Recent Post


    Mengenal Apa Itu Crowdfunding, Jenis, dan Manfaatnya

    Penjelasan Crowdfunding - Mungkin bagi sebagian orang cukup asing dengan kata crowdfunding. Namun, bagi kamu yang telah berkecimpung di dunia bisnis pasti sudah biasa mendengar kata ini.


    Dalam dunia bisnis, ide-ide kreatif dan inovatif merupakan salah satu hal terpenting dalam meningkatkan produktivitas bisnis. Akan tetapi, kreatif dan inovatif saja tidak cukup jika modal pada bisnis yang dijalankan tidak kuat.

    Maksudnya adalah modal ini diibaratkan sebuah tiang dalam membangun rumah jika tiang yang dipasang tidak kuat, maka otomatis akan roboh karna tidak kuat menopang isinya. Begitu pula bisnis, memiliki modal atau dana yang cukup adalah suatu hal utama agar bisnis bisa berkembang.

    crowdfunding

    Namun, bagaimana jika bisnis ingin tetap berjalan tapi modal kurang. Mungkin langkah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pinjaman modal usaha. Melakukan pinjaman ini juga harus memperhatikan beberapa aspek seperti jumlah bunga dan lain-lain.

    Kenapa harus memperhatikan hal tersebut? Ketika bisnis yang kamu jalankan tidak berjalan dengan baik, maka bunga itulah yang menjadi hambatanmu. Akan tetapi, sekarang kamu tidak perlu khawatir dengan hal seperti itu karna untungnya ada crowdfunding.

    Apa itu Crowdfunding


    Crowdfunding adalah suatu bentuk pendanaan usaha yang terkumpul dari beberapa orang baik teman, keluarga, atau investor. Crowdfunding ini adalah salah satu bentuk dari crowdsourcing dan keuangan alternatif yang bangkit dan membantu para pengusaha pemula.

    Manfaat Crowdfunding


    Crowdfunding juga memiliki beberapa manfaat diantaranya yaitu:

    • Jangkauan Yang Lebih Luas
    Kamu akan memiliki jaringan yang lebih luas ke para investor yang mau berinteraksi dan berbagai kampanye penggalangan dana denganmu.

    • Pemasaran
    Kamu dapat melakukan berbagai kampanye atau pemasaran melalui media sosial, email, atau strategi pemasaran lainnya.

    • Kesempatan Presentasi
    Crowdfunding ini memudahkan kamu untuk melakukan presentasi penggalangan dana dengan memberikan sebuah informasi yang menonjolkan bisnis yang sedang dibangun seperti penawaran, daya tarik, nilai perusahaan, dan lain-lain.

    Dengan kampanye tersebut nantinya calon investor akan melihat sendiri sesiap apa dan sejauh mana bisnis yang kamu bangun dan bagaimana langkah untuk memajukan bisnis tersebut.

    • Validasi Konsep
    Dengan kesempatan presentasi yang kamu miliki kamu dapat memvalidasi konsepnya dengan mempresentasikan ke semua orang. Saat calon investor datang ke kamu dan mulai tertarik untuk berinvestasi, kamu bisa melakukan pendekatan lebih lagi untuk meyakinkan investor membantu mengembangkan bisnis kamu.

    Jenis Crowdfunding


    Ada beberapa jenis crowdfunding yang bisa diterapkan pada bisnis kamu. Jenis ini bergantung dari produk layanan yang kamu tawarkan dan juga sasaran pasar yang dituju. Berikut ini jenis-jenis crowdfunding yang biasa digunakan:

    • Crowdfunding donasi
    Dimana crowdfunding ini menitik beratkan pada kampanye bantuan kemanusiaan seperti amal, beasiswa pendidikan, bantuan bencana, dan lain-lain. Hal ini berarti para investor tidak akan mendapat keuntungan dari dana yang telah diberikan.

    • Crowdfunding hadiah
    Crowdfunding ini melibatkan seseorang yang berinvestasi dengan imbalan hadiah. Namun, seperti crowdfunding donasi, para investor tidak mendapatkan keuntungan secara finansial.

    • Crowdfunding ekuitas
    Crowdfunding ekuitas memungkinkan para investor dapat menjadi pemiliki bagian dari bisnis kamu berhak atas saham ekuitas dan juga mereka akan mendapat bagian keuntungan finansial dari investasinya.


    Situs Crowdfunding Indonesia


    Jika kamu masih bingung dimana mencari penghimpunan dana. Dibawah ini saya akan memberikan rekomendasi situs crowdfunding di Indonesia yang aman dan terpercaya.

    Kitabisa.com


    Pasti kamu tidak asing lagi dengan situs kitabisa.com ini. Yap, kitabisa.com merupakan website yang menjadi wadah bagi orang-orang yang ingin melakukan donasi dan menggalang dana.

    Kitabisa tidak menjanjikan investasi kepada para penyetor dana karna situs ini berfokus pada pencairan dana amal dan sukarela dengan tujuan kemanusiaan dan pendidikan.

    Ayopeduli.id


    Situs crowdfunding ini berfokus hanya memberikan bantuan masalah sosial seperti ekonomi, kesehatan, pendidikan, bakti sosial, bantuan bencana, dan sebagainya.

    Diharapkan dengan bergabung pada ayopeduli.id ini dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan lebih efektif dan efisien.

    Kolase.com


    Kolase.com menjadi salah satu crowdfunding Indonesia yang menyajikan berbagai pilihan campaign bagi pelaku industri kreatif. Platform ini saling menguntungkan antara kedua belah pihak baik campaigner dan juga booster (pendukung creative planner yang membuat campaign)

    Akseleran


    Akseleran ini menyediakan modal kepada pelaku usaha dengan suku bunga yang kompetitif dan cukup fleksibelitas dalam tenor pinjaman, modal pembayaran, dan sebagainya. Platform ini juga sebagai alternatif peluang pemberian pinjaman untuk memperoleh imbal hasil dan sepadan dengan resiko yang ada.

    Kesimpulan


    Demikianlah pengertian crowdfunding beserta jenis, manfaat, dan situs teraman dan terpercaya di Indonesia. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kalian, jangan lupa share artikel ini ke temanmu.

    Referensi : Klik Disini

    Belum ada Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Crowdfunding, Jenis, dan Manfaatnya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close