Recent Post


    Ikuti Tips Desain CV Yang Menarik Ini Agar Mudah Diterima Kerja

    Tips Desain CV Menarik - CV (Curriculum Vitae) merupakan gerbang awal bagi kamu yang hendak melamar kerja memperkenalkan diri kepada hrd. Sebenarnya tidak ada standar khusus mengenai bentuk cv yang baik dan benar agar kamu cepat dipanggil interview.


    Tapi bagi sebagian recruiter dan juga posisi yang dilamar, bentuk cv memiliki peran penting untuk mereka mencari kandidat yang cocok untuk perusahaan. Walaupun itu hanya sebagai sebuah daya tarik pertama kali saja karena yang utama akan dilihat oleh recruiter adalah kemampuan bukan bagus atau tidaknya bentuk cv.

    contoh cv menarik

    Namun, tidak ada salahnya juga jika kamu ingin membuat cv yang menarik. Bikin cv yang menarik itu mudah kok, apalagi sekarang ini sudah banyak template cv dan surat lamaran kerja yang siap edit. Template dan surat lamaran tersebut uniknya dibuat hanya menggunakan microsoft word aja loh.

    Tidak perlu menggunakan software desain, cukup menggunakan microsoft word aja kamu bisa membuat cv dengan bentuk yang unik. Hal ini juga bisa kamu jadikan usaha sampingan loh, apalagi di masa pandemi ini pasti banyak yang lagi cari kerja. Kira-kira cara desain cv yang menarik ini seperti apa sih? Yuk, simak beberapa tipsnya dibawah ini.

    1. Gunakan Ukuran Kertas Standar


    Umumnya ukuran standar pembuatan cv yaitu menggunakan ukuran kertas A4. Jangan membuat cv di bawah ukuran tersebut karena pastinya akan kurang terlihat jelas dan jika isinya banyak akan membuat banyak halaman sehingga cv menjadi kurang menarik.


    Untuk membuat ukuran A4 di microsoft word sangat mudah kamu bisa klik Page Layout, lalu pilih Size, dan pilih Ukuran A4.


    2. Buat Pembatas Tiap Bagian


    Sebelum membuat cv ini kamu perlu tahu apa saja format cv lamaran kerja yang baik dan benar. Didalam format tersebut terdapat beberapa data, seperti foto, biodata, pengalaman kerja, kemampuan, sertifikat, dan lain-lain.

    Nah, masing-masing data itu tentu berada ditempat yang berbeda-beda, ada yang disisi kiri, kanan, atas, maupun bawah. Oleh karena itu agar mudah dibaca buat pembatas pada masing masing bagian tersebut. Masih bingung pembatasnya seperti apa? Lihat contoh gambar dibawah kira-kira seperti ini yang dimaksud dengan pembatas.

    desain cv menarik

    3. Mulai Berimajinasi


    Kata menarik bagi setiap orang berbeda-beda, jadi berimajinasilah sesuai dengan kreatifitasmu. Mulai dari menentukan warna, membuat tata letak, dan penambahan tekstur. Kamu bisa menggunakan shape pada bagian tertentu untuk memberi kesan yang lebih.

    Jika merasa penggunaan shape seperti lingkaran dan kotak sudah sangat biasa, kamu boleh saja menambahkan beberapa icon yang sesuai dengan isi pada cv. Tapi penggunaan icon ini jangan terlalu banyak, cukup pada bagian penting saja.


    4. Lengkapi Data CV


    Terakhir yang paling terpenting dari cv yang telah kamu buat menarik ialah data didalamnya haruslah lengkap. Sebelumnya kamu telah membuat pembatas dan berimajinasi dalam menaruh sebuah tata letak, sekarang di masing-masing tata letak isi data yang sesuai.

    Tulislah selengkap-lengkapnya jangan sampai tertinggal sedikit. Tapi jangan juga apa yang kamu isi itu dilebih-lebihkan karna nantinya akan merugikan kamu ketika berhasil lolos screening untuk melaju ke tahap interview. Gunakan font dan ukuran yang pas agar hrd nyaman dalam membacanya.

    Nah, seperti itulah beberapa tips desain cv yang menarik. Memang tidak ada jaminan 100% curriculum vitae yang menarik dapat membuat kamu mudah diterima kerja, tapi dengan bentuk yang menarik ini setidaknya bisa mendapat nilai plus bagi hrd untuk kamu. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "Ikuti Tips Desain CV Yang Menarik Ini Agar Mudah Diterima Kerja"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel