Recent Post

    Cara Membuat Activity Diagram di Visio 2016

    Cara Membuat Activity Diagram di Visio - Sebelumnya saya telah memberikan tutorial cara membuat use case diagram di visio 2016, dan sekarang saya akan membahas tentang diagram UML lainnya, yaitu Activity Diagram.


    Activity diagram merupakan diagram yang menggambarkan aliran aktivitas dalam sebuah sistem yang dirancang dimana masing-masing aliran memiliki awal, keputusan (decision) yang kemungkinan terjadi, pengulangan, dan akhir dari aktivitas tersebut.

    cara membuat activity diagram di visio 2016

    Pada umumnya activity diagram dianggap sama seperti flowchart atau diagram alir dalam perancangan sistem secara struktur lainnya. Tetapi, sebenarnya berbeda activity diagram ini dibuat berdasarkan use case atau beberapa use case diagram.

    Hal yang perlu diperhatikan saat membuat activity diagram ialah activity diagram bukan menggambarkan aktivitas sistem yang dilakukan oleh aktor, melainkan menggambarkan aktivitas yang dapat dilakukan oleh sistem.


    Activity diagram memiliki beberapa simbol dan masing-masing simbol memiliki bentuk tertentu dan fungsi yang berbeda, berikut simbol-simbol activity diagram:

    • Initial Node
    initial node

    Simbol ini berbentuk lingkaran hitam kecil yang menandakan bagaimana objek dibentuk atau diawali untuk setiap diagram aktivitas.

    • Activity
    activity
    Simbol ini menggambarkan aktivitas yang dilakukan atau saling berinteraksi dalam activity diagram.

    • Decision
    decision
    Decision memiliki bentuk seperti belah ketupat, simbol ini menggambarkan suatu kondisi atau keputusan yang harus diambil pada saat tertentu.

    • Action Flow
    action flow
    Action flow merupakan simbol yang berbentuk panah biasa digunakan untuk transisi atau menghubungkan satu simbol/tindakan dengan simbol lainnya.

    • Synchornization
    synchornization

    Synchornization dibagi menjadi 2, yaitu fork dan join.
      • Fork (percabangan), yang digunakan untuk memecah behaviour menjadi activity atau action paralalel.
      • Join (penggabungan), untuk menggabungkan kembali activity atau action paralel.

    • Activity Final Node
    activity final node
    Simbol ini berbentuk lingkaran hitam kecil diluarnya lingkaran hitam tersebut terdapat lingkaran lagi yang menandakan bagaimana objek ini berakhir.

    Tujuan dari pembuatan activity diagram itu sendiri sebagai berikut:
    • Menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses
    • Menggambarkan aliran paralel, bercabang dan bersamaan dari sistem
    • Membantu memahami proses secara keseluruhan

    Lalu, bagaimana cara membuat activity diagram ini? Kamu bisa membuat activity diagram ini menggunakan software gratis yaitu microsoft visio. Cara membuat activity diagram di visio 2016 cukup mudah berikut langkah-langkahnya:

    Cara Membuat Activity Diagram di Visio 2016


    Langkah Pertama

    membuat activity diagram di visio

    Pertama buka aplikasi Microsoft Visio 2016 terlebih dahulu, lalu pilih UML Activity. Jika kamu tidak menemukan UML Activity, kamu bisa mencarinya dengan search "uml activity" pada kolom search templates.

    Langkah Kedua

    membuat activity diagram di visio

    Setelah itu kamu klik UML Activity dan klik Create.

    Langkah Ketiga

    membuat activity diagram di visio

    Jika, sudah tampilan akan seperti ini dan kamu bisa membuat activity diagram sesuai dengan rancanganmu dengan menarik simbol-simbol yang ada di sebelah kiri ke arah lembar kerja.

    Kesimpulan


    Nah, itu dia bagaimana cara membuat activity diagram di visio 2016. Jangan lupa share artikel ini ke temanmu, semoga informasi ini bermanfaat ya sob.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Activity Diagram di Visio 2016"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel