Recent Post

    10 Efek Photoshop Yang Sering Digunakan Oleh Fotografer

    Efek Photoshop Fotografer - Kita hidup di zaman serba canggih dengan perkembangan teknologi yang pesat ini seakan gak ada hal yang mustahil dilakukan. Salah satunya adalah seorang fotografer, seorang fotografer gak harus memfoto sebuah objek atau gambar secara real / nyata.


    Maksudnya gimana sih? misalkan seorang fotografer dapat sebuah pekerjaan foto prewedding dimana client tersebut ingin temanya adalah tentang pantai dengan budget yang terbilang pas-pasan, apakah seorang fotografer tersebut bersedia melakukanya di pantai tanpa budget yang lebih?

    efek photoshop fotografer
    Gambar oleh KELLEPICS dari pixabay

    Pastinya enggak kan sob, karna zaman sudah semakin canggih kamu bisa melalukan foto dimanapun dan bisa mengeditnya sesuai keinginan. Jadi, kamu gak harus datang ke tempat tersebut. Ya, mungkin rasanya kurang enak jika enggak datang ke tempat yang sebenarnya.

    Namun, itu semua bisa terbayarkan meskipun gak datang ketempat yang sebenarnya. Karena kamu bisa mengeditnya dengan efek-efek yang ada pada photoshop sehingga bisa terlihat seperti real berada di tempat tersebut. Lalu, apa aja efek photoshop terbaik yang biasa dipakai seorang fotografer? Berikut ini efek-efeknya:

    Efek Photoshop Fotografer Yang Buat Fotomu Makin Keren


    Photo Manipulation


    efek photshop untuk newbie
    Gambar oleh Rosiette-Stock dari Pixabay

    Efek manipulasi atau manupilation photo ini sering sekali dipakai seorang fotografer dimana efek ini menggabungkan beberapa foto menjadi satu sehingga menimbulkan efek manipulasi penglihatan.

    Foto manipulasi ini seakan terlihat nyata, tetapi sebenarnya hanya gabungan dari beberapa foto aja. Teknik editingnya pun gak begitu sulit karna kamu cukup mengandalkan teknik masking aja.

    Dispersion Effect

    efek photoshop untuk newbie
    Gambar oleh ShiftGraphix dari Pixabay

    Efek photoshop terbaik lainnya yaitu dispersion effect. Efek ini terlihat seperti gambar yang terpecah / tersebar. Uniknya dengan efek ini membuat foto seakan-akan seperti kaca yang pecah dengan bentuk yang beragam.

    Smoke Effect

    efek photoshop terbaik
    Gambar oleh paulbr75 dari Pixabay

    Sama seperti dispersion effect, smoke effect ini terlihat seperti foto yang kabur atau tersebar. Namun, bentuknya bukan layaknya pecahan kaca, tapi berbentuk asap sesuai dengan namanya smoke.

    Bokeh / Blur Efek

    efek photoshop terbaik
    Gambar oleh castleguard dari Pixabay

    Efek satu ini nampaknya bukan cuma fotografer aja yang sering memakainya. Pasti kamu juga pernah menggunakan efek ini pada fotomu. Yap, namanya bokeh atau blur efek, efek ini berfokus pada objek utama dimana objek sekelilingnya diberikan blur atau diburamkan. Sehingga objek utama terlihat jelas dan menonjol.


    Fantasy Edit

    efek fantasi photoshop
    Gambar oleh peter_pyw dari Pixabay

    Nah, untuk efek yang biasa dipakai fotografer ini memiliki efek seperti imajinasi yaitu bernama fantasy edit. Fantasy edit memberikan efek seperti berada di dunia khayalan, contohnya adalah kaya film harry potter mulai dari background dan objek gambar lainnya digabungkan sehingga membentuk fantasi.

    Skin Light Effect

    skin light effect

    Untuk skin light effect memberikan efek cahaya atau penerangan dengan memperlihatkan intensitas cahaya yang lebih pada bagian kulit biasanya bagian muka dan tangan.

    Color Grading Effect

    color grading effect
    Gambar oleh mayankambade12 dari Pixabay

    Siapa yang gak tau efek photoshop ini? efek color grading ini memperlihatkan permainan warna yang seimbang di dalam suatu gambar. Penggunaan color grading ini harus sesuai gak boleh ada yang kurang atau lebih agar hasil yang didapatkan terlihat sempurna.

    Cinematic Effect

    efek cinematic
    Gambar oleh adisaloka dari Pixabay

    Efek cinematic (sinematik) sering dipakai oleh para fotografer karna tone colornya yang khas sehingga dapat menyampaikan sebuah pesan dari foto yang diedit dengan efek ini. Bahkan cerita dibalik sebuah foto akan tergambarkan jelas ketika foto tersebut memiliki efek sinematik.

    Efek B & W

    efek b&w
    Gambar oleh jabbarskab dari Pixabay

    Sudah gak asing lagi dengan efek yang satu ini, yaitu Black and White (B & W). Efek ini memperlihatkan dua sisi yang berbeda dengan ke eleganan dan ke anggunannya. Sebuah foto akan tergambar jelas dan terlihat wah ketika sudah memakai efek black and white ini.

    Carricatur Effect

    efek karikatur
    Gambar oleh Alexas_Fotos dari pixabay

    Kalo efek yang satu ini ialah efek dari sebuah foto yang dijadikan karikatur atau kartun. Hasil dari efek ini layaknya gambar kartun dengan bentuk yang unik dan terlihat menarik.

    FAQ

    Apa Saja Efek Photoshop Yang Dipakai Fotografer?
    1. Photo Manipulation
    2. Dispersion Effect
    3. Smoke Effect
    4. Bokeh / Blur Efek
    5. Fantasy Edit
    6. Skin Light Effect
    7. Color Grading Effect
    8. Cinematic Effect
    9. Efek B & W
    10. Carricatur Effect

    Kesimpulan

    Nah, kira-kira itu dia beberapa efek photoshop para fotografer yang biasa mereka pakai. Kamu wajib coba salah satu efek diatas dijamin hasilnya akan bagus sob. Share artikel ini ke temanmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya sob.


    Belum ada Komentar untuk "10 Efek Photoshop Yang Sering Digunakan Oleh Fotografer"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel