Recent Post

    Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Murah dan Aman

    Cara Membuat Hand Sanitizer - Sejak meluasnya wabah virus corona ini, WHO (World Health Organization) menganjurkan bagi seluruh warga dunia untuk selalu menjaga kebersihannya salah satunya dengan mencuci tangan selama 20 detik ketika memegang sesuatu atau sehabis berpergian dan memakai masker. Tidak jarang juga warga yang membawa hand sanitizer sebagai pengganti sabun cuci tangan.


    Hand sanitizer ini fungsinya sama seperti sabun yaitu sebagai pembunuh mikroorganisme dan bermanfaat menangkal virus dan berbagai bakteri. Karna bentuknya yang relatif kecil dan mudah dibawa kemana-mana sehingga banyak masyarakat memilih hand sanitizer. Untuk harganya cukup terjangkau kok dan cara membuat hand sanitizer sendiri sangat mudah.

    cara membuat hand sanitizer

    Sebelum mengetahui cara membuat handsanitizer sendiri ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait hand sanitizer. Hand sanitizer setidaknya harus mengandung 60 % alkohol yang bertujuan untuk membunuh kuman hal ini disampaikan oleh WHO.

    Namun, penggunaan hand sanitizer ini belum tentu pasti membunuh kuman seperti Virus Corona ini. Sebab, virus corona tergolong baru dan belum menemukan sebuah vaksin untuk membunuhnya. Tetapi, setidaknya dengan kamu memakai hand sanitizer dapat mengurangi pertumbuhan virus di tubuh kamu.

    Bukan hanya dengan kandungan alkohol saja, ada cara membuat hand sanitizer alami yaitu dengan tumbuhan lidah buaya / aloe vera. Penggunaan lidah buaya pada hand sanitizer ini berfungsi sebagai menjaga kelembapan kulit dan agar tetap lembut.


    Kenapa harus ditambahkan dengan lidah buaya? karna tidak memungkinkan apabila alkohol dengan kadar 60 % atau diatasnya langsung mengenai kulit. Resikonya sangatlah tinggi yaitu bisa menyebabkan kulit kering dan cukup berbahaya bagi yang memiliki kulit sensitif atau kulit anak-anak.

    Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Dari Bahan Alami


    Kamu bisa membuat hand sanitider dengan bahan alami di rumah berdasarkan rujukan WHO dan BPOM. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu ikuti untuk membuat hand sanitizer sendiri yang dikutip dari cekaja.com

    Cara Membuat Handsanitizer Gel Aloe Vera


    Bahan-Bahan:
    • 3/4 cangkir Isopropil atau alkohol gosok 99%
    • 1/4 Lidah buaya
    • 10 tetes Essential Oil (atau sesuai selera)
    Alat-alat:
    • Gelas ukur
    • Sendok makan
    • Batang pengaduk
    • Botol
    Cara Membuat:
    1. Ambil lidah buaya, kupas, dan ambil bagian daging atau beningnya saja. Kerok menggunakan sendok
    2. Campurkan Isopropil atau alkohol 99%, gel lidah buaya, dan essential oil (wangi apa saja) ke dalam gelas ukur
    3. Aduk dengan sendok hingga merata
    4. Masukan campuran tersebut ke dalam botol bersih dan steril
    5. Pastikan campuran tersebut tetap higienis, dan jangan pernah menyentuh tangan setelah dimasukan ke dalam botol, sampai siap digunakan

    Cara Menggunakan Handsanitizer Yang Benar


    Setelah kamu mengetahui cara membuat hand sanitizer alami. Kamu juga harus mengetahui cara penggunaan handsanitizer yang baik dan benar:
    1. Sebelum menggunakan hand sanitizer lepaskan segala macam benda yang ada di tangan kamu seperti perhiasan (gelang, cincin)
    2. Selanjutnya, tuangkan atau semprot cairan handsanitizer di telapak tangan secukupnya
    3. Gosok cairan tersebut ke kedua tangan secara menyeluruh
    4. Pastikan untuk meratakan cairan tersebut ke jari-jari dan biarkan hingga mengering

    Ingat handsanitizer ini tidak sepenuhnya membunuh kuman tapi, bisa menghambat pertumbuhan dari kuman saja. Untuk membunuh kuman secara efektif kamu bisa mencuci tangan dengan sabun kurang lebih selama 20 detik.

    Jauhkan cairan ini dari pandangan anak-anak atau setidaknya kamu mengawasi anak-anak dalam pemakaiannya. Karna kandungan dalam handsanitizer ini yang cukup berbahaya bagi anak-anak takutnya tertelan karna mereka tidak tahu.

    Penggunaan cairan ini dikhususkan apabila tidak adanya sabun untuk mencuci tangan dan alasan lainnya yaitu praktis. Ketika kamu sedang berada diluar dan tidak ada air mengalir serta sabun jadi dalam keadaan mendesak kamu bisa menggunakan handsanitizer ini.

    Kesimpulan


    Demikian bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri dirumah dengan bahan alami dan juga murah. Pada masa pandemi ini kita harus sama-sama berjuang terutama dalam kesehatan. Tetap mengikuti aturan pemerintah yaitu selalu mencuci tangan dengan sabun, pakai masker, dan sosial distancing. Share artikel ini ke temanmi semoga informasi ini bermanfaat ya.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Murah dan Aman"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close