Recent Post

    20 Contoh Tari Berpasangan Asal Indonesia

    Contoh Tari Berpasangan - Tari berpasangan identik dengan 2 orang atau lebih yang melakukan tarian baik itu antara pria dan wanita, pria dan pria, atau wanita dan wanita. Di Indonesia sendiri dengan banyaknya provinsi yang didalamnya terdapat banyak ragam budaya salah satunya adalah kesenian tari.


    Kesenian tari ini memiliki ciri khasnya masing-masing di setiap daerah. Salah satu ciri khasnya adalah dari tari tradisional berpasangan. Ciri-ciri tari berpasangan diantarnya yaitu gerakan tari yang saling melengkapi dan ada interaksi antara penari.

    contoh tari berpasangan


    Bisa kita lihat perbedaan tari sendiri dengan tari berpasangan yaitu tari berpasangan lebih meriah dan memiliki kombinasi gerakan yang bervariatif dan memiliki makna tersendiri. Berikut ini macam-macam tari berpasangan asal Indonesia dan juga tari berkelompok yang perlu kamu ketahui:

    Contoh Tari Berpasangan Asal Indonesia

    Dibawah ini contoh tari berpasangan nusantara beserta daerah asal dan penjelasannya:

    1. Tari Kethuk Tilu

    Tari yang berasal dari Jawa Barat ini bernama Kethuk Tilu yang merupakan cikal bakal dari tari Jaipong yang berasal dari Karawang.

    Pemain dari tarian ini adalah dua orang perempuan. Akan tetapi, kini dimainkan juga oleh pasangan berlawan jenis dan sering tampil di berbagai pertunjukan acara.

    2. Tari Jaipong

    Tari Jaipong yang merupakan cikal bakal dari tari Kethuk Tilu sama seperti tari Kethuk Tilu. Tari Jaipong dimainkan oleh dua orang perempuan khususnya asal Jawa Barat.

    3. Tari Zapin

    Tari satu ini berasal dari Melayu namanya yaitu Tari Zapin. Tarian ini dimainkan oleh sepasang penari lelaki dan perempuan pada dasarnya tari ini merupakan budaya islami yang ada di tanah melayu.

    Tari Zapin sangat populer dan menjadi kebanggan bagi masyarakat melayu biasanya tarian ini dimainkan pada banyak pertunjukan terutama di daerah Sumatera.

    4. Tari Saman


    tari saman

    Tari ini merupakan tari asal Aceh biasanya tari ini dimainkan secara berkelompok pada perayaan masyarakat adat Aceh maupun perayaan lainnya. Uniknya gerakan tarian ini menampilkan gerak tepuk tangan dan gerak tepuk dada.

    Berbeda dengan tarian lainnya, tari Saman gak diiringi musik tetapi menggunakan suara atau nyanyian dari para penarinya. Sambil dipadukan dengan tepuk tangan, tepukan dada, dan tepukan pangkal paha.

    5. Tari Piring

    Tari Piring berasal dari daerah Sumatera Barat tepatnya Minangkabau, tari piring dimainkan secara berpasangan dan berkelompok biasanya tari piring dibawakan pada acara-acara penting.

    Tarian ini memiliki gerakan yang cepat dan para penarinya membawakan piring di telapak tangan sambil menggerakan tarinya.

    6. Tari Serampang Dua Belas

    Tari ini berkembang di daerah Sumatra Utara (Melayu Deli), Sumatra Barat (ranah Minang), dan Riau (Pekanbaru) yang populer di kalangan masyarakat Melayu di masa lampau.

    Tari Serampang Dua Belas dimainkan secara berpasangan antara putra dan putri. Tarian ini memiliki gerakan yang menitikberatkan pada permainan mata, gerak kaki memutar dan lompatan, ditambah dengan gerak tangan dan tubuh yang gemulai.

    7. Tari Payung


    tari payung

    Tari payung ini berasal dari Sumatera Barat dimainkan oleh beberapa penari secara berpasangan dengan barang utamanya yaitu payung. Gerakan nya seirama dengan iringan musik yang diberikan.

    8. Tari Legong

    Tari Legong berasal dari Bali yang dimainkan oleh 2 orang perempuan dan juga para penari yang memakai pakaian adat yang sangat indah. Mulanya tarian ini sebagai tarian persembahan.

    Seiring perkembangannya zaman, tarian ini bukan hanya sebagai tarian persembahan aja. Tetapi, bisa disaksikan pada acara-acara seperti pernikahan, acara adat dan lainnya.

    9. Tari Wireng

    Tari Wireng merupakan tari yang berasal dari Jawa Tengah yang dimainkan secara berpasangan dimana tarian ini mengekspresikan keprajuritan dalam medan perang dengan gerakan yang berirama maupun berbeda.


    10. Tari Bedhaya

    Tari Bedhaya berasal dari Yogyakarta, tarian ini dimainkan secara berpasangan dengan memakai kostum pakaian Jawa. Tari Bedhaya berkembang sejak dahulu pada masa Keraton Mataram Islam. Makna tarian ini tergambarkan jelas pada setiap gerakan-gerakannya.

    11. Tari Gambyong

    Selanjutnya ada tari Gambyong yang berasal dari Surakarta, pada umumnya tarian ini ditampilkan sebagai penerima tamu dalam suatu acara, pementasan seni, festival, upacara adat dan dimainkan oleh 4-8 penari secara berpasangan.

    12. Tari Remo

    Tari berpasangan yang berasal dari Jawa Timur ini bernama tari Remo. Tarian ini dimainkan oleh beberapa pasangan dengan gerakan kaki yang lebih mencolok, dimamis dan kencang. Tari Remo sebenarnya digunakan untuk menyambut tamu agung atau tamu yang berasal dari kota jauh.

    13. Tari Janger

    Tari Janger adalah tarian yang berasal dari Bali, jumlah penari dalam tarian ini ada 10 orang berpasangan terdiri dari 5 pria dan 5 wanita. 5 pria disebut dengan kecak, dan 5 wanita disebut dengan janger. Serta diiringi gerakan yang dinamis dan musik gamelan khas Bali.

    14. Tari Merak

    Tari Merak merupakan tari tradisional Indonesia yang cukup populer di daratan Jawa. Tarian ini dimainkan berpasangan oleh dua orang perempuan yang menggunakan kostum seperti bulu-bulu khas burung merak dan gerakan yang bervariasi.

    15. Tari Garuda Nusantara

    Tari berpasangan asal Jawa Timur bernama tari Garuda Nusantara ini dimainkan oleh dua orang pria yang memiliki postur gagah, tegas layaknya burung garuda. Tarian ini menggambarkan burung garuda sebagai lambang negara kita sebagai kesatuan dan persatuan.

    16. Tari Golek Menak

    Tari Golek Menak atau dikenal dengan nama lain tari Beksa Golek Menak / Beksan Menak merupakan tarian yang berasal dari Yogyakarta. Gerakan yang ditampilkan oleh penari berbeda-beda tergantung dari karakter yang diangkat oleh penari tersebut serta tarian ini diiringi Gamelan berlaras Pelog.

    17. Tari Cakalele

    Tari Cakalele merupakan tari tradisional khas Maluku, tarian ini dimainkan kurang lebih oleh 30 orang penari baik pria maupun wanita. Tari Cakalele memakai pakaian khas perang zaman dulu dan diiringi musik beduk (tifa), suling, dan kerang besar (bia) yang ditiup.

    Pakaian yang digunakan penari pria dan wanita pun berbeda, para penari pria menggunakan pakaian perang yang didominasi oleh warna merah dan kuning tua. Sedangkan, penari wanita menggunakan pakaian warna putih dan memegang sapu tangan (lenso) di kedua tangannya.

    18. Tari Pendet


    tari pendet

    Tari berkelompok asal Bali yang satu ini bernama tari Pendet. Mulanya, tari Pendet merupakan tari pemujaan yang diperagakan di pura menggambarkan penyambutan atas turunnya dewa dewi ke alam marcapada. Seiring perkembangan zaman, tari Pendet dimainkan sebagai tarian penyambutan kedatangan para tamu.

    Gerakan-gerakan tari Pendet sangatlah mudah sehingga tari Pendet dapat dijadikan tarian dasar untuk melatih keterampilan awal tari Bali baik laki-laki maupun perempuan.

    19. Tari Regol Gunungsari

    Tari Regol Gunungsari merupakan tarian yang berasal dari Jawa Tengah, mulanya tarian ini dimainkan secara tunggal. Namun, seiring perkembangan zaman tari Regol Gunungsari dimainkan secara berpasangan. Tari ini bercerita tentang kisah Panji, yang diangkat dari cerita leluhur masyarakat Jawa di masa lampau.

    20. Tari Prawiroguno

    Tari berpasangan lainnya yang berasal dari Jawa Tengah yaitu tari Prawiroguno. Tarian ini dimainkan oleh sepasang pria gagah yang terinspirasi dari kehebata para pejuang Indonesia di masa penjajahan dengan memakai properti pedang samurai dan tameng.

    FAQ

    Apa Saja Tari Berpasangan Asal Indonesia?
    1. Tari Kethuk Tilu
    2. Tari Jaipong
    3. Tari Zapin
    4. Tari Saman
    5. Tari Piring
    6. Tari Serampang Dua Belas
    7. Tari Payung
    8. Tari Legong
    9. Tari Wireng
    10. Tari Bedhaya
    11. Tari Gambyong
    12. Tari Remo
    13. Tari Janger
    14. Tari Merak
    15. Tari Garuda Nusantara
    16. Tari Golek Menak
    17. Tari Cakalele
    18. Tari Pendet
    19. Tari Regol Gunungsari
    20. Tari Prawiroguno

    Kesimpulan


    Nah, itudia pembahasan singkat mengenai contoh tari berpasangan asal Indonesia. Apakah ada tarian yang berasal dari daerahmu?. Share artikel ini ke temanmu, semoga pembahasan ini dapat bermanfaat ya sob.


    0 Response to "20 Contoh Tari Berpasangan Asal Indonesia"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close