Recent Post


    5 Tips Merawat Kucing Dengan Baik Agar Sehat

    Tips Merawat Kucing - Kucing merupakan salah satu hewan yang dijadikan peliharaan oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Alasannya ialah karna kucing hewan yang menggemaskan dan lucu untuk diajak bermain. Namun, kamu perlu memperhatikan cara merawat kucing untuk pemula, sebab merawat kucing merupakan hal susah-susah gampang lho.


    Dibilang susah-susah gampang karna kucing memiliki berbagai jenis dan karakteristiknya masing-masing. Dari masing-masing jenis kucing berbeda juga cara merawatnya, makanannya, bahkan tempatnya. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kucing terutama kamu yang memiliki kucing dirumah.

    tips merawat kucing

    Jika, kamu mengetahui jenis kucing peliharaanmu itu akan memudahkanmu dalam merawat kucing dengan baik agar hewan tersebut dapat berkembang biak dengan baik dan hidup dengan sehat. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan cara memelihara kucing yang baik dan benar.

    Tips Merawat Kucing Yang Baik dan Benar

    Meskipun masing-masing karakter kucing berbeda, namun cara merawat kucing ini hampir sama kok. Berikut ini beberapa tips merawat kucing untuk pemula ini juga berlaku untuk tips merawat kucing persia dan anggora.

    1. Siapkan kandang dan lingkungan yang nyaman


    cara merawat kucing pemula

    Tips yang pertama yaitu ciptakan sebuah lingkungan yang nyaman untuk ditempati kucingmu. Karna faktor lingkungan dapat memengaruhi kebiasaan dan perilaku kucing tersebut. Kita ambil contoh saja jika kamu memiliki kucing yang aktif bermain maka siapkan lingkungan yang agak luas sehingga ia bisa bermain dengan bebas.

    Jangan lupa untuk membuat kandangnya tambahan untuk membuat kandang yaitu sediakan pasir ataupun batu kecil yang halus didalam kandang. Hal ini dikhususkan untuk tempat membuang kotoran si kucing dan juga memudahkanmu dalam membersihkannya.

    Kalo memungkinkan buatlah kandang dengan ventilasi udara dimana sinar matahari juga bisa masuk ke dalam kandang. Agar sirkulasi udara di dalam kandang berjalan lancar sehingga akan membuat kucing menjadi nyaman.

    2. Berikan makanan yang bergizi dan sesuai dengan kebutuhannya

    Selanjutnya hal yang penting dalam merawat kucing yaitu memperhatikan makanan untuk kucing tersebut. Kamu harus tahu dulu kesukaan dan makanan yang cocok untuk kucingmu. Sama halnya dengan manusia kucing juga perlu asupan sesuai kebutuhan.

    Berikan makanan dan minuman 4 kali dalam sehari pastikan makanan yang kamu berikan memiliki nutrisi dan vitamin yang tinggi. Kamu juga perlu membuat tempat khusus untuk makanan dan minumannya agar mereka makan tidak berantakan.

    Untuk makan di tempat khusus kucing perlu beradaptasi sedikit. Oleh karena itu, biasakan kamu menaruh makanan dan minumannya di tempat yang sama sehingga ia akan terbiasa.


    3. Mandikan kucingmu secara teratur

    Meskipun seperti yang kita ketahui kalo kucing adalah hewan yang takut air. Tetapi, kamu harus tetap memandikannya secara teratur agar kebersihannya tetap terjaga. Usahakan dalam memandikannya jangan hanya disiram saja, tapi beri shampo khusus kucing yang berguna untuk mencegah kuman pada bulunya.

    Setelah dimandikan jangan biarkan dia basah begitu saja. Keringkan bulu-bulunya bisa menggunakan hari dryer dan sisir bulu-bulu tersebut secara perlahan agar tidak rontok.

    4. Berikan perawatan pada kucing


    cara merawat kucing persia

    Maksudnya perawatan disini adalah berikan suntikan vitamin atau vaksin untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Karna kucing bukan robot mereka juga bisa terkena penyakit ataupun bakteri. Selain itu, berikan ia perawatan lainnya seperti perawatan fisik.

    Perawatn fisik disini ialah memotong kuku yang panjang biasanya dilakukan sebulan sekali. Lalu, kamu bisa mencukur bulunya yang panjang agar terlihat rapih dan bersih kembali. Membersihkan kotoran dikuping, hidung, dan mulutnya kadang hal ini dianggap sepele padahal sangat penting lho.

    5. Ajak bermain atau berinteraksi bersama

    Kucing juga makhluk hidup ia pasti butuh bermain untuk membuatnya senang. Cobalah sering-sering kamu ajak ia bermain keluar rumah sambil berjalan bersama dan juga belikan ia mainan untuk bermain sendiri.

    Kucing sangat senang apabila ada mainan yang bisa ia mainkan seperti bola, tongkat, benda kecil yang halus lainnya. Apalagi ia bisa berinteraksi denganmu setiap saat dan bermain dengan mainannya hal ini bisa membuat diri sendiri senang dan juga bisa menumbuhkan rasa kepekaan pada kucing.

    Kesimpulan

    Demikian lah beberapa tips merawat kucing dan bagaimana cara merawat kucing untuk pemula baik itu kucing kampung, kucing persia, atau kucing anggora. Bagi pecinta kucing hayo apakah tips diatas sudah kamu lakukan semuanya? Share artikel ini ke pecinta kucing ya guys.

    Belum ada Komentar untuk "5 Tips Merawat Kucing Dengan Baik Agar Sehat"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel