Recent Post


    5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Renovasi Rumah

    Renovasi Rumah - Melakukan pembangunan ulang atau renovasi rumah haruslah dilakukan meski tidak wajib, akan tetapi hal ini sangatlah penting. Ketika melihat kondisi bagian rumah yang mulai rusak bukan tidak mungkin untuk melakukan renovasi.


    Namun, tidak jarang juga ada yang melakukan renovasi rumah bukan karna kondisi rumah yang sudah tidak baik melainkan karna sudah bosan dengan bentuk atau desain rumah dan menginginkan suasana baru. Renovasi ini terbagi menjadi dua yaitu renovasi sebagian dan renovasi total.

    hal yang perlu diperhatikan saat renovasi rumah

    Renovasi sebagian seperti yang sudah dikatakan tadi karna ada bagian rumah yang mengalami kerusakan atau hal-hal yang bersifat minim pembangunan. Sedangkan renovasi total seperti membangun rumah dari awal lagi dengan mengubah struktur, bentuk, desain rumah.

    Pada dasarnya kegiatan ini memang tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Karna biaya yang dikeluarkan cukup banyak dan memakan waktu yang panjang kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting saat renovasi rumah.

    Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Renovasi Rumah


    Bagi kamu yang berencana untuk melakukan pembangunan ulang atau renovasi rumah. Perhatikan beberapa hal penting yang perlu kamu pertimbangkan sebelumnya.

    1. Tentukan Anggaran Yang Perlu Dikeluarkan


    Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum renovasi rumah yaitu menentukan anggaran terlebih dahulu. Menentukan anggaran ini sangat penting agar selama renovasi tidak ada biaya-biaya tidak terduga yang akan dikeluarkan.

    Buatlah estimasi biaya pembangunan termasuk biaya bahan, biaya tukang bangunan, biaya desain, dan lain-lain. Susunlah anggaran tersebut secara detail jangan sampai ada yang tertinggal baik renovasi sebagian ataupun renovasi total.

    Biasanya untuk estimasi biaya ini lebihkan 10-20% untuk jaga-jaga ada biaya yang memang tidak terduga. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir akan ada pembengkakan anggaran lagi nantinya.

    2. Tentukan Bagian Yang Ingin Direnovasi


    Selain membuat anggaran kamu juga harus menentukan tujuan dari renovasi ini. Misalnya kamu hendak merapihkan kamar tidur, maka bagian kamar tidur saja yang dilakukan renovasi dan dibuatkan anggaran.

    Karna pada saat renovasi sedang berlangsung bisa saja kamu berkeinginan mengubah bagian yang lain. Hal ini tentu akan membuat rencana yang sudah ditentukan akan berantakan termasuk anggaran tadi.


    3. Memilih Bahan Material Terbaik


    Setelah kamu menentukan bagian rumah yang ingin diperbaiki apa saja dan sudah membuat estimasi biayanya, hal yang harus kamu lakukan sekarang yaitu memilih bahan material yang bagus.

    Bahan material yang bagus bertujuan untuk memperkokoh bangunan agar kuat hingga 5 sampai 10 tahun mendatang sehingga kamu tidak perlu renovasi dalam waktu dekat lagi.

    Ingat ya, bahan yang bagus bukanlah bahan yang mahal jadi jangan tertipu tampilannya saja. Pikirkan juga kualitas dari bahan material dan cocok atau tidaknya dengan bagian rumah yang kamu perbaiki.

    4. Menggunakan Jasa Renovasi Rumah


    jasa renovasi rumah

    Agar proses perbaikan rumah terjamin aman dan berjalan lancar disarankan untuk menggunakan jasa renovasi rumah. Bagi kamu seseorang yang cukup sibuk dan tidak sempat membuat perencanaan anggaran bisa banget untuk berkonsultasi dengan jasa renovasi ini dengan senang hati mereka akan membuatkan rencana anggaran yang dikeluarkan.

    Akan tetapi, kamu juga harus hati-hati dalam memilih jasa ini. Selektiflah dalam memilih terutama mencari jasa yang profesional agar kamu tidak menyesal nantinya.

    5. Pahami Struktur Bangunan Lama


    Bersama dengan si jasa ini kamu perlu berkomunikasi dalam melakukan perbaikan. Terutama dalam hal apa saja bagian yang masih bisa dipertahankan dan yang tidak. Perhatikan juga apakah desain yang kamu buat bisa menyatu dengan struktur bangunan lama atau tidak.

    Kesimpulan


    Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat renovasi rumah agar berjalan dengan lancar dan sesuai keinginan. Pastikan hal-hal diatas sudah kamu lakukan ya, jangan lupa share artikel ini ke temanmu semoga informasi ini bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Renovasi Rumah"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close