Recent Post


    3 Tips Jitu Menghindari Copyright Youtube Agar Tidak Dollar Kuning

    Copyright Youtube - Youtube sebagai platform media sosial terbesar di dunia memiliki kebijakan yang sangat ketat khususnya dalam hal hak cipta. Para kreator Youtube tidak bisa sembarangan dalam mengupload video di channel mereka. Sekalipun kreator tersebut membuat video tanpa menjiplak, tapi masih tetap bisa kena Copy Strike Youtube.


    Mungkin bagi kreator yang telah lama terjun ke dunia Youtube sudah paham akan hal ini. Namun, bagi kreator pemula pasti masih bingung kenapa video yang mereka upload masih terkena copyright padahal video yang dibuat sesuai ketentuan salah satunya adalah asli tidak menjiplak karya orang lain.

    cara menghindari copyright youtube

    Seperti yang kita ketahui apabila channel youtube telah di monetize dan video yang telah diupload terkena copyright maka akan mendapatkan dollar kuning yang artinya kamu tidak mendapatkan penghasilan dari video tersebut.


    Ada beberapa jenis karya yang terikat atau dapat melanggar hak cipta diantaranya yaitu:
    • Karya audio-visual, misalnya acara TV, film, dan video online
    • Rekaman suara dan musik
    • Karya tulis, misalnya bahan kuliah, artikel, buku, dan komposisi musik
    • Karya visual, misalnya lukisan, poster, dan iklan
    • Video game dan software komputer
    • Karya dramatis, misalnya drama dan musikal

    Dari berbagai jenis karya hak cipta diatas umumnya para pemilik hak cipta memiliki hak untuk memberikan izin untuk menggunakan karyanya. Jika pemilik hak cipta memberikan izin maka video yang kamu buat mengenai si pemilik hak cipta tersebut tidak akan mendapatkan dollar kuning. Sebaliknya jika tidak diizinkan otomatis kamu terkena strike copyright.

    Dampak Video yang Terkena Pelanggaran Hak Cipta


    dampak video terkena copyright


    Tidak hanya dapat dollar kuning, tapi video yang terknea copyright strike juga akan mengalami beberapa hal yang buruk seperti:
    • Video akan dimute, meski begitu video tetap ada hanya saja audionya dihilangkan apabila terindikasi melanggar hak cipta
    • Video diblokir, hal lebih parah dari video dimute yaitu video akan diblokir bisa untuk sebagian negara ataupun permanen bahkan jika pelanggaran tergolong berat channel kamu bisa-bisa terkena banned/suspend
    • Video tidak bisa dimonetisasi, sudah pasti jika video terkena strike copyright tidak akan bisa dimonetisasi dapat dikatakan seluruh royalti pada video tersebut nantinya akan diberikan ke pemegang hak cipta


    Cara Menghindari Copyright Youtube dengan Mudah


    Lalu bagaimana cara menghindari copyright youtube ini? Pasti banyak sekali dalam pikiran kamu yang bertanya mengenai hal tersebut. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk menghindari pelanggaran hak cipta youtube. Yuk, simak artikelnya dibawah ini:

    1. Buat Video Original



    Tips pertama yaitu dengan membuat video asli karya sendiri tanpa ada unsur menjiplak dari karya orang lain. Maksudnya adalah ide mungkin sama tapi eksekusi atau hasil yang diharapkan berbeda dari orang lain. Dengan begitu bisa dikatakan video kamu tidak mengandung unsur jiplak meski ide tentang video itu sama.

    2. Gunakan Audio No Copyright


    Jika kamu membuat video dan ingin menambahkan backsound pada videonya usahakan pakai audio yang tidak mengandung copyright. Loh emang ada audio no copyright? Tentu ada guys, kamu bisa kunjungi Youtube Audio Library. Disana semua audio gratis bisa kamu gunakan tanpa takut kena copyright.

    Atau kamu ingin menggunakan lagu lain maka bisa kunjungi channel NCS (Non Copyright Song). Audio disana bisa kamu download secara gratis dan tidak kalah dengan audio yang memiliki hak cipta juga kok.


    3. Jangan Reupload Video Milik Orang Lain


    Jangan pernah me-reupload video punya orang lain ya apalagi video yang kamu reupload memiliki hak cipta. Tapi, hal seperti ini bisa diminimalisir yaitu kamu jangan mengambil seluruhnya video tersebut melainkan beberapa bagian saja untuk ditempatkan di video yang akan kamu buat.

    Penggunaan kembali video ini masih dianggap wajar oleh pihak youtube dan tidak melanggar hak cipta selama kamu mematuhi kategori Fair Use. Namun, kemungkinan ini sangat kecil karna youtube sendiri memiliki algoritma dan keamanan sangat ketat terhadap masalah seperti ini.

    Nah, itulah beberapa tips dan cara menghindari video copyright youtube. Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasinya sekarang kamu sudah bisa mengetahui apakah video yang diupload nanti akan terkena dollar kuning atau tidak. Semoga informasi ini bermanfaat ya guys, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "3 Tips Jitu Menghindari Copyright Youtube Agar Tidak Dollar Kuning"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel