Recent Post


    Cara Mudah Backup Data File Dan Postingan Website Di Blogspot

    Backup Data Di Blogspot - Bagi seorang blogger membuat sebuah artikel adalah hal yang menyenangkan apalagi artikel yang dibuatnya memberikan manfaat kepada banyak orang. Membuat artikel yang banyak dicari orang dan bisa mendatangkan visitor organik menjadi sebuah prioritas seorang blogger.


    Seperti yang kita ketahui untuk membuat artikel di blog kamu bisa menggunakan platform seperti blogspot dan wordpress. Kedua platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun bagi seorang yang baru terjun ke dunia blogging kebanyakan memilih blogspot.

    Alasan seseorang kebanyakan memilih blogspot yaitu karna platform tersebut gratis dan mudah digunakan bagi pemula. Membuat artikel di blogspot tidak perlu memusingkan harus menggunakan plugin tambahan atau tool lainnya seperti di wordpress. Kamu hanya perlu tinggal menulis postingan dan langsung mempublikasikannya aja.

    cara backup artikel blog di blogspot

    Akan tetapi, menulis sebuah konten blog ada etika dan aturannya sendiri apalagi di blogspot. Karena di blogspot ini kamu hanya 'numpang' saja ada hal yang perlu diperhatikan dan harus kamu ikuti mengenai kebijakan dari layanan blogspot tersebut.

    Beberapa kebijakan yang diberikan oleh blogspot kepada seorang blogger yaitu dilarang untuk membuat konten yang mengandung unsur pornografi, kekerasan, judi, kebencian, SARA, konten ancaman, konten yang berisikan virus atau file berbahaya, konten ilegal atau menyesatkan, dan konten yang melanggar hak cipta atau plagiarisme.

    Semua kebijakan diatas tidak boleh dijadikan sebuah konten karna jika kamu melanggar kebijakan tersebut tentunya akan diberikan sanksi yang cukup keras. Sanksi bagi blogger yang menulis konten melanggar kebijakan diantaranya yaitu:
    • Konten yang melanggar dan telah dipublikasikan akan dihapus
    • Jika masih mengulangi kesalahan yang sama, maka akses ke blogspot akan dihentikan dalam kata lain kamu tidak bisa mengakses blogmu sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh pihak blogspot itu sendiri
    • Hal buruk lainnya yang akan terjadi jika akses sudah dihentikan yaitu blog akan dihapus permanen dari layanan blogspot dan akan ditangguhkan

    Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahan tersebut sebaiknya tulislah sebuah konten sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan hasil dari pemikiran sendiri bukan hasil dari plagiat tulisan orang lain. Namun, bukan berarti juga dengan menulis blog sesuai dengan pemikiran sendiri dan tidak melanggar kebijakan tidak terhindar dari masalah tersebut.


    Apabila ada orang yang usil atau tidak suka dengan blog kita mereka bisa saja melaporkan blog kita dengan alasan ada konten yang melanggar atau malah yang tidak masuk akal dan jika pihak blogspot menerima laporan tersebut bisa-bisa akses ke halaman admin tidak bisa dilakukan.


    Sayang banget kan apabila kamu telah menulis ribuan konten tiba-tiba kamu tidak bisa mengakses blogmu. Cara mengatasi blog terkena suspend yaitu dengan mengajukan banding ke pihak blogspot dan jika diterima otomatis kamu bisa mengaksesnya kembali.

    Untuk jaga-jaga takutnya kamu mengalami hal serupa sebaiknya sering-sring melakukan backup file ya minimal 1 bulan sekali. Cara backup artikel blog di blogspot sebenarnya cukup mudah, bagi kamu yang belum mengetahuinya simak pembahasannya dibawah ini.

    Cara Backup Postingan Blog Di Blogspot


    Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu masuk ke halaman dashboard blogger dan klik tab setelan.

    Setelah itu cari kata 'Cadangkan Konten' jika muncul jendela konfirmasi silahkan pilih 'Download'.

    backup data blogger

    Saat kamu klik download otomatis semua postingan, halaman, dan juga komentar pada blog akan dicadangkan dan hasil dari file yang dicadangkan tersebut memiliki format .xml.

    Selain backup postingan blog, kamu juga bisa mengimport hasil dari backup yang telah dilakukan jika sewaktu-waktu blogmu mengalami masalah. Caranya pun cukup mudah simak langkah-langkahnya dibawah ini.

    Cara Import Postingan Blog Di Blogspot


    Sama seperti dengan cara mencadangkan artikel blog, untuk mengimport artikel silahkan buka halaman dashboard blogger dan pilih tab setelan.


    Selanjutnya cari kata 'Import Konten' dan masukkan file yang berformat .xml hasil backup data blog kamu. Tunggu hingga proses import selesai dan jika sudah selesai silahkan lihat kembali konten kamu apakah ada yang hilang atau tidak.

    Kesimpulan


    Nah, itulah bagaimana cara backup data artikel di blog yang bisa kamu lakukan. Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu mengalami masalah pada blog yang tidak bisa diakses lagi. Karna ketika kamu sudah melakukan backup tinggal buat saja blog baru dan masukkan konten yang telah dicadangkan tersebut.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Backup Data File Dan Postingan Website Di Blogspot"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel