Recent Post

    Cara Mudah Edit Foto Dari HP Menjadi Pas Foto Dengan Photoshop

    Edit Pas Foto, Pas Foto Hitam Putih, Pas Foto Nikah - Pas foto merupakan hal atau syarat wajib yang perlu ada ketika kamu akan membuat suatu dokumen seperti, lamaran kerja, mendaftar sekolah atau kuliah, pembuatan kartu identitas dan sebagainya.


    Sebagian dari kamu mungkin selalu menggunakan foto hasil dari jepretan kamera handphone untuk dijadikan sebuah pas foto. Dengan latar belakang / warna background yang beragam tentu perlu diedit terlebih dahulu untuk dijadikan pas foto.

    Biasanya daripada pusing mengedit warna latar belakang, pasti kamu datang ke studio foto dan foto menggunakan latar belakang merah atau biru tergantung dari jenis dokumennya. Hal tersebut memang lebih efektif.

    edit pas foto, pas foto hitam putih

    Namun, perlu mengeluarkan biaya tambahan karna kamu foto di studio foto. Nah, buat kamu yang gak mau mengeluarkan biaya lebih tentu kamu perlu mengedit foto dan memfoto dirimu sendiri.

    Sebenarnya edit pas foto sendiri ini memiliki kelebihannya sendiri dibanding datang ke studio foto. Kenapa bisa begitu? coba kamu bayangkan misal ada event atau hal lainnya seperti lamar kerja, pendaftaran cpns.

    Sudah pasti syaratnya perlu memiliki pas foto, nah kalo kamu datang ke studio pada saat tersebut saya yakin bakal ngantri menunggu giliran foto dan menunggu hasil cetaknya.


    Tetapi, kalo kamu edit foto sendiri kamu tinggal datang bawa foto yang sudah kamu edit untuk dicetak aja gaperlu lagi kamu ngantri bergiliran untuk foto.

    Caranya cukup mudah kok, kamu tinggal foto menggunakan kamera hp lalu kamu edit menggunakan software editing salah satunya photoshop. Lalu, bagaimana cara mengedit foto menjadi pas foto? berikut ini saya akan memberikan langkah-langkahnya, sebelum itu kamu perlu tahu ukuran standard dari pas foto.

    Ukuran Pas Foto


    Ukuran pas foto yang umumnya kita temui terdapat 3 jenis yaitu 2x3, 3x4, dan 4x6. Ternyata ukuran tersebut bukanlah seperti yang kamu anggap 2x3 sama dengan 2cm x 3cm sob masing-masing ukuran tersebut berbeda.

    Kamu bisa mencoba dengan mencetak foto dengan ukuran 2cm x 3cm, hasilnya pasti berbeda dengan hasil dari studio. Untuk mengetahui ukuran yang sebenarnya dari ketiga jenis tersebut berikut ini saya beritahu ukuran pas foto standard di Indonesia:

    • 2x3 mempunyai ukuran 2,2 x 2,8 cm
    • 3x4 mempunyai ukuran 2,8 x 3,8 cm
    • 4x6 mempunyai ukuran 3,8 x 5,6 cm

    Nah, jadi kamu gak bakal salah lagi sob kalo mau cetak ukuran pas foto yang benar dari mengedit foto sendiri. Mari kita coba praktikan cara mudah edit foto dari hp menjadi pas foto dengan photoshop ini.

    Edit Pas Foto, Pas Foto Nikah, Pas Foto Lamar Kerja, Pas Foto Sekolah


    Langkah Pertama

    Pertama, kamu harus menyiapkan foto yang sudah kamu ambil dari kamera Handphonemu. Kamu bisa ambil foto setengah badan dengan latar belakang kain polos berwarna apa saja atau berlatar belakang tembok.

    Langkah Kedua

    Buka aplikasi photoshop kamu lalu masukkan foto hasil jepretanmu ke dalam aplikasi ini.

    edit foto menjadi pas foto dari kamera hp

    Langkah Ketiga

    Selanjutnya, kamu klik kanan pada layer foto yang kamu masukkan dan klik duplikat layer atau bisa tekan shortcut CTRL + J. Dan layernya akan bertambah seperti gambar dibawah ini:

    edit foto menjadi pas foto dari kamera hp

    edit foto menjadi pas foto dari kamera hp

    Langkah Keempat

    Kamu bisa menggunakan pen tool untuk menyeleksi fotomu. Klik pen tool lalu seleksi foto seperti gambar berikut, jangan lupa ubah pen tool menjadi path jangan shape.

    edit foto menjadi pas foto dari kamera hp

    Langkah Kelima

    Jika sudah kamu seleksi semua, klik kanan dan pilih Make Selection beri radius sebesar 1 px. Lihat gambar berikut:

    edit foto menjadi pas foto dari kamera hp

    cara edit pas foto

    Langkah Keenam

    Klik Ok, maka foto tersebut otomatis terseleksi. Selanjutnya, kamu tekan CTRL + J untuk menghapus bagian yang engga terseleksi dan menambah layer baru tanpa background.

    cara edit pas foto

    cara edit pas foto

    Langkah Ketujuh

    Pada layer yang tanpa background tadi, kita atur pencahayaan fotomu. Klik image -> pilih Adjustments -> Curves. Disini berfungsi untuk mengatur seberapa terang atau gelap fotomu, atur sesuai dengan kebutuhan.

    edit pas foto nikah

    edit pas foto nikah

    Langkah Kedelapan

    Buat file baru dengan ukuran foto yang ingin kamu gunakan. Disini saya menggunakan ukuran 3x4 (3,8cm x 5,6cm).

    edit pas foto nikah

    Langkah Kesembilan

    Ubah warna background menggunakan paint bucket, warna background bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan pas foto mu. Disini saya menggunakan background berwarna merah.

    edit pas foto nikah

    Langkah Kesepuluh

    Jika sudah diberi warna, pindahkan foto yang telah kamu atur pencahayaan tadi ke file baru yang sudah kamu beri warna background. Lalu, atur ukuran fotomu.

    edit pas foto nikah

    Selesai

    Inilah hasil akhir edit pas foto mu menggunakan photoshop.

    edit pas foto photoshop

    Kesimpulan


    Cukup mudah kan sob? demikianlah pembahasan bagaimana cara mengedit pas foto menggunakan photoshop. Share artikel ini ke temanmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya sob.

    0 Response to "Cara Mudah Edit Foto Dari HP Menjadi Pas Foto Dengan Photoshop"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close