Recent Post

    Aplikasi UMKM Milik Negeri Yang Membantu Perekonomian Indonesia

    Aplikasi UMKM - Perekonomian di Indonesia sekarang ini sudah cukup stabil seiring dengan perkembangan SDM dan teknologi. Terutama pada sektor Usaha Kecil dan Menengah, dimana pada usaha tersebut perlu dapat perhatian yang lebih.


    Kenapa dikatakan perlu perhatian yang lebih? Karena pada UMKM terdapat beberapa peran dalam perekonomian di Indonesia diantaranya yaitu:

    • Menciptakan Pasar Baru
    • Menyediakan Lapangan Kerja
    • Berkontribusi dalam Pendapatan Nasional

    Dengan adanya peran tersebut diharapkan pelaku UMKM dapat meningkatkan usahanya, salah satu upaya dalam membantu meningkatkan UMKM di Indonesia yaitu dengan menyediakan aplikasi yang dapat membantu pelaku UMKM.

    Aplikasi UMKM Dalam Membantu Perekonomian Indonesia


    aplikasi umkm
    www.bonum.id

    Aplikasi milik negeri yang bisa mewujudkan hal tersebut ialah Aplikasi BONUM. Bonum merupakan sebuah aplikasi POS (Point Of Sale) dari Telkom Indonesia yang paling mudah dan flexible untuk mengelola usahamu.

    Kamu juga tidak perlu belajar yang rumit mengenai hal-hal Point Of Sale kok. Karna melalui BONUM, Point Of Sale yang tersedia beda dari yang lainnya. Sehingga kamu tidak perlu belajar agar bisa menggunakan aplikasi ini.


    Fitur-fitur yang mudah dan sederhana pada aplikasi ini memang benar-benar disediakan sesuai kebutuhan kamu satu yang pasti yaitu semua kebutuhan akan transaksi digitalmu ada di BONUM. Ada 3 fitur utama yang ada di aplikasi BONUM yakni:

    Fitur Aplikasi BONUM

    • Bonum Kalkulator

    Ketika kamu bingung menetapkan harga untuk dimasukkan ke dalam menu kadang diperlukan sebuah kalkulator. Nah, apabila biasanya kamu menggunakan kalkulator biasa atau yang berbentuk fisik, mulai sekarang coba kamu tinggalkan dan beralih menggunakan BONUM karna disini terdapat fitur yang membantu kamu menghitung dan mencatat dengan cepat dan tepat penghasilanmu.

    • Bonum Cashless

    Bonum Cashless termasuk fitur yang keren nih sob, zaman sekarang jarang banget orang membeli suatu barang menggunakan uang tunai kebanyakan mereka sudah menggunakan uang digital. Kelemahan dari para pelaku UMKM adalah sebagian besar belum siap melayani pembayaran non tunai, tetapi sekarang kamu tidak perlu kuatir lagi.

    Sebab, dalam fitur Bonum Cashless pelanggan kamu bisa melakukan pembayaran dengan uang non tunai apapun mulai dari pecahan terkecil sampai terbesar yang ada di Indonesia.

    • Bonum Reporting

    Kamu tidak perlu capek menulis atau mengetik laporan penjualan produkmu lagi mau itu laporan penghasilan harian, mingguan, atau bulanan. Karna di aplikasi ini memiliki fitur Bonum Reporting, dimana kamu akan mendapatkan laporan pendapatan harian, mingguan, atau bulanan secara lengkap.

    "Tapi, saya kan juga butuh laporan berbentuk kertas sebagai arsip" tenang sob lewat fitur ini kamu bisa membagikan maupun mendownload laporan penghasilanmu. Jadi, kamu tidak perlu repot hanya untuk membuat laporan cukup didownload lalu kamu print deh laporan tersebut.

    Sebenarnya ada beberapa fitur yang lainnya namun kamu perlu membeli paket yang ada jika ingin memiliki fitur tersebut. Paket yang perlu kamu beli bila ingin membuka fitur lainnya terdiri dari 2 jenis, yaitu:

    Paket Aplikasi BONUM

    • Bonum Advance

    Selain fitur yang ada diatas 3 fitur tambahan lainnya dalam paket Bonum Advance ini seperti Mendukung bisnis PPOB, Modul Inventory, dan Support Bundling EDC. Paket ini harganya cukup terjangkau kok mulai dari Rp 60.000/bln.

    • Bonum Premium

    Kalo paket yang satu ini harganya sedikit agak tinggi yap meskipun harganya yang tergolong mahal mulai dari Rp 149.000/bln. Namun, fitur-fitur yang disediakan juga sangat lengkap seperti fitur tambahan ini Mendukung bisnis PPOB, Modul Inventory, Modul Loyalty Customer, Table Management, Modul HR, dan Bundling EDC / Mesin Kasir.

    Nah, itu dia fitur serta paket yang ada pada aplikasi BONUM. Sedikit penjelasan mengenai aplikasi ini bagaimana cara menggunakannya apakah memang benar mudah atau susah. Yuk, mari simak.

    Cara Menggunakan Aplikasi BONUM


    Download Aplikasi

    aplikasi bonum

    Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah dengan mendownload aplikasi BONUM di Playstore maupun Appstore.

    Daftar dan Login

    bonum

    bonum

    aplikasi bonum

    Selanjutnya kamu buka aplikasi tersebut, bila kamu belum memiliki akun silahkan klik Daftar Sekarang. Disini kamu diharuskan mengisi data:
    • Nama
    • Nama Usaha
    • Nomor Handphone
    • Email
    • PIN
    • Kode Referral (optional)
    Jika, data tersebut sudah selesai diisi semua lalu klik Daftar. Nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi pendaftaran berhasil dan silahkan login dengan memasukkan email/nomor handphone dan juga PIN yang sudah kamu buat.

    Halaman Dashboard

    aplikasi bonum

    Setelah login kamu akan masuk ke tampilan dashboard, pada tampilan ini terdapat 4 menu yaitu Menu Jualan, Hitung Manual, Laporan dan Bantuan. Selain itu kamu juga bisa melihat rincian total pemasukan hari ini di halaman dashboard.

    Menu Jualan

    aplikasi bonum
    bonum

    Dalam menu jualan ini kamu bisa menambahkan kategori menu dan juga produk dalam kategori tersebut. Saat menambah produk, kamu tinggal memasukkan nama produk, gambar produk, harga, dan apakah produk tersebut perlu stok apa tidak, lalu klik simpan.

    Hitung Manual

    bonum

    bonum

    Fungsinya mirip seperti kalkulator biasa tetapi hitung manual di aplikasi bonum berbeda karna dapat menyimpan transaksi dari perhitunganmu. Dari sini juga kamu bisa memilih metode pembayaran ada tunai dan non-tunai.

    Bila pelangganmu memilih non tunai kamu bisa memilih pembayaran melalui QRen dan tentunya kamu harus memiliki akun QRen terlebih dahulu. Setelah melakukan pembayaran maka otomatis saldo akan masuk ke dalam laporan keuangan dari hasil penjualan.

    Laporan

    Di menu laporan terdapat sub menu lainnya yaitu, laporan keuangan, barang terjual, dan paling laris.
    • Laporan Keuangan
    laporan keuangan bonum

    Laporan keuangan ini menurut saya sangatlah lengkap karna kamu bisa melihat pemasukan berdasarkan tanggal/rentang waktu harian, mingguan, atau bulanan. Dan kamu juga bisa melihat data, no. transaksi yang dilakukan pada tanggal yang dipilih, serta laporan keuangan ini bisa dibagikan atau diunduh dalam format pdf/excel.

    • Barang Terjual
    barang terjual bonum

    Pada menu barang terjual pun kamu bisa melihat barang-barang apa aja yang telah terjual dalam rentang waktu harian, mingguan, bulanan dan juga bisa dibagikan atau diunduh dalam format pdf atau excel.

    • Paling Laris
    paling laris bonum

    Hampir sama dengan menu barang terjual hanya saja perbedaannya terdapat pada barang paling laris berada di daftar paling atas atau diurutkan dari paling laku. Sedangkan menu barang terjual tidak diurutkan.

    Bantuan

    Mungkin kamu masih belum terlalu paham dari penggunaan aplikasi ini maka dari itu kamu bisa meminta bantuan mengenai pertanyaan seputar aplikasi ini dengan mengklik menu bantuan dan chat admin melalui whatsapp.

    Kesimpulan


    Dari penjelasan diatas sudah pasti aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi pelaku usaha UMKM guna meningkatkan produktivitas agar usahanya menjadi efektif dan berjalan lancar. Yoo, tunggu apalagi sob buruan download aplikasi umkm BONUM.id dari Telkom Indonesia dan kelola bisnismu supaya makin berkembang.

    Belum ada Komentar untuk "Aplikasi UMKM Milik Negeri Yang Membantu Perekonomian Indonesia"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel