Recent Post

5+ Cara Jitu Membersihkan Ram Laptop Agar Kinerja Makin Lancar

Cara Membersihkan Ram Laptop - Kamu pasti pernah mengalami hal saat sedang bermain laptop, tetapi kinerja dari laptop itu sendiri sangat lambat/lemot. Hmm, mungkin salah satu penyebab laptop lemot tersebut ada pada RAM nya yang makin penuh.


Tanpa kamu sadari RAM bisa terisi penuh karena beberapa faktor seperti kamu sedang membuka banyak file atau aplikasi sehingga penggunaan CPU yang berlebih.. Ketika sudah merasa kesal dengan lemotnya laptop banyak orang yang gegabah dengan mengupgrade kapasitas RAM nya.

cara membersihkan ram laptop

Seperti yang kita ketahui mengupgrade RAM tentu memerlukan biayanya tidak murah. Belum lagi untuk laptop yang tidak memiliki slot untuk menambah RAM, mau tidak mau harus mengganti yang lain-lainnya. Padahal ada cara untuk membersihkan kapasitas RAM agar kembali berjalan efektif.

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara mengosongkan RAM laptop. Kamu perlu tau apa itu RAM dan fungsinya buat apa. Jangan kamu hanya menyebut RAM saja tapi tidak tau apa arti dan fungsinya.


Pengertian RAM dan Fungsi RAM


RAM (Random Access Memory) adalah media penyimpanan sementara atau jangka pendek ketika komputer dijalankan. Jika komputer dimatikan otomatis penyimpanan pada RAM akan hilang karna sifatnya yang sementara itu.

Fungsi RAM yaitu sebagai berikut:

  • Membantu kamu dalam pekerjaan yang sifatnya multitasking
  • Mempercepat dalam membaca data
  • Meningkatkan kinerja komputer

RAM bisa membantu kamu untuk pekerjaan multitasking serta membuka banyak program, namun perlu digaris bawahi bahwa kamu harus memiliki kapasitas RAM yang besar. Jika tidak memiliki ruang yang cukup, maka bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat atau lemot karna penyimpanan RAM penuh.

Cara Membersihkan RAM Laptop

Untuk mengatasi kinerja yang lemot pada laptop dan kamu juga tidak mau mengeluarkan dana yang cukup besar untuk mengupgrade RAM. Berikut ini saya akan memberikan beberapa cara dalam membersihkan RAM laptop agar kinerja kembali lancar. Cara ini bisa dilakukan untuk laptop windows 8 dan 10.

1. Hentikan Proses Yang Tidak Penting

Untuk mengatasi laptop lemot karna RAM penuh, kamu bisa coba untuk menghentikan atau mematikan proses program yang tidak penting. Menghentikan program yang sedang berjalan ini bisa dilakukan melalui task manager.

  • Buka Task Manager terlebih dahulu
  • Pada tab Process silahkan end task program yang menurutmu tidak penting
  • Jika masih lemot, klik tab Startup dan disable program yang otomatis sedang berjalan

2. Restart Laptop

Karna sifat RAM yang sementara ini ketika RAM sudah penuh coba restart ulang laptop kamu. Dengan merestart laptop maka penyimpanan RAM akan kembali diatur ulang bisa dikatakan akan kosong lagi. Meskipun begitu bukan berarti cara ini bisa meningkatkan kapasitas RAM ya, merestart hanya untuk membersihkan aplikasi yang berjalan sebelumnya.

3. Uninstall Program Yang Tidak Terpakai

Jika masih lemot juga silahkan uninstall program yang otomatis berjalan. Namun, kamu perlu pastikan bahwa program tersebut memang sudah tidak pernah terpakai. Sebab, daya RAM akan ikut terpakai meski program tersebut tidak dipakai. Jangan sampai menyesal setelah kamu menguninstall program tersebut.



4. Gunakan Aplikasi Yang Ringan

Apabila kamu terpaksa harus meminimalisir penggunaan RAM, kamu bisa gunakan aplikasi yang ringan atau aplikasi alternatif dari aplikasi yang kamu pakai sekarang. Banyak kok aplikasi alternatif yang ringan, tapi memiliki fitur yang hampir sama dengan aplikasi utama.

5. Menambah atau Menggunakan Memori Virtual

Sebenarnya memori virtual ini otomatis akan dijalankan oleh sistem operasi windows ketika RAM kamu sudah penuh. Namun, kamu bisa memaksimalkan memori virtual ini dengan menambah kapasitasnya menjadi lebih tinggi agar kinerja tetap stabil.

Berikut ini langkah-langkah menambah virtual memori sistem operasi windows:

  • Buka Control Panel terlebih dahulu
  • Ubah view Category menjadi Small Icons lalu pilih System
  • Selanjutnya klik Advanced system settings
  • Klik tab Advanced, lalu klik Settings yang berada di bawah tombol Performance
  • Kembali ke tab Advanced dan klik Change
  • Hilangkan ceklis pada Automatically Manage Paging File Size For All Device
  • Ceklis Custom Size dan kamu bisa menentukan sendiri ukuran virtual memorimu
  • Jika sudah klik OK

Kesimpulan

Nah, itulah bagaimana cara membersihkan laptop yang benar agar kinerja laptop kembali lancar. Langkah terakhir jika laptop kamu masih lemot yaitu dengan menambah kapasitas RAM, namun kamu perlu menyiapkan dana yang cukup besar tergantung dari seberapa besar kamu menambahkannya. Share artikel ini ke temanmu semoga informasi ini bermanfaat ya guys.

Belum ada Komentar untuk "5+ Cara Jitu Membersihkan Ram Laptop Agar Kinerja Makin Lancar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel