Recent Post


    5 Cara Jitu Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Dijamin Lancar Lagi!

    Cara Mengatasi Laptop Lemot - Seringkali banyak orang yang mengeluh saat bermain laptop karena lemot mungkin salah satunya termasuk kamu. Laptop lemot memanglah menyebalkan apalagi ketika kita memiliki tugas yang sedang banyak dan ada batas waktunya.


    Tidak sedikit yang berpikir bahwa laptop yang lemot disebabkan karena penyimpanan di laptop itu sendiri semakin menipis atau bahkan hampir tidak ada ruang lagi sehingga menyebabkan laptop lemot. Pernyataan tersebut bisa dikatakan benar jika kamu merasa penyimpanan di laptop sudah penuh.

    cara mengatasi laptop lemot

    Namun, bagaimana bila penyimpanan laptop masih banyak yang kosong, tetapi laptop sudah berat untuk dijalankan. Hal ini sangatlah aneh dan membuat diri kita kesal sendiri. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop menjadi lelet diantaranya yaitu:

    Penyebab Laptop Lemot


    1. Banyaknya aplikasi yang dijalankan

    Selain ruang penyimpanan yang penuh, faktor penyebab laptop lambat ialah banyaknya aplikasi yang sedang kamu jalankan. Kalo laptop kamu memiliki spesifikasi yang medium sebaiknya hindari untuk membuka banyak aplikasi. Karna hal ini bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat.

    2. Adanya virus pada laptop

    Laptop lambat bisa jadi disebabkan oleh virus yang ada pada laptop kamu. Virus ini bisa masuk ketika kamu sedang berselancar di dunia maya atau saat menginstall sebuah aplikasi.

    3. Tidak pernah update OS terbaru

    Jika ada pemberitahuan mengenai update terbaru OS lakukanlah pembaharuan. Karna bisa jadi pembaharuan OS tersebut merupakan mengatasi masalah yang ada pada OS versi sebelumnya. Kalo kamu jarang bahkan tidak pernah update OS, maka wajar jika laptop kamu lemot.

    4. Jangan membuka banyak tab browser

    Sama halnya dengan membuka banyak aplikasi, jangan lakukan buka tab browser lebih dari 10. 10 tab browser saja sudah membuat laptop lambat. Jadi, hindari untuk membuka banyak tab atau bukalah yang paling terpenting.

    5. Penggunaan extension browser

    Penggunaan extension browser juga memengaruhi kinerja laptop lho. Install extension yang kamu butuhkan saja pada browser. Jangan semua hal yang menarik kamu install, karna hal ini akan membuat kinerja laptop dan juga browser menjadi berat.


    Nah, dari beberapa penyebab laptop lambat tersebut. Sekarang saya akan memberikan beberapa cara mengatasi laptop lambat menggunakan CMD atau cara lain yang mudah.

    Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10


    Berikut ini cara mengatasi laptop lemot pada windows 10 atau bisa juga dilakukan pada laptop windows 8. Simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

    1. Menggunakan service %temp%


    Kamu bisa menggunakan layanan service untuk mengatasi laptop lemot berikut ini caranya:

    • Buka menu Run, lalu ketikan %temp%
    • Jika sudah kamu akan diarahkan pada folder yang berisi file cache. Silahkan blok semua file tersebut atau tekan CTRL + A, lalu tekan del dan OK
    • Secara otomatis file tersebut akan dihapus, sekarang restart laptopmu dan coba bandingkan kinerja laptop dengan yang sebelumnya

    2. Melakukan defrag harddisk


    Fragmentasi merupakan hal yang cukup penting untuk meningkatkan kinerja laptop. Fragmentasi atau proses pengurutan ini berfungsi agar laptop dapat memproses sesuai pengurutan sehingga proses tidak acak-acakan.

    Untuk melakukan fragmentasi caranya cukup mudah kok. Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya disini Cara Defrag Harddisk Pada Windows 10. Minimal lakukan defrag harddisk 1 bulan sekali jangan terlalu sering karna tidak baik juga untuk harddisk.

    3. Uninstall aplikasi tidak terpakai


    Mungkin saja memang penyebab laptop kamu lambat ialah karna banyaknya aplikasi. Untuk mengatasinya silahkan copot atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai. Karna percuma saja kamu memiliki aplikasi tersebut tetapi tidak pernah dipakai, itu hanya membuang ruang penyimpanannya saja.

    4. Menghentikan superfetch menggunakan CMD


    Service superfetch atau disk usage kamu bisa jadi sudah mencapai 100%. Hal ini sudah pasti akan membuat laptop menjadi lemot. Nah, cara mengatasi laptop lambat dengan CMD yaitu:

    • Buka Command Prompt terlebih dahulu
    • Jika CMD sudah terbuka ketik "net.exe stop Superfetch" lalu Enter
    • Selanjutnya ketik "net.exe stop "Windows Search""

    5. Bersihkan virus menggunakan antivirus terbaik


    Virus bisa masuk ke laptop melalui apa saja baik secara offline maupun offline. Oleh karena itu, pentingnya antivirus di setiap laptop. Tapi, kamu juga perlu menggunakan antivirus terbaik karna ada antivirus bukannya menghilangkan virus tetapi malah menambah virus.

    Kesimpulan


    Demikianlah beberapa cara mengatasi laptop lemot pada windows 10 yang bisa kamu ikuti. Cara ini sudah terbukti dan dijamin dengan mengikuti langkah-langkah diatas. Kinerja laptop kamu akan semakin lancar dan tidak lambat lagi. Share artikel ini ke temanmu ya guys.

    Belum ada Komentar untuk "5 Cara Jitu Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Dijamin Lancar Lagi!"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close