menjadi warna primer, sekunder dan tertier. Warna pada kolase juga dapat diwujudkan dari cat, pita/renda, kain warna-warni, kertas warna dan masih banyak lainnya.



    Bahan-Bahan Pembuatan Kolase

    cara membuat seni kolase
    sumber:www.bagiinfo.com

    Kolase dapat dibuat dari berbagai macam bahan, diantaranya yaitu:
    • Kaca
    Limbah bekas potongan kaca dari pengrajin bingkai untuk gambar pajangan yang sudah gak di pakai lagi bisa kamu jadikan bahan untuk membuat sebuah kolase. Umumnya kaca ini supaya kaca terlihat lebih menarik kaca tersebut diberikan bisa kamu cat.


    Kamu dapat membentuk kaca dengan memecahkannya secara gak beraturan dengan bentuk ada yang besar dan kecil. Namun, kamu harus berhati-hati agar tangan kamu gak terluka saat proses pengolahannya.

    • Serutan Kayu atau Pensil
    Selain kaca kamu juga dapat membuat kolase dari serutan kayu, untuk memakai serutan kayu ini bahan tersebut harus kamu keringkan terlebih dahulu agar warnanya gak berubah. Lalu, kamu dapat menyerut kayu dengan ukuran yang diinginkan dan siap untuk ditempel.

    • Batu
    Batu yang cocok untuk membuat sebuah karya kolase adalah batu akik. Batu akik merupakan batu yang mempunyai banyak sekali warna, dan bentuk. Batu akik juga dapat diasah terlebih dahulu agar dapat memberikan warna yang lebih cemerlang.

    • Keramik
    Sama seperti kaca, kamu dapat menggunakan keramik bekas atau yang sudah gak terpakai lagi bahan ini bisa kamu potong-potong, sesuai ukuran yang di inginkan.

    • Logam
    Kamu juga dapat mengaplikasikan bahan logam dalam kolase, dan sebaiknya menggunakan logam-logam bekas seperti seng, alumunium, kuningan, dan lain sebagainya yang mudah ditemukan. Kemudian potong logam dengan ukuran sesuai keinginan. Biasanya logam pada kolase dijadikan sebagai dasar kolase.

    • Batok Kelapa
    Untuk bahan kolase lebih baik memilih tempurung dari kelapa setengah tua hingga kelapa tua, lalu di bersihkan dari serat-serat sabut kemudian dihaluskan dengan amplas. Setelah halus barulah kelapa siap dipotong-potong.

    • Daun-Daunan
    Untuk dijadikan bahan kolase kamu harus menggunakan daun kering atau daun yang sudah gugur. Bahan kolase ini mudah diperoleh, kamu bisa menggunakan warna daun yang berbeda agar dalam penyusunan karya akan menampilkan desain atau gambar yang indah.

    • Biji-Bijian
    Biji-bijian bisa kamu peroleh dari tumbuh-tumbuhan, biji-bijian ini bermacam-macam, demikian pula bentuk, ukuran, warna, dan teksturnya. Biji-bijian tersebut hendaknya dikeringkan terlebih dahulu agar warnanya gak berubah lagi dan gak gampang menyusut. Bila perlu, dapat digoreng tanpa minyak.

    • Kulit-Kulitan
    Kulit-kulit berasal dari kulit buah dan kulit batang tumbuh-tumbuhan. Gak semua kulit buah dapat dijadikan bahan kolase, Kulit yang dapat dijadikan kolase di antaranya: rambutan, kulit pisang, dan kelopak bambu. Semua kulit-kulitan harus dikeringkan dahulu sebelum digunakan sebagai bahan kolase, lalu dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

    • Kertas Bekas
    Ternyata kertas juga dapat dijadikan bahan kolase, semua kertas berwarna pada dasarnya dapat dijadikan bahan kolase. Seperti kertas-kertas bekas sampul, majalah, poster-poster, kemasan rokok atau kemasan produk-produk industri dapat pula digunakan sebagai bahan kolase. Dalam pemakaian, kertas dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.


    Teknik Pembuatan Kolase

    cara membuat seni kolase

    • Pertama, siapkan bahan-bahan dari barang bekas, seperti koran, majalah, dan kertas atau bahan yang telah disebutkan diatas. Media dan perangkat yang dibutuhkan: kalender bekas/kertas gambar, pewarna, gunting, pensil, dan lem.
    • Buatlah gambar atau desain yang kamu inginkan di kalender bekas/kertas gambar tadi.
    • Buatlah konsep penempelan bahan bekas tersebut pada gambar yang sudah kamu buat. Agar lebih menarik bahan bekas diberikan pewarna terlebih dahulu.
    • Gunting atau sobek bahan bekas menjadi ukuran kecil atau bervariasi antara kecil dan besar.
    • Oleskan sedikit lem pada gambar yang akan ditempeli kertas.
    • Tempelkan guntingan atau sobekan bahan bekas tadi pada kertas.
    • Lakukanlah dengan rapi sesuai kreativitas kamu usahakan tempelan kertas tertata dengan rapi sehingga hasil kolase juga terlihat menarik dan bagus.


    FAQ

    Apa Saja Unsur-Unsur Seni Kolase?
    1. Titik dan Bintik
    2. Garis
    3. Bidang
    4. Warna

    Apa Saja Bahan-Bahan Pembuatan Seni Kolase?
    1. Kaca
    2. Serutan Kayu atau Pensil
    3. Batu
    4. Keramik
    5. Logam
    6. Batok Kelapa
    7. Biji-Bijian
    8. Kulit-Kulitan
    9. Daun-Daunan
    10. Kertas Bekas

    Belum ada Komentar untuk "Teknik Pembuatan Seni Kolase Menggunakan Kertas"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close