Recent Post

Cara Membuat Halaman Word Menjadi Potrait Landscape

Halaman Word Potrait Landscape - Bentuk halaman pada dokumen word umumnya ialah potrait (memanjang) yang biasa digunakan ketika membuat laporan atau semacamnya. Namun, bagaimana jika isi laporan tersebut terdapat sebuah tabel atau grafik? Sebenarnya tidak masalah juga menggunakan bentuk potrait hanya saja kurang enak dilihat dan membaca datanya.


Alangkah baiknya agar data bisa dibaca dengan mudah gunakan bentuk halaman word landscape hanya untuk bagian yang berisi tabel saja. Cara membuat halaman potrait dan landscpae dipisah sekarang ini sudah tidak efektif lagi karna terlalu ribet dimana kamu harus memecah banyak file apabila banyak tabel yang dibuat.

cara membuat halaman potrait dan landscape

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui kalo bentuk halaman potrait dan landscape bisa dibuat pada dokumen yang sama tanpa dipisah. Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan memberikan solusi yang bisa kamu ikuti yaitu menggunakan fitur section break pada word.

Cara membuat halaman potrait dan landscape


Dengan memanfaatkan fitur section break ini kamu sudah bisa membuat halaman potrait dan landscape berada pada dokumen yang sama. Cara ini bisa dilakukan pada semua versi microsoft word lho baik itu microsoft word 2007, 2010, 2013, dan 2016. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak pembahasannya dibawah ini.


1. Pertama buka aplikasi Microsoft word terlebih dahulu baik itu word 2007, 2010, 2013, atau 2016.

2. Seperti biasa tampilan default akan berbentuk potrait dan kini kita akan mengubahnya menjadi landscape. Caranya yaitu gunakan fitur section break:
  • Arahkan mouse ke tab Page Layout pada Page Setup grup
  • Lalu pilih Breaks
  • Pilih Section Breaks dan klik Next Page
section breaks word


3. Oiya pastikan bahwa halaman yang kita buat terdiri dari 2 halaman dan tempatkan kursor pada halaman yang kedua.


4. Setelah itu buatlah sebuah orientasi landscape untuk isi tabel ini. Klik tab Page Layout -> Page Setup grup, lalu klik Orientation dan pilih Landscape.

halaman word landscape


5. Lihat hasilnya kini terdapat 2 halaman berbeda yaitu potrait dan landscape pada dokumen yang sama. Jika pada halaman berikutnya ingin berubah lagi menjadi potrait, maka ulangi langkah sebelumnya.

Sekarang kamu tidak perlu lagi ribet hanya untuk memisahkan halaman potrait dan landscape pada dokumen berbeda. Demikian bagaimana cara membuat halaman potrait dan landscpae di dokumen yang sama, semoga informasi ini bermanfaat ya jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Halaman Word Menjadi Potrait Landscape"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel