Recent Post


    Tipe-Tipe RAM Pada Laptop/PC Yang Harus Kamu Ketahui

    Tipe-Tipe RAM - RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat yang berfungsi mengolah data atau intruksi RAM ini merupakan salah satu komponen penting dalam komputer. RAM secara harfiah sendiri adalah tempat penyimpanan memori atau data sementara saat komputer tengah dioperasikan. Namun, data tersebut akan hilang saat dimatikan karna penyimpanan RAM berfungsi saat perangkat hidup saja.


    Ada banyak tipe-tipe RAM pada komputer mulai dari DRAM, SDRAM, RDRAM, SRAM, EDORAM, FPM DRAM RAM, dan masih banyak lagi. RAM dan ROM merupakan 2 jenis yang berbeda, meskipun keduanya sama-sama sebagai tempat penyimpanan. Namun, pada ROM penyimpanan data atau memori ini bersifat permanen.

    tipe-tipe ram

    RAM juga merupakan salah satu jenis memori internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer dan RAM mempunyai fungsi vital kurang lebihnya dalam menyimpan sementara informasi yang akan di tayangkan oleh monitor.

    Bagi kamu yang ingin membeli laptop/pc biasanya hal yang dilihat pertama kali adalah kapasitas RAM yang ada, dengan ukuran kapasitas RAM yang besar maka proses yang dilakukan pada komputer akan semakin cepat karna luasnya ruang pada RAM.

    Terdapat berbagai macam RAM yang digunakan dalam banyak perangkat elektronik, berikut ini tipe-tipe RAM pada komputer atau perangkat lainnya yang perlu kamu ketahui:

    Tipe-Tipe RAM Pada Komputer


    1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)


    jenis-jenis RAM

    DRAM (Dynamic Random Access Memory) tipe RAM ini merupakan memori semi konduktor yang memerlukan kapasitor untuk menyegarkan data yang ada didalamnya. Data yang ada di dalamnya harus disegarkan secara berkala oleh CPU agar tidak hilang.

    DRAM cuma memerlukan satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga memiliki kepadatan sangat tinggi dalam strukturnya. DRAM memiliki kecepatan yang baik sekitar (4,7 Mhz hingga 40 Mhz) RAM ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding EDO RAM. Tetapi, lebih rendah dibandingkan SRAM.

    2. SRAM (Static Random Access Memory)


    jenis-jenis RAM

    SRAM (Static Random Access Memory) tipe RAM ini merupakan memori semi konduktor yang tidak memerlukan kapasitor sehingga data yang ada di dalamnya tidak harus disegarkan secara berkala oleh CPU agar tidak hilang.

    Kecepatan SRAM mampu mengimbangi kecepatan prosesor 500 MHz atau lebih. Chip SRAM tidak dapat menyimpan data sebanyak chip DRAM, karena memori ini dibuat menggunakan struktur yang lebih kompleks. Kerumitan nya juga membatasi jumlah data yang dapat disimpan oleh satu chip.

    3. EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)


    jenis-jenis RAM

    EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca tulisnya menjadi lebih cepat dibanding jenis RAM lainnya.

    EDO RAM awalnya dioptimalkan untuk semua komputer Pentium 66 MHz. EDORAM memiliki slot memori sebanyak 72 pin umumnya dipakai pada PC terdahulu sebagai pengganti FPMRAM.

    4. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)


    jenis-jenis RAM

    RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang dapat mentransfer data dengan kecepatan hingga lebih dari 1 GHz. Karena RDRAM memiliki memory controller yang canggih sehingga tidak semua motherboard bisa mendukungnya.

    RDRAM memiliki slot memori sebanyak 184 pin, RDRAM biasanya digunakan untuk memori video pada kartu grafis akselerator, untuk memori cache, dan untuk memori sistem di workstation dan server berkinerja tinggi.


    5. SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)


    jenis-jenis RAM

    SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang memiliki kecepatan cukup tinggi dibanding jenis-jenis RAM lainnya yaitu kecepatan dari 100 hingga 133 Mhz. Sekitar tiga kali lebih cepat daripada FPM RAM konvensional, dan sekitar dua kali lebih cepat dari EDO DRAM dan BEDO DRAM.

    6. NV-RAM (Non-Volatile Random Access Memory)


    jenis-jenis RAM

    NV-RAM (Non-Volatile Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang datanya dapat ditulis dan dihapus, akan tetapi datanya tidak hilang ketika tidak mendapat daya sehingga data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun daya dimatikan.

    7. VGRAM (Video Graphic Random Access Memory)


    jenis-jenis RAM

    VGRAM (Video Graphic Random Access Memory) merupakan tipe RAM yang khusus untuk video adapter biasanya digunakan untuk menyimpan kandungan pixel bagi sebuah paparan grafik dengan kapasitas VGRAM yang menentukan kualitas dari sebuah gambar.

    8. DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM)


    jenis-jenis RAM

    DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM) merupakan tipe RAM yang mampu memproses instruksi dua baca dan dua tulis per siklus jam. Kemampuan memori ini bekerja dua kali lebih cepat dari SDRAM. DDR SDRAM juga bekerja pada tegangan standar yang lebih rendah (2,5 V dari 3,3 V).

    DDR SDRAM kini ada 4 versi yaitu DDR1, DDR2, DDR3, DDR4. Sekarang ini laptop pada umumnya menggunakan DDR4 SDRAM karna pemrosesan sinyal yang lebih canggih, kapasitas memori yang lebih besar, bahkan konsumsi daya yang lebih rendah (1,2 V), serta kecepatan clock standar yang lebih tinggi (hingga 1600 Mhz).

    9. FPM DRAM (First Page Mode DRAM)


    jenis-jenis RAM

    FPM DRAM (First Page Mode DRAM) merupakan tipe RAM dinamis dengan akses halaman cepat yang memastikan kinerja yang lebih tinggi daripada DRAM konvensional. FPM bekerja pada rentang frekuensi 16 MHz hingga 66 MHz dengan akses waktu hingga 50ms.

    Kesimpulan


    Demikian pembahasan mengenai tipe-tipe RAM pada laptop/pc beserta dengan fungsinya. Kini kamu tahu apa itu RAM dan ROM ya sob. Share artikel ini ketemanmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

    Belum ada Komentar untuk "Tipe-Tipe RAM Pada Laptop/PC Yang Harus Kamu Ketahui"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close