10 Fitur Whatsapp Canggih Yang Menjaga Privasi Chat Kamu

Aplikasi Whatsapp sekarang ini menjadi aplikasi chatting yang sering dipakai dan digemari loh, Namun, kenapa whatsapp sangat digemari sebagai aplikasi chatting? Hmm, nampaknya perbedaannya terletak pada fitur-fiturnya ya sob, sebenarnya aplikasi chat sangat banyak sebut saja ada Line.



Akan tetapi, aplikasi whatsapp dari waktu ke waktu terus mengembangkan fitur-fiturnya, dan ternyata ada fitur tersembunyi juga loh dalam whatsapp. Meskipun terdapat fitur tersembunyi bukan berarti kamu tidak bisa mengaksesnya tetapi kamu juga bisa mengakses fitur tersembunyi itu loh jika kamu mengetahui caranya. Berikut ini fitur-fitur canggih yang tersembunyi di whatsapp:

Fitur Whatsapp Canggih Tersembunyi di Whatsapp


1. Membuat "Last Seen" tidak terlihat



Fitur Whatsapp Canggih

Last seen merupakan fitur yang memperlihatkan waktu online kamu ketika menggunakan whatsapp kamu bisa melihat waktu online teman-teman kamu. dengan fitur ini bagi sebagian orang merasa terganggu privasi nya, karena itu whatsapp mengizinkan agar kamu dapat menyembunyikan fitur last seen agar orang-orang tidak bisa melihatnya.

Untuk mengaktifkan last seen, pertama buka aplikasi whatsapp -> pilih menu setting -> pilih menu tab Account and Privacy -> klik menu last seen -> lalu kamu ubah apakah last seen kamu hanya bisa dilihat oleh orang yang ada di kontak kamu, atau tidak boleh ada orang sama sekali yang dapat melihat last seen kamu.

2. Enkripsi end-to-end


Fitur Whatsapp Canggih

Fitur enkripsi end-to-end ini merupakan keamanan secara default oleh whatsapp. Ketika terenkripsi end-to-end, pesan dan panggilan kamu diamankan. Jadi, hanya kamu dan orang yang sedang berkomunikasi dengan kamu saja yang dapat membaca pesan atau mendengar panggilan tersebut dan tidak ada orang diantaranya, bahkan whatsapp sendiri.

3. Membackup percakapan


Fitur Whatsapp Canggih

Kamu bisa membackup data percakapan kamu, meskipun kamu berganti hp ataupun tidak sengaja chat penting terhapus kamu dapat mengembalikkan chat tersebut saat sudah di backup.

Cukup mudah membackup data percakapan di whatsapp ini, buka aplikasi whatsapp -> pilih menu setting -> pilih tab chat -> klik chat backup. Kamu dapat menyimpan percakapan di Google Drive dengan memasukkan akun gmail kamu, serta kamu dapat mengatur aplikasi untuk otomatis membackup dalam waktu tertentu.



4. Blokir Kontak


Fitur Whatsapp Canggih

Sebenarnya ini fitur whatsapp yang bisa dibilang 50:50 bisa menguntungkan dan bisa juga merugikan, kenapa menguntungkan? Karena jika kamu sering mendapatkan pesan spam kamu dapat dengan mudah memblokir kontak tersebut. kerugiannya adalah seseorang dengan mudahnya memblokir kontak kamu sehingga kamu tidak bisa berhubungan lagi dengannya.

Mudah sekali untuk memblokir kontak caranya adalah buka aplikasi whatsapp -> buka chat/percakapan dengan orang yang kamu tuju -> klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas -> pilih tab more -> lalu klik blokir. Maka otomatis kontak tersebut sudah terblokir.

5. Mengatur Penggunaan Data


Fitur Whatsapp Canggih

Penggunaan data pada aplikasi whatsapp sebenarnya tidak memakan banyak akan tetapi kamu pasti memiliki grup bahkan sebagian orang punya grup lebih dari 5 dan semua grup mengirim video, gambar, pesan suara, atau lainnya.

Pengaturan default whatsapp adalah otomatis mendownload apapun itu oleh karena itu penggunaan datanya dapat memakan banyak, oleh karena itu kamu harus mengatur penggunaan data kamu dengan memberhentikan download otomatis.

Caranya adalah buka aplikasi whatsapp -> buka menu setting -> pilih data usage dan ubah pada tab unduh otomatis media sesuai kondisi atau keinginan kamu. kamu dapat mengatur mendownload otomatis saat menggunakan data seluler (when using mobile data), saat tersambung wifi (when connecter on wifi), atau saat roaming (when roaming). Dan kamu dapat mencentang penggunaan data minimum untuk panggilan whatsapp.

6. Menyembunyikan Tanda Ceklis Biru (read)


Fitur Whatsapp Canggih

Fitur menyembunyikan read ini dapat kamu gunakan bila kamu tidak ingin orang yang berkomunikasi dengan kamu melihat pesan sudah dibaca atau belum. Sebelumnya setiap pesan yang dikirimkan bila sudah dibaca akan berubah dari abu-abu menjadi biru, dan ketika fitur ini diaktifkan maka ceklis tersebut tetap berwarna abu-abu meskipun pesan telah dibaca.

Untuk mengaktifkan fitur ini buka aplikasi whatsapp -> klik menu setting -> pilih accounts and privacy -> hilangkan centang pada tab read receipts (laporan dibaca). Dengan menghilangkan centang ini, saat kamu membuat status maka kamu tidak bisa melihat siapa saja yang sudah melihat status kamu.


7. Memprioritaskan Chat


Fitur Whatsapp Canggih

Fitur memprioritaskan chat atau sematkan chat ini merupakan fitur yang cukup penting, saat kamu memiliki pesan masuk yang cukup banyak setiap harinya dan kamu pastinya tidak ingin salah mengirim pesan kamu dapat menyematkan chat orang yang kamu prioritaskan.

Cukup mudah mengaktifkan fitur ini, dengan menekan chat orang yang dituju lalu pilih ikon pinned dan otomatis chat tersebut tersemat di bagian atas chat kamu.

8. Menandai Pesan Berbintang untuk Chat Penting


Fitur Whatsapp Canggih

Setiap chat pastinya ada pesan-pesan penting yang kamu lihat, dan suatu hari kamu ingin melihat kembali pesan penting tersebut kamu harus menscroll kembali chat kamu yang sudah berlalu. Tetapi kini whatsapp memiliki fitur pesan berbintang, kamu dapat memberikan bintang untuk pesan-pesan yang penting jadi saat kamu ingin melihat kembali pesan penting kamu dapat melihatnya di pesan berbintang.

Cara untuk membintangi pesan adalah dengan menekan text yang akan dibintangi lalu klik icon bintang yang berada dibagian atas chat. Setelah itu otomatis chat sudah masuk ke pesan berbintang.

9. Mengecek Siapa Saja yang Melihat Pesan Grup


Fitur Whatsapp Canggih

Kamu dapat melihat siapa saja yang melihat pesan yang kamu kirim di grup, jadi meskipun tidak ada yang membalas kamu dapat melihat siapa saja yang melihat. Caranya adalah dengan menekan chat yang kamu kirim di grup lalu -> klik menu titik tiga -> klik info. Maka kamu akan melihat siapa saja yang menerima pesan tersebut dan yang sudah melihatnya.

10. Membuat Huruf Tebal dan Miring


Fitur Whatsapp Canggih

Whatsapp juga bisa membuat huruf tebal, miring, maupun tercoret. Kamu bisa menggunakan fitur ini dengan karakter khusus, untuk membuat tulisan menjadi tebal kamu gunakan tanda (*) di antara kata misalnya *aku*, untuk membuat tulisan menjadi miring gunakan tanda (_) misalnya _aku_, dan untuk membuat tulisan menjadi tercoret gunakan tanda (~) misalnya ~aku~.


Nah, itulah fitur-fitur whatsapp canggih yang tersembunyi apakah kamu sudah mengetahuinya? Bila belum silahkan di coba deh sob. Fitur tersebut dapat kamu gunakan agar whatsapp kamu lebih terjaga privasinya dan membuat percakapan lebih seru dan menarik.

Tag : teknologi
0 Komentar untuk "10 Fitur Whatsapp Canggih Yang Menjaga Privasi Chat Kamu"

Back To Top