Recent Post

5 Jenis Produk Perbankan Yang Paling Sering Digunakan

Produk Perbankan - Bank menjadi salah satu layanan paling penting di jaman sekarang ini. Hal-hal yang terkait dengan bank ataupun produk perbankan tidak lagi miliki masyarakat perkotaan, tetapi sudah menjangkau masyarakat pedesaan.


Ada berbagai jenis produk perbankan yang ditawarkan oleh tiap bank. Dari masing-masing jenis tersebut tentu memiliki manfaat dan resikonya sendiri. Oleh karena itu, sebelum kamu memilih produk perbankan harus mengetahui dulu manfaat dan resiko yang akan timbul.

jenis produk perbankan

Bank memiliki fungsi dan tugas utama diantaranya yaitu:
  • Sebagai badan penghimpun dana masyarakat
  • Badan yang menyalurkan dana pada masyarakat
  • Lembaga penyedia jasa pembayaran dan peredaran uang

Jenis Produk Perbankan Indonesia


Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh produk yang sering ditawarkan oleh bank. Buat kamu yang belum mengetahui produk perbankan Indonesia yang sering dipakai, simak artikel dibawah ini:

1. Kredit


Salah satu fungsi bank yaitu sebagai badan yang menyalurkan dana kepada masyarakat dalam hal ini adalah pemberian kredit. Kredit memiliki karakteristik diantaranya, yaitu memiliki jangka waktu, jaminan, cara pembayaran, suku bunga yang disepakati, biaya adminsitrasi, dan lain-lain.

Karena kredit ini memiliki resiko yang cukup tinggi, bank memiliki sebuah prinsip yang dipegangnya ketika memberikan kredit yaitu:

- Capacity

Bank akan melihat dan menganalisa kemampuan nasabah dalam mengatur keuangan dan usahanya. Apakah nasabah tersebut nantinya mampu membayar kredit atau tidak.

- Character

Sebelum menerima kredit yang diajukan nasabah, pihak bank perlu melihat karakter dari nasabah tersebut. Untuk itu bank melakukan wawancara kepada nasabah untuk melihat latar belakangnya terlebih dahulu.

- Condition

Bank juga akan memperhatikan kondisi suatau negara atau daerah di tempat nasabah menjalankan usahanya. Apakah tempat nasabah ini akan berdampak pada kondisi bank dan kondisi usahanya atau tidak.

- Capital

Sebelum bank memberikan kredit, pihak bank akan melihat dan menganalisa laporan keuangan dari usaha nasabah apakah nasabah tersebut layak diberikan kredit.

- Collateral

Bank akan melihat jaminan dari nasabah, jaminan ini berupa aset mobil, rumah, dan lain-lain. Apabila suatu saat nanti nasabah memiliki kendala dalam membayar kredit aset tersebutlah yang menjadi jaminannya.


2. Tabungan


Produk ini sangatlah populer dikalangan masyarakat yaitu bank memberikan layanan simpanan uang atau surat berharga secara lebih aman dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Layanan tabungan yang diberikan bank juga berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan nasabah, yaitu layanan jangka panjang atau pendek.

Biasanya bank akan menentukan setoran minimal pertama dan saldo minimum yang bertahan. Selanjutnya penarikan dan penyetoran bisa dilakukan kapanpun. Ada beberapa manfaat menabung di bank diantaranya:
  • Menabung di bank menjamin keamanan uang kamu tidak akan hilang
  • Dengan menabung di bank lebih terjamin dibanding kamu menabung atau menyimpan uang di suatu tempat
  • Karna sekarang era digital dengan menabung di bank, kamu bisa melakukan transaksi dengan simple

3. Deposito


Contoh produk perbankan yang satu ini hampir mirip dengan tabungan. Perbedaannya terletak pada jangka waktu saja, tabungan bersifat fleksibel kamu bisa menarik tabungan kapan saja, sedangkan deposito tidak bisa diambil sebelum jatuh tempo.

Deposito memiliki jangka waktu yang beragam ada yang 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan seterusnya. Jika penarikan deposito sebelum waktu jatuh tempo kamu akan terkena penalti atau pemotongan dana dari uang yang kamu simpan dalam deposito.

Bunga deposito juga cukup besar dibanding tabungan yaitu sekitar 5% - 7% per tahun. Kamu bisa menggunakan deposito ini sebagai tabungan masa depan atau jaminan usaha kamu.

4. Giro


Kadang seseorang suka bingung membedakan antara tabungan dengan giro. Karna keduanya sama yaitu bisa melakukan penarikan kapan saja, bedanya adalah tabungan dapat ditarik dengan buku tabungan, ATM, sedangkan giro hanya bisa ditarik dengan cek atau biylet giro.

5. Layanan Jasa


Sekarang ini bank menyediakan berbagai layanan jasa seperti transfer uang antarbank, pembayaran tagihan, pembelian barang, dan lain-lain. Layanan jasa tersebut dapat dilakukan tanpa harus datang ke ATM, cukup dengan smartphone melalui aplikasi E-Banking yang disediakan masing-masing bank.

Kamu bisa melakukan transfer atau transaksi kapanpun dan dimanapun tanpa perlu khawatir bank tutup. Karna sekarang sudah menggunakan sistem online dan pastinya transaksi lebih aman.

Kesimpulan


Demikianlah, contoh jenis produk perbankan yang ada di Indonesia. Berbagai produk bank diatas memiliki resikonya masing-masing. Jadi, kamu perlu hati-hati dalam mengambil atau memilih produk yang kamu inginkan.

Belum ada Komentar untuk "5 Jenis Produk Perbankan Yang Paling Sering Digunakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel