Recent Post


    Solusi Flashdisk Tidak Bisa Di Format Pada Komputer

    Solusi Flashdisk Tidak Terbaca - Flashdisk tidak bisa di format tentu saja ada penyebabnya. Flashdisk yang akan di format biasa nya ingin di gunakan untuk install ulang windows via flashdisk dan kemungkinan hal b    esar terjadi karena program partisi nya error atau mengalami kerusakan, corrupt, terkena virus dan hal lain nya yang bisa menyebabkan flashdisk tidak bisa di format.


    Ketika flashdisk terserang virus atau sengaja ingin di kosongkan ruang kapasitas nya yang di lakukan kebanyakan orang biasa nya memformat flashdisk nya. Dengan begitu flashdisk bersih dari virus dan kosong tidak ada satu file pun di dalam nya seperti hal nya flashdisk baru pakai. Itulah penting nya memformat pada sebuah flashdisk.

    Terkadang ketika kita menghubungkan sebuah flashdisk ke pc / komputer tiba – tiba flashdisk seperti meminta untuk di format dimana hal ini akan terjadi dan menghapus semua data – data yang ada di dalam flashdisk tersebut. Jika tidak ingin seluruh data terhapus maka cadangkan terlebih dahulu semua data yang ada di dalam flashdisk.

    solusi flashdisk tidak terbaca

    Penyebab Flashdisk Tidak Bisa di Format


    Selain karena kapasitas yang terisi sudah penuh ada beberapa alasan penyebab masalah flashdisk memang harus di format yaitu alasan nya sebagai berikut:

    File System Tidak Dikenali

    Salah satu nya yaitu file system tidak dapat di kenali oleh komputer. Microsoft windows biasa nya mensupport tipe format yang berbeda yaitu FAT 32 (file allocation table 32), NTFS (new technology file system), dan exFAT (versi FAT 32 yang lebih unggul). Apabila flashdisk pernah di format ke ext 2 atau ext 3 yang compatible dengan operating system tersebut, sehingga ketika di gunakan pada windows tidak dapat di kenali di sistem operasi ini.

    Proses Transfer File Bermasalah

    Ada baik nya jika sedang melakukan proses pemindahan file jangan biarkan terganggu karena dapat mengundang hilang nya data atau menjadikan sebuah file itu corrupt.

    Terserang Virus

    Bukan hanya flashdisk yang bisa terkena virus perangkat keras juga bisa terkena virus dan mengalami berbagai masalah. Pada kasus ini bisa jadi flashdisk tertular virus dari komputer yang pernah di hubungkan.

    Tiga penyebab di atas adalah yang paling sering terjadi. Namun ada 1 lagi penyebab yang cukup jarang terjadi menurut artikel di ITKoding. Yaitu flashdisk yang di lock atau dikunci. Jika kondisi tersebut menimpa kita maka flashdisk tidak akan bisa diformat. Kita harus unlock terlebih dahulu. Nah, untuk unlock flashdisk silahkan baca tutorialnya pada artikel cara mengatasi flashdisk write protected.

    Nah dari beberapa alasan tersebut di atas maka flashdisk sangat wajib untuk di format. Setelah tahu apa saja yang sebab nya maka yakin sekali bahwa rasa nya ingin segera cepat – cepat di format.

    Cara memformat flashdisk yang biasa orang – orang lakukan adalah klik kanan pada drive flashdisk lalu pilih pada menu format lalu beri centang pada kotak kecil yang bertuliskan quick format agar proses format nya cepat terselesaikan jika tidak di beri centang pada kotak tersebut maka akan memakan waktu yang cukup lama. Kemudian tunggu beberapa saat proses sampai selesai.

    Adakala nya ketika pada saat kita melakukan format di pc / komputer seketika mengalami masalah seperti tidak mau atau tidak bisa di format lalu muncul peringatan windows was unable to complete the format.

    Ada pula flashdisk yang tidak dapat di format di karena kerusakan pada hardware nya itu bisa terjadi karena korslet, terkena air atau basah di dalam USB nya, terbanting jatuh serta usia pemakaian. Hal ini biasa nya banyak terjadi dan tidak dapat lagi di perbaiki agar untuk bisa di format.


    Maka dari itu jika kita mempunyai sebuah flashdisk harus lah sangat berhati – hati untuk menjaga serta merawat nya dari kerusakan, entah itu kerusakan dari dalam ataupun kerusakan dari luar flashdisk karena jika tidak di rawat dan di jaga dengan hati – hati flashdisk pasti ada saja terkena macam – macam masalah yang di alami ketika proses pemakaian nya di komputer nanti.

    Terkadang sudah mencoba berulang kali memformat flashdisk nya namun tetap saja tidak berhasil dan tidak bisa sama sekali untuk di format. Tapi tidak masalah dan jangan terlalu panik berlebihan karena jika kendala nya pada software semua pasti ada jalan keluar solusi nya, flashdisk masih bisa di perbaiki segera agar mudah di format.

    Tutorial Flashdisk Yang Tidak Bisa di Format


    Solusi terbaik flashdisk tidak bisa di format ada beberapa langkah yaitu:

    Masuk ke Computer Management

    Lakukanlah low format, hal ini bisa di gunakan jika perangkat menggunakan produk windows 7 dan 8. Langkah awal yang harus di lakukan adalah pergi ke bagian "run" windows+R lalu ketik diskmgmt.msc

    Buat partisi flashdisk

    Jika flashdisk sudah terbaca di komputer klik kanan pada flashdisk selanjutnya pilih New simple volume. Ikuti proses hingga selesai. Lalu klik kanan pilih menu format.

    Hubungan kembali ke pc / komputer

    Setelah proses format selesai cobalah lepaskan flashdisk dari komputer lalu hubungkan kembali ke komputer maka otomatis flashdisk tidak akan meminta untuk memformat kembali and itu artinya USB drive berhasil untuk di format.

    flashdisk tidak terbaca


    Itulah langkah – langkah solusi yang sangat tepat bagi yang memiliki masalah pada flashdisk yang tidak dapat di format dan apabila tidak berhasil juga kemungkinan kerusakan tidak pada software nya akan tetapi masalah nya ada pada hardware nya.

    Kesimpulan


    Jangan lupa, ikuti tutorial langkah – langkahnya sesuai dengan urutan yang telah di jelaskan agar proses format lancar dan berhasil. Demikian mengenai cara memperbaiki flashdisk tidak bisa di format.

    Belum ada Komentar untuk "Solusi Flashdisk Tidak Bisa Di Format Pada Komputer"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close