Recent Post


    5 Cara Klaim Asuransi Mobil Termudah Sesuai Prosedur

    Cara Klaim Asuransi Mobil - Prosedur cara klaim asuransi mobil all risk sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen penting untuk mengajukan klaim asuransi. Jika proses dan dokumen kelengkapan yang dibutuhkan terpenuhi, maka kamu bisa langsung klaim asuransi mobil tersebut.


    Manfaat yang kamu dapatkan jika memiliki asuransi mobil ialah saat mobil kamu mengalami rusak baik itu rusak ringan seperti lecet hingga rusak berat kamu akan dilindungi dari segala resiko tersebut. Selain itu, manfaat dari perlindungan asuransi mobil lainnya seperti perlindungan terhadap bencana alam, hingga kerusuhan massa.

    cara klaim asuransi mobil

    Dengan membeli polis asuransi mobil ini juga membuat kamu sedikit lebih nyaman karna mendapatkan perlindungan finansial. Kamu akan mendapat ganti rugi maupun klaim asuransi tersebut ketika kamu mengalami kecelakaan dan mobil kamu rusak baik itu ringan, sedang, hingga berat.

    Sebelum membeli asuransi mobil kamu perlu ketahui dulu jenis asuransi mobil agar kamu lebih yakin memilih asuransi mobil terbaik. Karna tidak semua asuransi mobil yang memberikan jaminan proteksi yang sama. Oleh karena itu, pentingnya untuk mengetahui jenis asuransi mobil yang kamu miliki.

    Berikut ini macam-macam asuransi mobil khususnya yang ada di Indonesia:

    • Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only)
    Asuransi TLO merupakan jenis asuransi mobil yang hanya memberikan klaim apabila mobil yang kamu asuransikan mengalami kerusakan sekitar 75% atau lebih. Jika mobil tersebut mengalami kerusakan kurang dari 75% kemungkinan tidak bisa mengajukan klaim.

    Meskipun syaratnya cukup berat tetapi masih banyak kok yang menggunakan asuransi TLO ini karena harga premi nya yang terjangkau. Namun, perlu kamu ketahui tidak semua mobil bisa mendapatkan asuransi ini.

    • Asuransi Mobil All risk
    Berbeda dengan TLO, asuransi mobil all risk merupakan asuransi yang memberikan perlindungan penuh terhadap resiko yang terjadi pada mobilmu. Mulai dari kerusakan ringan sampai berat kamu tetap bisa mengajukan klaim termasuk mobil lecet.

    Hampir semua yang memiliki mobil menggunakan asuransi ini. Akan tetapi, hal ini tentu berbanding lurus dengan harga premi yang kamu bayarkan. Belum lagi untuk biaya perluasan pertanggungannya untuk All risk sebesar 0,05% dan untuk TLO sebesar 0,35%.

    Sekarang kamu sudah mengetahui jenis-jenis asuransi mobil dan kamu bisa tentukan asuransi manakah yang cocok untuk kamu ambil. Lalu, bagaimana cara klaim asuransi mobil lecet dan cara klaim asuransi mobil all risk?

    Cara Klaim Asuransi Mobil Sesuai Prosedur


    Berikut ini cara klaim asuransi mobil agar tidak ditolak dan paling mudah untuk kamu ikuti:

    1. Foto Kondisi Mobil


    Hal yang perlu kamu lakukan pertama kali jika ingin mengklaim asuransi mobil iala memfoto kondisi mobilmu yang mengalami kerusakan ataupun lecet. Setelah mendokumentasikan mobilmu kirimkan hasil foto tersebut ke pihak asuransi dan berikan informasi terkait kondisi mobilmu.

    2. Persiapkan Dokumen Yang Dibutuhkan


    Prosedur selanjutnya adalah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim asuransi diantaranya yaitu, fotokopi STNK, fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM, surat keterangan polisi, formulir klaim asuransi. Siapkan dokumen tersebut sebelum menghubungi pihak asuransi agar proses klaim berjalan lancar.

    Apabila kamu mengalami kerusakan mobil yang disebabkan oleh pihak ketiga jangan lupa untuk memasukkan dokumennya. Untuk dokumen apa saja kamu bisa menghubungi pihak asuransi mobil yang kamu miliki.


    3. Hubungi Kantor Asuransi


    Sebelum kamu mendatangi kantor asuransi sebaiknya hubungi kantornya terlebih dahulu. Kamu bisa menelponnya atau mengirim email berikan informasi bahwa kamu akan datang ke kantor untuk mengajukan klaim asuransi.

    4. Mengisi Formulir


    Setelah mendatangi kantor asuransi kamu akan diberikan formulir dan isilah formulir yang diberikan oleh pihak asuransi tersebut. Kamu bisa memberikan informasi mengenai alasan kamu mengajukan klaim ini agar pihak asuransi mengetahui penyebab yang sebenarnya.

    5. Datang Ke Bengkel Rekanan Pihak Asuransi


    Datangi bengkel rekanan asuransi mobilmu dan mengisi formulir yang disediakan di bengkel tersebut. Formulir tersebut biasanya terkait pengajuan klaim, bila pengajuanmu disetujui maka kamu bisa memperbaiki mobilmu dibengkel tersebut.

    Kesimpulan


    Demikian bagaimana cara klaim asuransi mobil agar diterima dengan mudah. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah diatas untuk mengajukan klaim asuransi dan jangan lupa untuk melampirkan bukti atau dokumentasi terhadap kondisi mobilmu. Share artikel ini ke temanmu yang belum tahu cara mengajukan klaim asuransi mobil.

    Belum ada Komentar untuk "5 Cara Klaim Asuransi Mobil Termudah Sesuai Prosedur"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close