Recent Post


    5 Tools Terbaik untuk Cek Kecepatan Website

    Cek Kecepatan Web - Saat menjelajahi internet tentunya kamu lebih mencari informasi di website yang memiliki performa loading sangat baik. Hal ini menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan oleh semua pemilik website agar pengunjung betah berlama-lama disana.


    Oleh karena itu perlu adanya sebuah optimasi pada website tersebut. Saat ini ada banyak tools maupun cara optimasi website yang bisa dilakukan guna menguji kecepatan blog atau web. Sehingga pemilik website dapat mengetahui kekurangan dan bisa memperbaikinya.

    tools gratis cek kecepatan website

    Karna website atau blog yang baik tidak hanya dilihat dari satu sisi entah itu tampilan atau tulisan, tapi juga harus memperhatikan sisi kecepatan ini. Kelebihan apabila kamu memiliki website loading super cepat diantaranya yaitu:
    • Pengunjung betah berlama-lama di websitemu sehingga dapat mengurangi angka bounce rate
    • Dengan loading yang cepat maka tidak menutup kemungkinan ranking websitemu akan menjadi tinggi dimata mesin pencari
    • Mempengaruhi nilai SEO suatu situs


    Dengan kelebihan tersebut bukan tidak mungkin website atau blogmu dapat bersaing dengan situs besar lainnya untuk mencapai halaman pertama. Nah, pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tools terbaik untuk cek kecepatan website agar kamu dapat mengetahui kekurangan situsmu dan mengoptimasinya.

    5 Tools Terbaik Cek Loading Website


    Dari sekian banyak tools maupun situs untuk melihat performa website. Saya merangkum 5 tools gratis yang bisa kamu gunakan untuk cek kecepatan situs. Penasaran? Simak pembahasannya dibawah ini:

    1. GTmetrix


    gtmetrix

    Situs cek kecepatan website terbaik dan cukup banyak digunakan ialah GTmetrix. GTmetrix dapat memberikan analisa lengkap mengenai situsmu seperti analisa performa, structure code, dan keseluruhan konten. Selain itu, tools ini bisa mengidentifikasi masalah di situsmu yang menyebabkan performa menjadi lambat.

    Cara menggunakan GTmetrix cukup mudah yaitu buka situs GTmetrix.com lalu masukkan URL websitemu tunggu sampai website selesai dianalisa dan kamu bisa melihat hasilnya. Kamu juga tidak perlu khawatir karna tools ini gratis untuk digunakan jadi kamu bebas mengaksesnya.

    2. Pingdom


    pingdom


    Selanjutnya ada tools bernama Pingdom dimana tools ini mampu memonitoring situs secara menyeluruh. Pingdom memiliki kepopuleran dalam hal menganalisa kecepatan web yang tidak kalah dengan GTmetrix terbukti bahwa klien yang pernah mereka tangani yaitu Facebook, Spotify, Twitter, dan Pinterest.

    Pingdom bisa digunakan secara gratis hanya saja fitur yang ada pada mode gratis ini terbatas. Jika kamu ingin membuka fiturnya bisa berlangganan tools ini sehingga dapat melihat analisa seperti uptime monitoring, page speed monitoring, transaction monitoring, visitor insight, dan server monitoring.


    3. Google PageSpeed Insight


    pagespeed insight


    Google ternyata merilis tools yang berfungsi untuk mengecek kecepatan website bernama Google PageSpeed Insight. Tidak hanya memberikan skala penilaian kecepatan saja tapi tools ini juga sangat berguna karna dapat memberikan saran untuk meningkatkan kualitas UX websitemu.

    Mungkin tools ini tidak sepopuler tools sebelumnya. Namun, untuk kualitas pengecekan tidak kalah bagus kok dengan yang diatas terutama bagi pemilik website bisnis baik skala kecil, menengah, maupun besar sekalipun.

    4. WebPageTest


    webpage test

    Tools atau situs lainnya untuk cek loading website ialah WebPageTest. Tools ini mampu melakukan tes kecepatan melalui berbagai lokasi di seluruh dunia. Lebih dari itu WebPageTest juga menyediakan fitur menarik diantaranya adalah capture video, pemblokiran konten, perbandingan first view dengan repeat view, mengubah kecepatan koneksi, dan lain-lain.

    5. KeyCDN Website Speed Test


    keycdn website


    KeyCDN Website dapat melakukan uji coba kecepatan website secara gratis dan sangat praktis. Hasil dari analisa tersebut berupa ringkasan halaman yang diperiksa seperti request (GET/POST), status kode HTTP, tipe file, ukuran konten, waktu tunggu/terima, total waktu download, dan lain-lain.

    Demikian beberapa rekomendasi tools gratis untuk cek kecepatan website yang bisa kamu gunakan. Semoga informasi ini bermanfaat ya guys, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "5 Tools Terbaik untuk Cek Kecepatan Website"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel