Recent Post

    10+ Alat Musik Tradisional Dari Jawa Barat Beserta Gambarnya

    Alat Musik Tradisional Dari Jawa Barat - Musik merupakan sebuah seni menyusun nada sehingga mengandung nada, irama, dan lagu. Musik dapat dihasilkan oleh alat musik, alat musik ini terbagi menjadi 2 yang kita kenal dengan alat musik modern dan alat musik tradisional.


    Keberadaan seni musik terutama di Indonesia menambah kekayaan budaya selain dari kesenian tari, lukisan, dan lainnya. Daerah yang terkenal dengan ciri khas alat musiknya yaitu daerah Jawa Barat. Salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat dan cukup populer yaitu angklung.

    alat musik tradisional dari jawa barat

    Gak hanya angklung saja alat musik tradisional Jawa Barat yang terkenal, ada banyak alat musik lainnya. Penasaran apa saja alat musik dari Jawa Barat? Berikut ini saya rangkum keunikan alat musik tradisional dari Jawa Barat:

    Alat Musik Tradisional Dari Jawa Barat


    Angklung

    angklung

    Alat musik tradisional asal Jawa Barat yang satu ini pasti sudah gak asing lagi buat kita karna alat musik ini sangat populer terutama di dataran sunda, yap namanya adalah angklung. Angklung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan.

    Gak susah untuk memainkan angklung ini kamu bisa menghasilkan nada-nada dengan menggoyangkan bambu, nada-nada yang dikeluarkan menghasilkan susunan nada 2, 3, hingga 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

    Masyarakat Indonesia terutama Jawa Barat patut bangga sebab angklung kini telah menjadi warisan budaya dunia yang telah diakui UNESCO sejak tahun 2010. Gak jarang pula para seniman memainkan alat musik tradisional ini di luar kota bahkan sampai ke luar negeri.

    Kecapi

    kecapi

    Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kecapi? pasti yang terpikirkan sama kamu pertama kali adalah buah. Eits, kecapi ini bukan buah loh. Tetapi, alat musik tradisional khas Jawa Barat.

    Kecapi ini dimainkan dengan cara dipetik biasanya kecapi mengiringi tembang-tembang khas orang Sunda. Terdapat 2 jenis kecap yang pertama, kecapi indung dan kecapi anak. Perbedaan dari kedua jenis ini terletak pada ukuran dan jumlah senar yang ada pada kecapi tersebut.

    Di Indonesia alat musik ini sudah tersebar luas dan memiliki nama-nama sesuai daerahnya masing-masing, seperti kasapi, kacaping, kutiapi, kacapi, dan sebagainya.

    Calung

    calung

    Alat musik dari bambu lainnya yaitu Calung. Calung merupakan alat musik tradisional khas Jawa Barat yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul khusus pada batang bilahan bambu untuk menghasilkan nada-nada merdu yang berbeda.

    Calung terbagi menjadi 2 yaitu calung rantay dan calung jinjing. Selain sebagai alat musik, calung merupakan sebutan dari salah satu seni pertunjukan khas Sunda.

    Celempung

    celempung

    Sama seperti angklung dan calung, celempung adalah alat musik khas sunda yang terbuat dari bambu yang dimainkan secara dipukul. Meskipun terbuat dari bambu tetapi celempung berbeda dengan calung, Celempung ini terbuat dari dari kulit bambu. Sedangkan, calung terbuat dari batang bambu.

    Pukulan yang dilakukan pada kulit bambu menghasilkan suara yang tinggi dimana pada saat dimainkan dengan cara dipukul sembari salah satu tangan lain mengatur pengolahan suara dari badang celempung.


    Kendang

    kendang

    Alat musik tradisional ini cukup terkenal sama seperti angklung, yaitu kendang yang terbuat dari kayu kelapa, cempepak, ataupun nangka yang dilapisi kulit hewan seperti kerbau atau kambing. Kendang sendiri dimainkan dengan cara di tepak atau dipukul.

    Kamu pasti sering melihat alat musik ini biasanya di acara pernikahan adat sunda. Kendang bisa dimainkan secara individu maupun bersama dengan alat musik lainnya, kekuatan dan tempo pukulan lah yang menjadi kunci bagaimana suara yang akan dihasilkan dari kendang.

    Tarawangsa

    tarawangsa

    Mungkin bagi masyarakat Jawa Barat kata Tarawangsa sudah gak asing lagi, tetapi bagi yang diluar masyarakat tersebut terasa begitu asing. Tarawangsa merupakan alat musik tradisional khas Jawa Barat dimana dalam sejarah alat musik ini tercatat dalam naskah kuno pada abad ke-18 Sewaka Darma.

    Tarawangsa dimainkan dengan cara digesek karna hanya memiliki 2 dawai, salah satu dawai sembari memetik dawai satunya untuk menghasilkan suara yang merdu. Tarawangsa dapat kamu temukan di beberapa daerah di Jawa Barat dan Banten.

    Karinding

    karinding

    Karinding merupakan alat musik asal Jawa Barat, alat musik ini memiliki keunikan tersendiri karna dimainkan dengan cara diletakkan di bibir kemusian ditepuk bagian pemukulnya untuk menghasilkan nada. Karinding ini terbuat dari bambu ataupun pelepah pohon aren.

    Alat musik ini gak memiliki nada yang tetap, semua tergantung dari penggunanya memainkan karinding ini. Bagi orang yang sudah mahir bermain karinding maka akan menghasilkan melodi yang indah.

    Suling

    suling

    Siapa sih yang gak tau alat musik satu ini? Suling merupakan alat musik tradisional khas Jawa Barat yang dimainkan dengan cara ditiup. Suling terbuat dari bambu kecil dimana terdapat 4 sampai 8 buah lubang yang befungsi sebagai pengatur nada.

    Untuk menghasilkan nada atau melodi yang indah saat meniup tangan kamu juga mengatur dengan buka-tutup lubang suling. Dimana setiap lubang sama seperti tangga nada, sekarang ini suling sudah dimodifikasi menjadi alat musik modern.

    Rebab

    rebab

    Rebab diyakini sudah ada di Indonesia pada abad ke 9 masehi yang dibawah oleh pedagang dari Timur Tengah. Rebab dimainkan dengan cara digesek sama seperti Tarawangsa. Namun, rebab memiliki 3 dawai dimana pada awalnya terbuat dari tembaga.

    Kini rebab telah banyak dibuat dari bahan kayu dan sering dimainkan pada pertunjukan budaya di Jawa Barat dan diiringi dengan alat musik lainnya secara bersamaan.

    Arumba

    arumba

    Arumba merupakan alat musik yang terbuat dari bambu. Arumba bukan termasuk alat musik tunggal tetapi gabungan dari beberapa alat musik yang terbuat dari bambu, seperti Angkung Solo, Gambang Melodi, Gambang Pengiring, Bass Lodong, dan juga Gendang. Arumba sering menjadi bagian dari pertunjukan kesenian budaya tradisional sunda.

    Jengglong

    jengglong

    Alat musik dari Jawa Barat lainnya yaitu Jengglong. Alat musik ini memiliki bentuk yang unik, karna disusun dan diikatkan dengan tali dimana Jengglong dibuat dari kuningan atau tembaga yang dimainkan dengan cara dipukul.

    Untuk memainkannya pun perlu menggunakan alat pukul khusus biasanya alat pukul ini dilapisi dengan rajutan dari bahan dasar wol sehingga suara yang dihasilkan lebih lembut.

    Jentreng

    jentreng

    Jentreng alat musik tradisional khas Jawa Barat sekilas mirip dengan kecapi. Namun, sebenarnya jentreng sangat berbeda dengan kecapi karna ukuran jentreng lebih kecil dibandingkan kecapi. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik dan memiliki 7 buah senar.

    FAQ

    Apa Saja Alat Musik Tradisional Dari Jawa Barat?
    1. Angklung
    2. Kecapi
    3. Calung
    4. Celempung
    5. Kendang
    6. Tarawangsa
    7. Karinding
    8. Suling
    9. Rebab
    10. Arumba
    11. Jengglong
    12. Jentreng

    Kesimpulan


    Nah, itudia alat musik tradisional dari Jawa Barat beserta gambarnya. Mungkin bagi kamu masyarakat Jawa Barat sudah mengetahuinya dan untuk yang belum mengetahuinya semoga pembahasan diatas dapat menambah wawasan kamu. Share artikel ini ke temanmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya sob.

    Belum ada Komentar untuk "10+ Alat Musik Tradisional Dari Jawa Barat Beserta Gambarnya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel