Recent Post

10 Rekomendasi Tanaman Vertical Garden agar Rumah Makin Cantik

 

10 Rekomendasi Tanaman Vertical Garden agar Rumah Makin Cantik
10 Rekomendasi Tanaman Vertical Garden agar Rumah Makin Cantik

Coldeja.com - Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas terkait taman vertical atau bahasa kerennya yaitu vertical garden, yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi ide hiasan agar rumah makin cantik, sejuk, dan asri.


Semua pemilik rumah tentunya ingin agar hunian yang dimilikinya selalu terasa sejuk dan asri. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesejukan dan keasrian rumah adalah dengan meletakkan tanaman hias di dalam maupun luar rumah.


Ide hiasan rumah yang tak kalah unik dan banyak diterapkan di rumah-rumah adalah vertical garden. Taman vertikal atau vertical garden merupakan salah satu contoh cara bercocok tanam dengan bentuk vertikal ke atas.


Caranya adalah dengan menyediakan media dan melekatkan pot, rak, atau kawat ram ke dinding rumah atau tembok pagar yang dibentuk secara vertikal atau ke atas.


Cara penanaman seperti ini sangat cocok terutama bagi rumah yang terbatas atau minim ketersediaan lahannya maupun memang sengaja untuk menggunakan cara satu ini untuk menghadirkan suasana baru yang alami di rumah dengan ditumbuhi oleh tanaman sedemikian rupa.


Pot yang bisa dimanfaatkan untuk taman vertikal yakni botol air minum kemasan atau wadah jerigen bekas. Jika ingin lebih rapi, penanaman vertical garden bisa menggunakan wall planter.


Wall planter adalah sejenis pot yang tersusun secara vertikal dan dapat ditempel di dinding, yang terbuat dari polybag atau kanvas sebagai media tanam.


Jenis tanaman yang cocok diterapkan pada vertical garden adalah tanaman yang memiliki akar pendek. Berikut ini adalah rekomendasi tanaman yang cocok ditanam dengan metode vertical garden untuk mempercantik rumah dan menjaganya tetap sejuk dan asri.


10 Rekomendasi Tanaman Vertical Garden agar Rumah Makin Cantik


1. Sirih Gading


Salah satu tanaman populer di kalangan masyarakat dan mudah diperoleh adalah sirih gading. Tanaman satu ini terbilang murah dan perawatannya mudah baik indoor maupun outdoor, serta bisa diaplikasikan ke dalam vertical garden.


Selain itu, tanaman sirih gading juga berguna untuk menetralisasi polusi udara sehingga cocok untuk membersihkan kondisi udara di sekitar rumah.


2. Lee Kwan Yew atau Janda Merana


Tanaman Lee Kwan Yew atau bisa juga disebut dengan tanaman janda merana ini berasal dari Myanmar dan cocok ditanam di tempat outdoor serta asupan sinar matahari yang cukup.


Tanaman satu ini juga cocok digunakan sebagai tanaman untuk vertical garden karena bentuknya yang menjuntai layaknya tirai.


3. Tanaman Pakis atau Paku


Di daftar selanjutnya pada rekomendasi tanaman yang cocok untuk vertical garden adalah tanaman pakis atau paku.


Tanaman ini memerlukan area tanam yang teduh, lembab, tidak terkena paparan sinar matahari langsung, membutuhkan penyiraman secara teratur supaya daunnya tetap berwarna hijau. Pakis atau paku dikenal sebagai salah satu tanaman dengan fungsi membersihkan udara.


Hal ini membuat kondisi udara di sekitar tanaman pakis atau paku menjadi terasa lebih segar.


4. English Ivy


Tanaman berikutnya yang masuk rekomendasi tanaman untuk vertical garden adalah English Ivy.


Jika ingin memiliki tanaman yang tumbuhnya rimbun dengan cepat, bisa mencoba menanam tanaman ini di rumah.


English Ivy merupakan tanaman yang terkenal ekspansif, yang berarti dapat tumbuh dengan cepat secara menjalar ke segala arah, apalagi ketika musim hujan tiba.


5. Philodendron Scandens


Tanaman selanjutnya yang masuk ke dalam list vertical garden adalah philodendron scandens. Tanaman yang secara sekilas mirip sirih gading ini dapat tumbuh dengan subur baik di dalam maupun luar ruangan.


Merawat tanaman ini juga terbilang tidak susah, cukup jangan terkena sinar matahari secara langsung.


6. Baby Tears


Tanaman satu ini dapat tumbuh merambat dengan membentang luas menjadi hamparan hijau.


Baby Tears cocok untuk menanamnya di area teduh sekaligus lembap dengan sedikit paparan sinar matahari.


7. Golden Creeping


Tanaman golden creeping ini mirip dengan curtain creeper yang bentuknya seperti tirai.


Bedanya, tanaman ini memiliki bentuk daun yang lebih bulat ketimbang curtain creeper yang bentuk daunnya lonjong.


8. Acacia Cognata


Kemudian, ada tanaman acacia cognata, di mana tanaman ini memberikan tampilan dinding yang tampak hijau dan lebat.


Daun acacia cognata memiliki bentuk seperti rumput dan tampak estetik ketika melihatnya dari jauh.


9. Mintasia


Mintasia adalah tanaman yang juga cocok untuk taman vertikal, di mana sekilas tampak mirip dengan golden creeping maupun curtain creeper.


Ketiga tanaman ini sama-sama tumbuh secara merayap. Jika dari segi harga, mintasia juga ramah di kantong dan perawatannya terbilang mudah.


10. Bayam Brazil


Terakhir, ada bayam brazil yang masuk dalam daftar rekomendasi tanaman yang cocok untuk taman vertikal.


Bagi kamu yang menginginkan satu tanaman yang tidak hanya cantik dari segi penampilan, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk konsumsi sehari-hari bisa mencoba menanam tanaman satu ini.


Tanaman bayam brazil memiliki warna yang lebih hijau muda dan agak mengkilap. Bagi orang awam tentunya mengira bahwa tanaman ini merupakan tanaman hias yang bisa dikonsumsi. Hal ini karena bayam brazil memiliki kandungan gizi yang bagus bagi kesehatan tubuh.


Demikian 10 tanaman hias yang masuk ke dalam daftar rekomendasi tanaman vertical garden yang dan bisa kamu manfaatkan untuk mempercantik rumah dan membuatnya tetap sejuk dan asri. Sekian artikel seputar tanaman ini dan semoga bermanfaat bagi pembaca.

Belum ada Komentar untuk "10 Rekomendasi Tanaman Vertical Garden agar Rumah Makin Cantik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel