Recent Post


    Fungsi Dan Tujuan Asuransi Paling Utama

    Fungsi Asuransi - Kamu pasti pernah ditawari untuk membeli berbagai asuransi seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan lain-lain. Meski mendapat banyak tawaran tersebut kamu tidak langsung menerimanya.


    Sebab, alasan utama seseorang belum melakukan pendaftaran asuransi karna takut tertipu atau ada yang belum tahu arti dari asuransi itu sendiri. Wajar sih jika seseorang beralasan tersebut karna sekarang ini marak sekali penipuan yang mengatasnamakan asuransi.

    fungsi dan tujuan asuransi

    Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa itu asuransi dan fungsi serta tujuannya bagi diri sendiri. Berikut ini saya akan memberikan penjelasan mengenai hal tersebut agar bisa menambah pengetahuan kamu dan semakin yakin untuk melakukan asuransi.

    Apa Itu Asuransi


    Asuransi adalah sebuah perjanjian antara perusahaan asuransi dengan nasabah (pemegang polis) yang menjadi dasar bahwa perusahaan asuransi bersedia menanggung sejumlah uang kerugian yang diakibatkan oleh suatu hal kepada pemegang polis setelah pemegang polis menyetujui pembayaran premi.

    Premi yang dibayarkan oleh pemegang polis kepada perusahaan asuransi bervariasi tergantung dari jenis asuransi yang diambil dan perusahaan asuransinya. Ada perusahaan asuransi yang mengharuskan pemegang polis membayar premi sebulan sekali dan ada juga yang sesuai dengan ketentuan perusahaan asuransi tersebut.

    Asuransi tidak semata-mata menanggung sejumlah uang atas kerugian atau kejadian yang dialami oleh pemegang polis saja. Lebih dari itu ada beberapa fungsi dan tujuan pentingnya mengambil asuransi.

    Fungsi dan Tujuan Asuransi Yang Paling Penting


    Fungsi asuransi itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu primer (utama) dan sekunder (tambahan). Berikut ini fungsi-fungsinya:

    Fungsi Utama Asuransi


    1. Asuransi Memberikan Kepastian

    Fungsi utama dalam asuransi yaitu dapat memberikan sebuah kepastian pembayaran pada ketidakpastian kerugian. Maksudnya adalah ketika pemegang polis mengalami hal yang tidak terduga dalam hal ini kecelakaan, kerusakan, kesehatan, dan lain-lain serta mendapatkan kerugian.

    Maka, pihak asuransi akan memberikan jaminan kepastian pembayaran atau ganti rugi tersebut karna pemegang polis telah membayar premi. Sehingga pemegang polis terbebaskan dari masalah tersebut.

    2. Penghimpunan Dana

    Penghimpunan dana ini bersumber dari pemegang polis yang membayar premi dan dikelola sedemikian rupa oleh pihak asuransi agar dapat berkembang. Dimana dana ini akan digunakan kepada seseorang yang memiliki musibah untuk membayar kerugian yang mungkin sedang dialami.

    3. Keseimbangan Premi

    Keseimbangan premi ini adalah perusahaan asuransi akan mengatur sedemikian rupa agar pembayaran premi seimbang dan wajar dengan resiko yang ditanggung. Sehingga antara pihak asuransi dan pemegang polis tidak merasa dirugikan. Untuk besar kecilnya premi yang dibayarkan dihitung berdasarkan nilai tarif premi yang dikalikan nilai pertanggungan.


    Fungsi Sekunder Asuransi


    1. Mencegah Kerugian

    Asuransi bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang terlibat agar dapat mencegah kerugian. Dimana asuransi ini membantu secara finansial kepada organsisasi kesehatan, pendidikan, pemadam kebakaran, atau organisasi lain yang bergerak dalam mencegah kerugian akibat kematian atau kerusakan.

    2. Memajukan Ekonomi

    Asuransi dapat melindungi masyarakat dari sebuah kerugian besar seperti kehancuran, kerusakan, yang mana asuransi memberikan inisitaif untuk bekerja keras demi kemajuan massa.

    Tujuan Asuransi


    • Pemberi jaminan perlindungan dari kepada pemegang polis dari resiko-resiko atau kejadian tidak terduga
    • Pemegang polis tidak perlu khawatir akan ribetnya mengurus perlindungan secara khusus pengawasan dan pengamanan. Karna pihak asuransi memiliki tujuan dalam meningkatkan efisiensi sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, dan waktu
    • Pemerataan biaya dimana pemegang polis hanya mengeluarkan biaya tertentu saja dan tidak perlu membayar atau ganti rugi sendiri terhadap kerugian yang timbul dengan jumlah yang tidak pasti
    • Sebagai tabungan, tetapi hal ini berlaku untuk asuransi jiwa karna jumlah yang kamu bayar kepada pihak asuransi akan dikembalikan dalam jumlah yang besar

    Kesimpulan


    Nah, itulah fungsi dan tujuan asuransi paling utama. Semoga dengan adanya artikel ini dapat meyakinkanmu untuk mengambil sebuah asuransi ya guys karna manfaat asuransi yang begitu banyak. Jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    1 Komentar untuk "Fungsi Dan Tujuan Asuransi Paling Utama"

    1. Wow terbaik om artikel dan templatenya bagus bgt, enak dibaca dan enak dipandang.

      https://www.sukadibaca.com/

      BalasHapus

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close