Recent Post

5 Fakta Menarik dari Kucing Maine Coon, Jenis Kucing Ras Rumahan dengan Badan Besar

 

5 Fakta Menarik dari Kucing Maine Coon, Jenis Kucing Ras Rumahan dengan Badan Besar
5 Fakta Menarik dari Kucing Maine Coon, Jenis Kucing Ras Rumahan dengan Badan Besar

Coldeja.com - Siapa yang tidak gemas dengan penampilan dan tingkah kucing? salah satu hewan peliharaan favorit satu ini memiliki daya tarik sendiri sehingga membuatnya sangat begitu diminati manusia.


Di dunia terdapat sekitar 155 jenis atau ras kucing yang diakui oleh beberapa asosiasi atau organisasi kucing di dunia dan sebagian besar berukuran relatif kecil seperti yang dengan mudah kita temui di rumah.


Ada juga jenis kucing besar yang dapat ditemui di alam atau penangkaran, seperti singa, harimau, macan tutul, jaguar, cheetah, dan masih banyak lagi ragam kucing dengan ukuran tubuh yang besar.


Salah satu ras kucing populer dan diminati oleh pecinta kucing adalah kucing ras Maine Coon. Ukuran tubuhnya yang besar membuat julukan "giant cat" tersemat padanya.


Tak hanya tubuhnya yang besar, rupanya terdapat beberapa karakteristik dari kucing Maine Coon ini yang sangat unik dan menarik untuk disimak, terutama bagi penggemar kucing yang baru mengenal kucing ras ini.


Jika kamu penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam seputar kucing ras satu ini, simak lebih lanjut mengenai perkenalan dengan kucing Maine Coon berikut ini sampai tuntas.


5 Fakta Menarik dari Kucing Maine Coon


1. Asal-usul Kucing


Kucing Maine Coon atau biasa dikenal dengan kucing bulu panjang Amerika ini merupakan salah satu ras kucing yang berasal dari Maine, Amerika Serikat.


Ada bermacam-macam legenda yang berkaitan dengan asal-usul ras kucing ini. Banyak breeder atau peternak kucing yang beranggapan bahwa Maine Coon merupakan hasil persilangan dari ras kucing domestik dengan kucing berbulu panjang.


Jenis ras kucing yang dipercaya merupakan nenek moyang kucing Maine Coon adalah kucing ras Anggora Turki dan kucing hutan Norwegia. Banyak orang meyakini pedagang Inggris membawa kucing Anggora ke Amerika Serikat. Di sisi lain, kucing hutan Norwegia didatangkan oleh bangsa Viking yang memicu terjadinya persilangan.


2. Bentuk Fisik


Maine Coon adalah kucing ras berbadan besar dan tinggi, dengan jantan memiliki berat sekitar 6-9 kilogram dan betina 4-6 kilogram serta tinggi mencapai 1 meter.


Tubuh mereka juga tampak begitu kuat dan berotot, di mana kucing ini memiliki pertumbuhan sekitar 3-5 tahun untuk mencapai usia dewasa.


Terdapat bulu lebat di sekitar wajah dan kepala kucing ini, dengan wajahnya mirip seperti singa juga telinga runcing dan besar yang ditumbuhi banyak bulu. Lalu, bentuk tulang pipi yang dimiliki kucing Maine Coon ialah oval dan cukup lebar dengan dahi melengkung juga mata besar.


3. Warna dan Motif Kucing


Tidak seperti kucing jenis lain, Maine Coon memiliki warna dan motif yang sangat beragam, lho. Ekornya yang tampak mekar seperti kemoceng menjadi salah satu keunikan dari kucing ras ini. Tentu tidak mengherankan apabila kucing ini memiliki banyak peminat di kalangan pecinta kucing.


4. Jumlah Jari Kaki


Keunikan lainnya dari Maine Coon adalah jumlah jari kakinya lebih banyak daripada kucing lain atau dinamakan dengan polydactyl. Kucing jenis ini memiliki enam jari saat lahir, tetapi jari ini tidak terlihat dari jauh karena tertutupi oleh bulunya yang panjang dan lebat.


5. Sifat Kucing


Selain keunikan karakteristiknya kucing Maine Coon juga dikenal sebagai kucing yang aktif dan juga lincah. Kebiasaannya ini terlihat di mana ia lebih sering berada di luar kandang atau rumah.


Kucing ini juga memiliki sifat mandiri dan tidak takut dengan air sehingga bisa diajak bermain air.


Itulah beberapa fakta menarik dan unik dari kucing Maine Coon yang patut penggemar kucing ketahui.


Harapannya, informasi seputar kucing ini memberikan manfaat bagi pembaca dan menambah wawasan seputar hewan peliharaan favorit manusia ini, sampai jumpa di artikel informatif lainnya.

Belum ada Komentar untuk "5 Fakta Menarik dari Kucing Maine Coon, Jenis Kucing Ras Rumahan dengan Badan Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel