Recent Post


    5 Tips Mempromosikan Diri di Jobstreet yang Efektif

    Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet - Sebagai salah satu situs lowongan kerja online terbesar di Indonesia, Jobstreet memberikan peluang yang adil bagi recruiter dan pelamar sehingga masing-masing bisa mendapatkan kandidat dan tempat yang tepat.


    Untuk melamar pekerjaan di Jobstreet sangatlah mudah cukup membuat akun maka kamu sudah bisa mencari dan melamar pekerjaan impian. Namun, tidak sampai disitu saja karna kamu perlu melengkapi profil data diri dan syarat yang dibutuhkan untuk melamar kerja di jobstreet.

    tips mempromosikan diri di jobstreet

    Agar perusahaan yang kamu lamar dapat tertarik dengan dirimu, kamu perlu melakukan promosi singkat dimana promosi ini ditujukan untuk meyakinkan perusahaan mengundangmu ke tahap proses interview. Sayangnya promosi diri ini tidak boleh panjang hanya mengizinkan seseorang menulis sebanyak 300 kata saja dan hampir sebagian orang pasti bingung ingin menulis apa.

    Cara Menulis Promosi Diri di Jobstreet


    Sebenarnya 300 kata ini sudah terbilang cukup sebagai cara kamu memperkenalkan diri ke perusahaan. Tetapi, akan lebih baik jika menulis promosi 300 kata ini lebih menekankan alasan mengapa perusahaan harus memanggil atau memilih kamu menjadi bagiannya.

    Jadi, untuk perkenalan diri bisa dituliskan pada lembar lamaran kerja ataupun cv kamu. Perlu diperhatikan cara menulis promosi diri 300 kata ini tidak boleh asal-asalan karna jika kurang baik ataupun ada yang salah sedikit bisa membuat kamu gagal lanjut ke tahap selanjutnya.


    Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini yang ingin saya bagikan tentang tips mempromosikan diri di jobstreet yang benar. Simak penjelasannya baik-baik:

    1. Promosikan Dirimu Sejujur Mungkin


    Seorang hrd bisa mengetahui sifat seseorang salah satunya lewat tulisan lho. Bahkan kebohongan sekecil apapun bisa mereka ketahui meskipun tujuan kamu menarik perhatiannya sebaiknya hindari hal seperti ini. Sebab, nantinya akan membuatmu susah karna apa yang kamu tuliskan menjadi tanggung jawab dipekerjaanmu ketika sudah diterima.

    Ada baiknya deskripsikanlah dirimu secara jujur dan berikan informasi ke perusahaan sesuai fakta yang ada. Bukan tidak mungkin kamulah yang nantinya menjadi pilihan mereka karna kejujuranmu itu. Sekalipun kamu belum sesuai kualifikasi jangan pernah lelah untuk belajar.


    2. Pastikan Kemampuanmu Sesuai dengan Lowongan yang dibuka


    Jangan pernah menebar jaring ke semua perusahaan ya! Maksudnya ialah carilah perusahaan yang membuka lowongan kerja di jobstreet sesuai dengan kemampuanmu. Ketika ada lowongan yang tidak sesuai dengan dirimu sebaiknya hindari untuk mengirim lamaran dan mempromosikan dirimu seakan-akan sesuai dengan posisi tersebut.

    Berbeda jika lowongan kerja yang dibuka mempersilahkan freshgraduate atau orang yang belum memiliki pengalaman boleh melamar. Jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja, maka bisa kamu tuliskan kemampuan atau skill yang sekarang ini kamu miliki.

    3. Hindari Penulisan Kata 'Biasa/Umum'


    Mempromosikan dirimu dengan kata-kata yang 'biasa' sudah tidak mempan lagi bagi hrd. Karna mereka sudah sangat sering mendengar kata-kata seperti 'Saya seorang pekerja keras', 'Saya orang yang bisa diajak kerja sama', dan sebagainya. Pilihlah kata yang benar-benar bisa memikat hrd terutama yang menonjolkan kemampuanmu.


    4. Tulislah dengan Ejaan dan Penulisan yang Benar


    Gunakan bahasa yang baik dan benar saat kamu mempromosikan diri di Jobstreet. Pemilihan bahasa antara Indonesia atau Inggris bisa kamu lihat apabila lowongan yang dibuka menggunakan bahasa Inggris, maka gunakanlah bahasa Inggris begitupun sebaliknya.

    Yang paling penting ketika menulis ini perhatikan setiap ejaanmu jangan sampai ada yang typo sebab hal kecil ini bisa mengurangi nilai kamu dimata hrd karna dianggap tidak teliti.

    5. Sebutkan Latar Belakang Pendidikan


    Selain menulis kemampuan yang kamu miliki, kamu juga perlu menuliskan latar belakang pendidikan terakhirmu. Hal ini bertujuan untuk mempermudah recruiter memisahkan lamaran yang sesuai kualifikasi atau tidak. Karna promosi yang hanya terdiri dari 300 kata ini dilihat recruiter mungkin hanya hitungan 3 detik saja.

    Oleh karena itu, dalam 3 detik yang mereka punya setidaknya dari kata-katamu ada yang membuat mereka tertarik untuk memanggil ke tahap selanjutnya.

    Nah, jadi seperti itu ya guys tips atau cara promosikan diri di Jobstreet agar bisa lolos tahap selanjutnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu,

    Belum ada Komentar untuk "5 Tips Mempromosikan Diri di Jobstreet yang Efektif"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close