Recent Post


    12 Plugin Wordpress Terbaik Yang Wajib Diinstall

    Plugin Wordpress Terbaik - Wordpress merupakan salah satu platform pembuatan website terpopuler sampai saat ini. Bagi seorang blogger pastinya tidak asing lagi dengan CMS yang satu ini, sebab wordpress memberikan kemudahan bagi para penggunanya terutama untuk seorang pemula.


    Ditambah lagi dengan adanya sebuah tambahan program atau kode software yang dikenal dengan istilah plugin. Plugin pada wordpress berfungsi untuk memberikan fitur-fitur terbaik pada website atau blog penggunanya. Sehingga untuk menambahkan berbagai fitur yang dibutuhkan pada website kamu bisa memasang plugin.

    Plugin yang tersedia di wordpress hampir keseluruhan gratis dan sampai saat ini terdapat lebih dari 50 ribu jenis plugin. Untuk plugin gratis kamu hanya tinggal install plugin tersebut dengan mengikuti arahan dari pengembangnya saja. Namun, ada juga beberapa plugin yang berbayar biasanya plugin berbayar ini dapat lebih meningkatkan fungsionalitas sebuah website.

    plugin wordpress terbaik gratis

    Plugin wordpress terbagi lagi menjadi beberapa kategori diantaranya yaitu plugin keamanan, plugin seo, plugin antispam, plugin backup file, plugin sosial media, plugin wocommerce, dan lain-lain. Jika kamu masih bingung harus memasang plugin apa saja agar website yang kamu miliki mempermudah pengguna saat melakukan navigasi pada website. Berikut ini rekomendasi plugin wordpress gratis terbaik.

    1. Rank Math


    Rankmath merupakan salah satu plugin seo wordpress terbaik yang bisa kamu gunakan pada websitemu. Plugin ini sangat bermanfaat terutama bagi seorang content writer yang selalu menulis artikel dengan standar seo. Fitur yang terdapat pada rankmath dapat memudahkan kamu membuat artikel yang sesuai dengan rekomendasi google sehingga bisa meningkatkan kualitas dari artikel tersebut di pencarian google.

    Sayangnya jika kamu ingin menggunakan plugin ini kamu perlu membayarnya. Meskipun plugin ini berbayar jangan khawatir karna sesuai kok dengan apa yang akan kamu dapatkan nantinya. Sebab, tujuan utama plugin ini sangat membantu pengguna mendapat ranking di halaman hasil pencarian.

    2. Yoast SEO


    Selain rankmath ada satu lagi plugin seo terbaik untuk wordpress yaitu Yoast seo. Berbeda dengan rankmath, yoast seo bisa kamu gunakan pada versi gratisnya. Fungsinya sama yaitu bertujuan untuk meningkatkan rangking halaman di mesin pencarian dengan mengoptimasi setiap keyword yang ada.

    Fitur pada yoast sangat lengkap sehingga memudahkanmu membuat sebuah artikel dengan standar seo yang tinggi agar kamu bisa mengetahui kekurangan dari artikel yang kamu buat. Tidak hanya itu kamu juga bisa menganalisa halaman lain yang memiliki kekurangan dari sisi seo nya.

    3. W3 Total Cache


    Bagi para user performa merupakan salah satu faktor penting ketika mereka mengunjungi sebuah website. Website yang memiliki performa atau kecepatan sangat lambat otomatis banyak yang tidak menyukainya sehingga belum juga membaca tulisan pada website tersebut mereka sudah keluar.

    Hal ini akan mempengaruhi bounce rate dari website tersebut, semakin besar bounce rate menandakan website itu mendapatkan nilai yang buruk di mesin pencari dan otomatis akan susah mendapatkan hasil yang bagus pada ranking google.

    Cara mengatasi performa yang lambat pada website yaitu kamu memerlukan sebuah plugin bernama w3 total cache. Plugin ini membantu untuk membersihkan cache yang ada pada sebuah website yang berguna untuk meningkatkan loading website menjadi lebih cepat.

    4. Schema.org Rich Snippet


    Pernah mendengar kata snippet? Snippet ituloh jika kamu mencari sebuah keyword lalu hasil pencarian terdapat sebuah rating, baik bintang maupun structured content. Rich snippet ini sangat berguna khususnya para blogger karna dapat meningkatkan CTR website mereka karna hasil pencarian dapat ditemukan dengan mudah dengan adanya snippet.

    Namun, tidak semua website bisa mendapatkan hadiah snippet ini dari mesin pencari. Sebab, banyak pertimbangan bagi mesin pencari untuk memberikan snippet ini ke website-website. Walaupun begitu ada cara agar kamu bisa mendapatkan snippet ini yaitu dengan menggunakan plugin schema rich snippet.

    5. WooCommerce


    Bagi kamu yang memiliki website penjualan atau toko online, wajib banget untuk memasang plugin woocommerce. Plugin ini sangat populer dan bisa dikatakan plugin terbaik saat ini untuk toko online, sebab kamu bisa melakukan penjualan, memproses pesanan, dan mengecek persediaan produk dengan mudah.

    Terdapat berbagai layanan menarik dan juga gratis yang diberikan oleh woocommerce. Salah satunya mendukung berbagai metode pembayaran, menganalisa marketing campaign, dan fitur menarik lainnya.


    6. Akismet Anti Spam


    Tidak bisa dihindari aktivitas spam terhadap website-website sekarang ini sangatlah tinggi. Aktivitas spam yang biasa dilakukan salah satunya dengan membuat komenan yang mengandung link dengan kualitas buruk sehingga dapat menurunkan kualitas website yang diberi spam.

    Pada dasarnya aktivitas ini memang tidak bisa dikendalikan. Namun, kamu tetap bisa mengatasinya dengan memasang plugin antispam yang bernama akismet. Akismet akan melakukan filter terhadap komen yang mengandung spam agar bisa langsung dihapus.

    7. Classic Editor


    Selanjutnya ada plugin classic editor dimana plugin ini berguna untuk memudahkan para pemula ketika mulai membuat post. Tampilan yang sederhana dan fitur yang dimiliki sangat lengkap membuat orang lebih memilih menggunakan classic editor dibanding editor bawaan. Selain itu juga pasti ada faktor nyaman ketika menggunakan tampilan editor yang simple ini.

    8. MonsterInsights


    Tujuan utama seseorang membuat website tentunya ingin mendapatkan trafik pengunjung. Nah, trafik ini berfungsi untuk menganalisa data informasi berbentuk apapun untuk menyesuaikan strategi pada website guna meningkatkan hasil yang lebih maksimal.

    Untuk mendapatkan data trafik pengunjung website sebenarnya bisa kamu dapatkan dengan mudah. Salah satunya menggunakan plugin yang terintegrasi dengan google analytics yaitu monsterinsights. Plugin ini mampu memberikan data-data yang cukup akurat dalam melacak informasi pengunjung.

    9. All In One WP Security


    Keamanan merupakan faktor yang penting ketika kamu memiliki sebuah website apalagi website tersebut adalah website yang besar. Sekarang ini aktivitas seperti deface ataupun hacking masih sering terjadi dan tidak ada yang bisa mengendalikannya baik untuk website kecil maupun besar.

    Untuk memberikan rasa aman kepada website kamu perlu memberikan suatu bentuk pertahanan. Plugin yang bisa menjaga keamanan website terpopuler saat ini yaitu all in one wp security. Plugin ini mampu menjaga dan memberi informasi kepada pemilik jika ada aktivitas yang mencurigakan seperti upaya login dari perangkat asing.

    10. Accelerated Mobile Pages


    Kecepatan loading website sangatlah berpengaruh terhadap pengunjung. Oleh karena itu, kebanyakan pengunjung lebih memilih mengunjungi website dengan loading yang super cepat. Untuk membuat website memiliki loading yang cepat biasanya mereka menggunakan AMP.

    AMP atau Accelerated Mobile Pages bisa kamu dapatkan dari tema yang digunakan atau juga bisa menggunakan plugin Accelerated Mobile Pages. Jika plugin tersebut sudah diaktifkan, maka di artikel pada halaman pencarian akan muncul tanda petir dan otomatis loading website kamu akan menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

    11. AddTo Any Share Buttons


    Sering membagikan postingan ke sosial media dengan cara copy-paste link artikel? Sudah tidak jaman guys. Karena sekarang kamu bisa membagikan artikel hanya dengan sekali klik tanpa menyalin link caranya dengan menggunakan plugin sosial media bernama AddTo Any Share Buttons.

    Plugin ini memiliki beragam sosial media yang terbilang hampir lengkap dibandingkan plugin serupa. Baik kamu maupun pengunjung bisa membagikan artikel ke sosial media masing-masing secara langsung. Tentunya hal ini berguna untuk meningkatkan trafik pengunjung dari media sosial.

    12. ShortPixel Image Optimizer


    Plugin wordpress gratis terakhir yang dapat membantu kamu terutama dalam mengatasi masalah besarnya ukuran gambar yaitu shortpixel image optimizer. Plugin ini berfungsi untuk mengoptimasi foto yang dianggap memiliki size atau ukuran cukup besar sehingga size foto tersebut bisa dikecilkan.

    Sebab, jika dalam 1 artikel saja terdapat 5 gambar dengan ukuran gambar yang besar tentu dapat membuat loading menjadi lambat. Meskipun kamu telah menggunakan plugin amp, caching, dan lain-lain yang bisa membuat loading jadi cepat.

    Kesimpulan


    Demikianlah, beberapa plugin wordpress terbaik gratis yang wajib banget kamu install. Jangan sampai ada satu plugin dari yang telah disebutkan diatas tidak kamu pasang. Mungkin jika ada plugin yang lebih baik lagi bisa komen dibawah agar orang lain juga ikut menggunakannya. Semoga informasi ini bermanfaat ya guys, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "12 Plugin Wordpress Terbaik Yang Wajib Diinstall"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel