Recent Post

Bagian-bagian Pohon dan Fungsinya yang Perlu Kamu Ketahui

 

Bagian-bagian Pohon dan Fungsinya yang Perlu Kamu Ketahui
Bagian-bagian Pohon dan Fungsinya yang Perlu Kamu Ketahui

Coldeja.com - Dalam kesempatan kali ini, kita akan mempelajari mengenai apa saja sih bagian-bagian pohon dan informasi ini penting untuk kamu ketahui, lho! Penasaran? yuk simak artikel seputar bagian-bagian pohon berikut ini.


Sebagian dari kita terutama para pelajar mungkin baru mempelajari apa saja bagian-bagian pohon. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pohon merupakan tumbuhan yang berbatang keras dan besar; pokok kayu.


Selain itu, pohon juga memiliki arti bagian yang permulaan atau yang dianggap dasar; pangkal.


Secara umum, pohon adalah tumbuhan yang memiliki batang berkayu dan bercabang, di mana batang pohon utama berdiri juga memiliki ukuran lebih besar ketimbang cabang-cabangnya.


Mungkin kita sering menemui beragam tumbuhan berdaun di sekitar, tetapi tidak semuanya termasuk ke dalam kategori pohon seperti yang telah tertera di atas.


Berikut ini adalah beberapa bagian pohon yang dapat kita simak dan ketahui untuk memperluas wawasan tentang tumbuhan.


Bagian-bagian Pohon yang Perlu Kamu Ketahui


1. Akar


Pertanyaan bisa saja muncul dari dalam benak, mengapa tumbuhan bisa berdiri dengan tegak? tumbuhan dapat berdiri tegak karena memiliki akar.


Fungsi dari akar yakni untuk menyokong dan memperkokoh tempat hidup tumbuhan untuk berdiri.


Apa sih yang membuat pohon tidak mudah untuk tumbang ketika diterpa oleh angin? jawabannya adalah akar karena akar yang kuat di dalam tanah yang terdapat pada pohon sehingga saat angin kencang berhembus membuat pohon tidak mudah tumbang.


Kegunaan lain dari akar yaitu untuk menyerap air dan mineral yang bersumber dari tanah, di mana ketika air dan mineral terserap oleh akar nantinya akan diangkut menuju bagian batang.


2. Batang


Batang merupakan salah satu bagian pohon yang terletak di atas tanah dan menjadi tempat tumbuhnya bagian cabang dan ranting.


Kegunaan batang adalah sebagai penopang supaya pohon dapat tetap berdiri dengan tegak. Air dan mineral yang terserap oleh akar juga tersalurkan berkat batang menuju daun.


3. Daun


Bagian lainnya dari pohon adalah daun. Batang menyalurkan air dan mineral dari akar menuju bagian daun. Pohon juga bernapas dengan cara menghirup udara berupa karbondioksida melalui daun.


Sinar matahari ditangkap oleh daun dan dimanfaatkan untuk tumbuh kembang tumbuhan. Daun mengolah air dan karbondioksida untuk dijadikan sebagai makanan oleh tumbuhan.


Alhasil, daun mengeluarkan oksigen dan gas satu ini sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk bernapas, seperti manusia dan hewan.


4. Bunga


Berikutnya, ada bunga yang termasuk dalam bagian pohon yang penting bagi kita untuk ketahui.


Bunga-bunga pada tumbuhan ini akan terus tumbuh dari kuncup atau kecil hingga besar, lalu secara perlahan akan berubah menjadi buah.


5. Buah


Buah adalah hasil dari perkembangan bunga tumbuhan dan bisa dimanfaatkan sebagai cadangan makanan bagi tumbuhan dan sumber makanan yang dikonsumsi oleh manusia.


6. Biji


Di dalam buah, terdapat bagian lain dari tumbuhan yang dinamakan biji. Biji bisa ditanam kembali untuk menumbuhkan tanaman baru, lho.


Setelah beberapa waktu berlalu, akan tumbuh tunas baru dari biji yang ditanam dan menghasilkan tumbuhan baru.


Dari penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa bagian-bagian pohon di antaranya adalah akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.


Masing-masing bagian pohon memiliki fungsinya masing-masing dan kita bisa menambah wawasan dengan menyimak informasi tersebut dengan seksama.


Demikian penjelasan mengenai apa saja bagian-bagian dari pohon. Sekian artikel seputar bagian-bagian pohon ini dan sampai jumpa di artikel lainnya.


Belum ada Komentar untuk "Bagian-bagian Pohon dan Fungsinya yang Perlu Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel