Recent Post

    Cara Mengunci Folder di Laptop Agar Tidak Bisa Dibuka Orang

    Cara Mengunci Folder di Laptop - Hallo sob! kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial cara mengunci folder di laptop atau pc kamu biar gak bisa dibuka sama orang lain selain diri kamu sendiri.


    Sebagian dari kamu pasti sering meminjamkan laptop ke temanmu untuk mengerjakan tugas atau apapun itu. Untuk berjaga-jaga kamu menyimpan file yang penting di suatu tempat atau menaruh file dari folder ke folder.

    cara mengunci folder di laptop

    Sebenarnya saat kamu menyimpan dengan cara tersebut memang sedikit aman, akan tetapi hal tersebut akan membuatmu bingung dan sulit untuk mengakses file dalam folder tersebut karna disembunyikan terlalu dalam.

    Ada cara yang sangat mudah untuk kamu tanpa harus pusing-pusing menyembunyikan file dan mencarinya kembali, cukup dengan menggunakan notepad saja kamu sudah bisa memprotect foldermu dan file yang ingin kamu sembunyikan tinggal masukkan ke dalam folder tersebut.


    Sama halnya dengan microsoft word/excel cara ini cukup hanya dengan memberikan password folder saja. Berikut ini cara memberikan password folder di laptop agar gak bisa dibuka orang lain:

    Cara Mengunci Folder di Laptop Menggunakan Notepad


    • Pertama, kamu buat folder terlebih dahulu simpan dengan nama apa saja bebas. Disini saya memberi nama folder tersebut 'Private File'.
    • Selanjutnya kamu buka notepad, search disamping logo windows dengan nama notepad atau tekan Windows + R lalu ketikan notepad.
    • Setelah notepad terbuka silahkan kamu copy script dibawah ini:
    cls
    @ECHO OFF
    title Folder Private
    if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
    if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
    :CONFIRM
    echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
    set/p "cho=>"
    if %cho%==Y goto LOCK
    if %cho%==y goto LOCK
    if %cho%==n goto END
    if %cho%==N goto END
    echo Invalid choice.
    goto CONFIRM
    :LOCK
    ren Private "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
    attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
    echo Folder locked
    goto End
    :UNLOCK
    echo Enter password to unlock folder
    set/p "pass=>"
    if NOT %pass%== password di sini goto FAIL
    attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
    ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Private
    echo Folder Unlocked successfully
    goto End
    :FAIL
    echo Invalid password
    goto end
    :MDLOCKER
    md Private
    echo Private created successfully
    goto End
    :End
    • Jika sudah kamu paste di notepad yang telah kamu buka, lalu pada script if NOT %pass%== password di sini goto FAIL ganti kata 'password di sini' dengan password untuk mengunci foldermu.
    • Setelah script diatas telah kamu ganti dengan password mu. Save script tersebut dengan tekan CTRL + S, lalu ubah nama file notepad menjadi 'Kunci.bat' simpan file script ini di dalam folder 'Private File' yang kita buat sebelumnya
    • Kamu bisa mengganti nama file simpan dengan nama apa aja dengan catatan '.bat' selalu diikuti dibelakang nama file yang ingin disimpan.
    • Sekarang cek apakah file 'Kunci.bat' tadi sudah ada di dalam folder 'Private File'
    • Jika ada dan kamu sudah menemukan file script tersebut, klik 2x pada file 'Kunci.bat' nanti akan muncul folder baru dengan nama 'Private'. Nah, simpan file yang mau kamu sembunyikan didalam folder 'Private' ini.
    • Bila sudah menyimpan file yang mau disembunyikan dalam folder 'Private', klik 2x lagi pada file 'Kunci.bat' dan akan muncul pertanyaan "Apa kamu yakin ingin mengunci folder ini? Y/N". Karna disini kita ingin mengunci foldernya tekan 'Y'.
    • Dan untuk mengunlock atau menampilkan kembali folder yang disembunyikan, klik 2x pada file 'Kunci.bat' dan akan muncul tampilan untuk memasukkan password yang sudah kamu buat di script diatas tadi lalu enter.
    • Lihat hasilnya apakah berhasil atau tidak.

    Untuk lebih jelasnya kamu bisa menonton video berikut ini:


    Inget ya sob simpan dan sembunyikan folder yang benar-benar penting, saya sarankan sebaiknya file yang kamu simpan dibackup terlebih dahulu dan taruh di cloud storage seperti Google Drive. Karena folder ini bisa saja terhapus dengan mu secara gak sengaja.

    Kesimpulan


    Nah, itu dia bagaimana cara memberikan password foldermu agar orang lain gak bisa buka file yang ada didalamnya. Mudah bangetkan cara mengunci folder di laptop dengan menggunakan notepad. Share artikel ini ke temanmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya sob.

    0 Response to "Cara Mengunci Folder di Laptop Agar Tidak Bisa Dibuka Orang"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close