Recent Post

    Cara Membuat Portofolio Online Untuk Melamar Kerja

    Cara Membuat Portofolio Online - Dalam melamar pekerjaan kamu pasti pernah menemui perusahaan yang membuka lowongan dengan berbagai persyaratan penting salah satunya adalah mencantumkan portofolio. 


    Alasan perusahaan membutuhkan portofolio biasanya tergantung dari posisi yang mereka buka dan diharuskan memiliki sebuah pengalaman dibidang tersebut.

    Karena mereka belum kenal denganmu, maka mereka pertama kali akan melihat dari CV dan juga portofoliomu untuk mengetahui seberapa menguasainya dan seberapa layaknya kamu di posisi tersebut. 

    cara membuat portofolio online

    Bicara tentang portofolio, apakah kamu masih bingung apa itu portofolio dan apa saja fungsi portofolio? Simak ulasannya dibawah ini:

    Apa itu Portofolio


    Secara umum portofolio adalah dokumen-dokumen atau lampiran-lampiran mengenai hasil karya dari aktivitas yang telah dikerjakan. Dimana dokumen ini dibuat menarik dan disusun secara rapih.

    Menurut Erman, S.A, 2003 dalam Cartono dan Nahadi, portofolio adalah laporan lengkap segala aktivitas seseorang yang dilakukannya.

    Menurut Gronlund (1998 : 159), portofolio adalah mencakup berbagai contoh pekerjaan siswa yang tergantung pada keluasan tujuan.

    Fungsi Portofolio


    Portofolio berfungsi sebagai tempat dimana hasil karya atau hasil kerja kerasmu disimpan secara rapih dan baik. Hasil karya tersebut sebagai bukti bahwa kamu menguasai atau kompeten dalam bidang yang kamu kerjakan.

    Selain itu, portofolio juga saat ini sangat penting dalam melamar kerjaan karna portofolio menjadi bahan pertimbangan bagi HRD memanggil kamu untuk bekerja di perusahaannya. Perlu digaris bawahi juga jangan pernah kamu membuat portofolio secara asal-asalan, buatlah sejujur mungkin sesuai dengan kemampuanmu yang menurutmu kompeten.


    Cara Membuat Portofolio Online


    Apabila selama ini kamu memiliki sebuah hasil karya dari aktivitasmu tapi tidak pernah didokumentasikan. Jadikanlah hasil karyamu itu menjadi sebuah portofolio, bisa jadi portofoliomu nanti akan berguna untuk melamar kerja.

    Untuk kamu yang baru pertama kali membuat portofolio dan bingung bagaimana cara membuat portofolio online. Berikut ini akan saya berikan pembahasan bagaimana cara membuat portofolio lamaran kerja yang baik dan benar:

    Langkah Pertama

    Disini saya akan memberikan cara membuat portofolio online menggunakan google slide. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buka situs Google Slide.

    Langkah Kedua

    Selanjutnya kamu pilih portofolio, secara otomatis kamu akan dialihkan ke laman portofolio google slide.

    Langkah Ketiga

    Di laman portofolio ini kamu bisa mengisi dan desain sesuai keinginan. Cara membuat desain portofolio ada di bagian kanan laman tersebut, kamu tinggal pilih tema yang diinginkan dan mulai mengeditnya.

    Langkah Keempat

    Jika sudah jangan lupa untuk menyimpan portofolio tersebut dan hasilnya simpan baik-baik untuk melamar pekerjaan.

    Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Portofolio


    Sekali lagi saya bilang jangan membuat portofolio secara asal-asalan buatlah sejujur dan semenarik mungkin. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membuat portofolio diantaranya yaitu:

    1. Perkenalan Singkat

    Pertama perkenalkan dirimu secara singkat, perkenalan disini bukan tentang identitas pribadimu tapi lebih kearah kelebihan dan kekuranganmu, minat dan kemampuan yang kamu kuasai.

    2. Mencantumkan Keahlian dan Keterampilan

    Yang terpenting yaitu cantumkan keahlian serta keterampilanmu. Misalkan keahlianmu dibidang IT masukkan keahlianmu disana karna bidang IT cukup luas, persempit lagi ruangnya kamu cenderung lebih ahli mengolah atau mengelola apa.

    3. Mencantumkan Pengalaman Kerja

    Pengalaman kerja ini bisa kamu cantumkan dalam portofolio biasanya pengalaman ini dicantumkan dalam 3 tahun terakhir kamu. Jika, tidak ada pengalaman keja bisa kamu cantumkan pengalam organisasi baik di sekolah/kampus atau organisasi lainnya tentunya yang bernilai positif.

    4. Mencantumkan Hasil Karya

    Belum lengkap apabila portofolio tidak mencantumkan hasil karyamu. Hasil karya ini seperti desain, website, atau tulisan dimana sudah diakui oleh klien atau orang lain.

    Kesimpulan


    Nah, demikian penjelasan mengenai portofolio beserta fungsinya dan bagaimana cara membuat portofolio online. Sekarang kamu bisa mendokumentasikan hasil karyamu menjadi sebuah portofolio yang bernilai dan bisa dipakai untuk melamar kerja.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Portofolio Online Untuk Melamar Kerja"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel