Recent Post

6 Tradisi Unik Menyenangkan Saat Lebaran Cuma Ada di Indonesia! Penasaran?



Hari raya idul fitri atau Lebaran adalah hal yang menyenangkan dan selalu ditunggu-tunggu masyarakat muslim di Indonesia. Suasana hangat terasa mulai awal puasa sampai menjelang lebaran, tak ada hal yang ditunggu setelah 30 hari melaksanakan puasa selain lebaran. Tradisi yang telah menjadi hal wajib kita jalankan dari dahulu yaitu Silaturahmi, bermaaf-maafan dan kue-kue yang tersedia merupakan pemandangan yang selalu kita temui di momen lebaran. 


gambar/genpi.co


Setiap daerah di Indonesia memiliki kegiatan dan juga tradisi unik saat merayakan lebaran sebut saja seperti bagi-bagi ketupat dan makanan. Tidak hanya bagi-bagi ketupat dan makanan saja ada banyak tradisi lebaran rata-rata hanya terjadi di Indonesia saja. Berikut adalah tradisi unik saat lebaran yang masih terus berlangsung di Indonesia :

1. Takbir Keliling dan Suara Petasan


gambar/jateng.tribunnews.com
Takbir keliling dan suara petasan merupakan tradisi yang sudah ada dari dulu. Takbir keliling dilakukan saat malam takbiran dimana para remaja dan anak-anak berkeliling kampung untuk menyambut hari lebaran setelah sebulan penuh melaksanakan puasa. Inilah momen paling awal yang ditunggu-tunggu saat perayaan lebaran dan juga suara petasan dimana-mana. Namun, sekarang petasan sudah dilarang oleh pemerintah karena berbahaya. Meskipun berbahaya rasanya menyambut lebaran tanpa petasan terasa sedikit sepi ya sob, ahh jadi kangen dengar suara petasan lagi.


2. Berbagi THR



gambar/shutterstock


Masyarakat Indonesia memiliki tradisi selama lebaran ini yaitu membagikan THR biasanya THR dibagikan oleh orang dewasa kepada anak-anak sebagai hadiah karena mereka telah melaksanakan puasa selama sebulan penuh meskipun tidak semua anak berpuasa penuh tapi mereka tetap diberi THR kok sob. Uang yang dibagikan pun dalam kondisi baru inilah yang membuat anak-anak terlihat bahagia dan antusias dengan dibaginya THR kepada mereka. 

3. Ziarah Makam atau Nyekar


gambar/blog.elevenia.co.id
Ziarah ke makam keluarga yang telah mendahului kita saat lebaran merupakan momen yang memiliki lebih banyak kesan. Biasanya ziarah dilakukan sendiri tetapi pada momen ini semua anggota keluarga ikut berziarah dan mengirim doa bersama nampaknya hanya pada momen lebaran aja ya sob ziarah ke makam ramai.


4. Saling Bermaaf-maafan Keliling Kampung


gambar/akurat.co
Tradisi yang sudah ada sejak lama sekali di mana orang-orang akan saling mengunjungi keluarga, teman, dan tetangga untuk saling meminta maaf. Meskipun sekarang sudah zaman nya smartphone untuk mengucapkan selamat lebaran dan meminta maaf, tidak afdol rasanya jika tidak mendatangi dan bertemu langsung ya sob.


5. Berbagi Makanan


gambar/jatim.tribunnews.com
Nah ini tradisi yang menyenangkan dimana kita saling berbagi makanan kepada tetangga maupun saudara. Saat malam takbiran lah biasanya masyarakat saling berbagi makanan karena pada saat ini sajian lebaran telah disiapkan dan siap disantap esok hari lebaran.


6. Ketupat dan Daging


gambar/genpi.co
Ketupat dan daging merupakan makanan wajib dan selalu ada selama perayaan lebaran ini. Ketupat lebaran menjadi sebuah makanan istimewa, sebab hampir seluruh masyarakat membuat dan menyantapnya dengan rasa bahagia tidak lengkap rasanya jika lebaran tidak ada ketupat maupun daging dan opor ya sob.


Nah, inlah tradisi unik lebaran yang ada di Indonesia. Adakah tradisi di daerahmu yang lebih seru dalam merayakan lebaran sob?  Tidak terasa lebaran sebentar lagi senang rasanya, di lain sisi juga menyedihkan suasana ramadhan akan berakhir dan kita akan bertemu setahun lagi. Nikmati lah momen lebaran ini sambut dengan gembira, Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal ‘Aidin Wal Faizin , Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Belum ada Komentar untuk "6 Tradisi Unik Menyenangkan Saat Lebaran Cuma Ada di Indonesia! Penasaran?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel