Recent Post


    5 Tips Belajar Coding Secara Otodidak Sampai Mahir

    Belajar Coding Otodidak - Programmer merupakan profesi IT yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan baik itu untuk pengembangan web maupun mobile. Bagi kamu yang kuliah atau sekolah jurusan komputer pasti sudah tidak asing lagi mengenai tugas programmer.


    Sayangnya jumlah programmer di Indonesia sendiri masih kurang padahal profesi ini merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi lho. Memang untuk menjadi programmer bukanlah hal yang mudah karna kamu harus berpikir untuk memecahkan permasalahan yang ada sebaik-baiknya.

    belajar coding ototodidak

    Tidak sedikit juga orang yang kuliah jurusan IT malah tidak paham sama sekali tentang dunia programming. Karna untuk berada di dunia programming ini perlu niat dan kemampuan yang kuat agar tidak mudah menyerah ditengah jalan. Berbekal niat dan kemampuan yang dimiliki bisa dikatakan cukup untuk menjadi seorang programmer.

    Sisanya bisa didapatkan seperti kursus mengambil bahasa pemrograman atau hal lainnya. Sampai saat ini banyak sekali tempat atau seseorang yang membuka kursus programming sehingga peluang untuk berkarir menjadi programmer semakin terbuka dan mudah.


    Namun, biaya kursus tersebut tidak semurah yang dibayangkan. Sehingga sebagian orang berpikir lebih baik mereka belajar secara otodidak meskipun membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari kursus, setidaknya mereka tidak akan mengeluarkan biaya yang tinggi.

    Cara Belajar Coding Secara Otodidak


    Nah, banyak nih yang bertanya bagaimana sih cara belajar coding yang efektif? cara menjadi programmer? Meski dilakukan secara otodidak. Okee, di pembahasan ini saya coba menjawab salah satu dari banyaknya pertanyaan yang terlintar dalam pikiranmu mengenai bagaimana cara belajar coding secara otodidak. Penasaran? Simak pembahasannya dibawah ini.


    1. Tentukan bahasa pemrograman yang ingin dipelajari


    Belajar pemrograman secara otodidak tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra. Sebab, kamu belajar tanpa adanya pembimbing dan hanya dilakukan secara mandiri. Oleh karena itu, hal penting yang pertama kali kamu lakukan jika belajar pemrograman secara otodidak yaitu menentukan bahasa program yang ingin dipelajari.

    Seperti yang diketahui bahwa ada banyak sekali bahasa pemrograman dengan fungsinya masing-masing entah itu untuk web, mobile, ataupun lainnya. Sehingga untuk bisa fokus diawal kamu harus tahu kemampuan kamu berada level mana untuk memulai belajar pemrograman. Hal ini dilakukan agar kamu dapat mudah mengerti apa yang dipelajari, jadi nantinya jika kamu ingin belajar bahasa program lain tidak begitu sulit.


    2. Gunakan Modul, Panduan, dan Video


    Teknologi sudah berkembang dengan pesat jadi kamu bisa belajar melalui media apapun. Senjata utama seorang programmer otodidak ialah youtube dan forum. Manfaatkan youtube sebagai media untuk kamu belajar bahasa pemrograman dan gunakan forum diskusi seperti stackoverflow untuk membantu kamu mengatasi permasalahan pada saat belajar coding.

    Jangan lupa untuk baca-baca modul mengenai bahasa yang kamu ambil dan mulai praktikan latihan-latihan yang ada. Sejatinya seorang programmer tidak akan mahir tanpa adanya latihan, jadi kalo bisa baca sedikit materi dan lebih banyak praktik.

    3. Buat jadwal belajar secara teratur


    Buatlah jadwal untuk belajar pemrograman seteratur mungkin. Dengan membuatnya secara rinci kamu jadi akan terbiasa lama-kelamaan dalam belajar coding. Setidaknya dalam 1 hari kamu harus bisa meluangkan waktu 1 hingga 2 jam untuk belajar pemrograman. Pastikan dalam 2 jam tersebut kamu fokus jangan sampai terganggu oleh hal lain agar hasil dapat maksimal.

    4. Perbanyak latihan



    Pemrograman bukan hapalan jadi sebaik apapun hapalan kamu mengenai bahasa pemrograman akan terasa percuma tanpa adanya praktik. Hal yang bisa diambil oleh programmer senior adalah ketika kamu perbanyak latihan maka ingatan tersebut akan membekas tanpa harus menghapal secara keras. Jadi, sebisa mungkin perbanyak latihan dan tetap fokus jangan terpaku dengan teori hapalan.

    5. Bertanya ke orang yang paham


    Tips terakhir jika kamu ingin belajar coding secara otodidak yaitu jangan malu untuk bertanya. Banyak kok situs atau forum mengenai permasalahan pada bahasa pemrograman. Disana nantinya kamu tidak hanya melihat permasalahan yang kamu alami tapi juga masalah-masalah orang lain yang tentunya bisa jadi lebih kompleks lagi.

    Nah, itulah tips belajar coding secara otodidak yang bisa kamu ikuti. Intinya belajar otodidak itu harus fokus memang tidak mudah tapi bukan berarti tidak bisa ya. Semoga informasi ini bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

    Belum ada Komentar untuk "5 Tips Belajar Coding Secara Otodidak Sampai Mahir"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel