Recent Post

5 Contoh Tanaman Aeroponik yang Bisa Kamu Budidayakan Sendiri di Rumah

 

5 Contoh Tanaman Aeroponik yang Bisa Kamu Budidayakan Sendiri di Rumah
5 Contoh Tanaman Aeroponik yang Bisa Kamu Budidayakan Sendiri di Rumah

Coldeja.com - Artikel berikut akan menyajikan beberapa contoh tanaman aeroponik yang bisa dibudidayakan sendiri di rumah yang bisa kamu coba dan ikuti untuk ditanam di rumah.


Kita dapat memilih salah satu cara menanam dan membudidayakan tanaman berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat di era seperti saat ini, di mana salah satu yang bisa kita manfaatkan adalah tentang cara menanam tumbuhan aeroponik.


Bagi yang belum mengetahui apa itu aeroponik, aeroponik merupakan suatu sistem bercocok tanam yang tidak menggunakan tanah atau air sebagai media tanamnya, tetapi udara..


Mungkin hal ini tampak mengherankan terutama yang masih awam tentang budidaya tanaman dengan cara ini. Namun, sudah banyak praktik yang dilakukan dalam budidaya dengan sistem aeroponik.


Mekanisme dari aeroponik adalah dengan menggantung akar tanaman dalam sebuah wadah tertutup, lalu dilakukan penyemprotan dengan air nutrisi yang berupa uap atau kabut. Cara ini dapat membantu tanaman untuk memperoleh asupan oksigen dan zat hara dengan optimal dan efisien.


Terdapat beberapa contoh tanaman aeroponik yang dapat pembaca budidayakan di rumah, lho. Penasaran? simak selengkapnya seputar deretan tanaman aeroponik di bawah ini, ya.


5 Contoh Tanaman Aeroponik yang Bisa Dibudidayakan di Rumah


1. Bayam


Kita pasti pernah mengonsumsi bayam dan ada juga yang baru tahu bahwa selain di tanam di tanah, bayam juga dapat ditanam di udara menggunakan sistem aeroponik. Pertumbuhan bayam yang terbilang cepat dan mudah dipanen membuatnya begitu cocok untuk dibudidayakan dengan cara satu ini.


Apalagi kandungan gizi yang dimiliki oleh bayam juga tinggi sehingga kerap dikonsumsi sebagai bahan makanan sehat untuk pola hidup lebih sehat.


2. Selada


Tanaman lain yang dapat dibudidayakan dengan sistem aeroponik adalah selada. Selada merupakan tanaman yang populer ditanam dengan sistem ini karena pertumbuhannya yang terbilang cepat dan memiliki bobot yang ringan sehingga membuatnya cocok digantung di udara layaknya tanaman aeroponik lainnya.


Kandungan air yang tinggi dari tanaman selada juga membuatnya dapat dengan mudah menyerap air nutrisi yang pemilik semprotkan.


3. Mentimun


Siapa yang suka makan mentimun sebagai lalapan? ternyata, tanaman satu ini juga bisa ditanam dengan menggunakan sistem aeroponik, lho.


Tanaman mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, membuatnya dapat menghasilkan buah yang terjaga kesegaran dan kerenyahannya. Tanaman tersebut juga cepat tumbuh dan dapat dipanen dengan mudah.


4. Tomat


Salah satu jenis tanaman lainnya yang dapat ditanam dengan aeroponik yaitu tomat. Mengapa demikian? akar tanaman yang kuat dan tahan menghadapi hawa kering di lingkungan sekitar membuat tomat cocok dibudidayakan memakai sistem ini.


Tomat mampu menghasilkan buah dengan cita rasa lezat dan berukuran besar dengan memberinya asupan nutrisi secara rutin dan cukup.


5. Mint atau Basil


Mint atau basil merupakan tumbuhan lainnya dalam daftar ini yang dapat ditanam dengan metode aeroponik dan tanaman satu ini berdaun.


Aroma harum yang dihasilkan oleh tanaman satu ini menjadikannya salah satu pilihan favorit sebagai bumbu masak maupun campuran minuman.


Dari daftar di atas, kita jadi tahu beberapa tanaman yang bisa ditanam dengan metode aeroponik dan bisa kamu aplikasikan di rumah dengan menyisihkan sebagian tempat untuk budidaya satu atau lebih tanaman dari list tersebut.


Demikian informasi mengenai beberapa contoh tanaman aeroponik yang dapat pembaca budidayakan secara mandiri di rumah. Selamat mencoba menanam dan semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel seputar tanaman lainnya.

Belum ada Komentar untuk "5 Contoh Tanaman Aeroponik yang Bisa Kamu Budidayakan Sendiri di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel