Recent Post

    Perbedaan HTTP dan HTTPS Beserta Kegunaannya

    Perbedaan HTTP dan HTTPS - Saat kamu mengakses alamat web, pernahkah kamu memperhatikan alamat website tersebut? Kalo kamu memperhatikan pastinya kamu akan melihat ada dua link yang berbeda yaitu http dan https.


    Dari dua link tersebut apakah kamu sudah memahami istilah beserta dengan perbedaan dan fungsinya? Kalo belum mari kita cari tahu, simak artikel dibawah ini megenai pembahasan pengertian, perbedaan, dan keuntungan HTTP dan HTTPS.

    perbedaan http dan https

    Oiya, sebelum kita mengulas apa saja perbedaan antara https dan https, kamu harus tahu pengertian dari http dan https itu sendiri. Berikut penjelasan singkat mengenai HTTP dan HTTPS.

    Pengertian HTTP

    HTTP (Hypertext Transfer Protocol) menurut wikipedia adalah protokol jaringan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hypermedia.

    Singkatnya adalah HTTP merupakan protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server. Client yang dimaksud adalah perangkat atau web browser yang mampu untuk mentransfer (mengakses, menerima, menampilkan) file (teks, gambar, suara, video, dan semua file multimedia lainya) ke dalam Web.

    Pengertian HTTPS

    HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) sama dengan HTTP hanya HTTPS ini versi aman dari HTTP karna dilapisi SSL/TLS. HTTPS di kembangkan oleh Netscape Communications Corp pada tahun 1993.

    Sekarang ini banyak website yang menggunakan HTTPS karna dengan menggunakan protokol HTTPS memungkinkan komunikasi data antara klien dan server terenkripsi. HTTPS juga mampu dalam menjaga kerahasiaan data dan Integritas data.


    Perbedaan HTTP dan HTTPS


    Terdapat beberapa perbedaan utama antara HTTP dan HTTPS yaitu:
    • Port default yang biasa digunakan HTTP adalah 80, sedangkan untuk HTTPS adalah 443
    • HTTPS menjamin keamanan data antara klien dengan server karna HTTPS sudah diberikan protokol keamanan hal ini dapat dilihat di address bar kamu kalo HTTPS bertanda gembok warna hijau. Sedangkan, HTTP tidak ada dan tidak menjamin keamanan data
    • Dari segi SEO, Google lebih mengutamakan website yang menggunakan protokol HTTPS dibandingkan HTTP
    • Proses transmisi data HTTPS aman karna sudah terenkripsi, sedangkan HTTP tidak aman karna belum terenkripsi

    Keuntungan HTTPS dibandingkan HTTP

    Dilihat dari pembahasan diatas bahwa HTTPS lebih baik dibanding dengan HTTP, berikut ini keuntungan kamu jika menggunakan HTTPS dibandingkan HTTP:
    • Meningkatkan kepercayaan pengunjung dalam bertransaksi di website kamu
    • Dengan adanya enkripsi transaksi yang ada di website dapat diamankan termasuk data kartu kredit, password, dan lain-lain
    • Mendapatkan prioritas SEO yang baik di ranking Google untuk website kamu
    • Proses transmisi data HTTPS aman karna sudah terenkripsi, sedangkan HTTP tidak aman karna belum terenkripsi

    Berdasarkan pembahasan diatas jika website kamu masih menggunakan protokol HTTP sebaiknya kamu ubah menjadi HTTPS ya sob. Demi keamanan dan juga kepercayaan pengguna terhadap website kamu tersebut. Terutama untuk website-website penjualan (e-commerce) sudah pasti kepercayaan konsumen nomor 1.

    Kesimpulan


    Nah, itu dia penbahasan mengenai pengertian, perbedaan serta keuntungan HTTPS dan HTTP. Share artikel ini ke temanmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya sob.

    0 Response to "Perbedaan HTTP dan HTTPS Beserta Kegunaannya"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close